10 Fakta Unik Tayo, Animasi Bis Kecil Lucu Favorit Anak-Anak

Maria Melissa Sumantri | Kamis, 31 Januari 2019 14:58 WIB
10 Fakta Unik Tayo, Animasi Bis Kecil Lucu Favorit Anak-Anak

Kapanlagi.com - Siapa yang tidak kenal Tayo? Si Bus berwarna biru yang lucu dan ramah. Berbagai petualangan dan tingkah laku Tayo bersama kawan-kawannya yang sangat lucu dan imut ini kerap menarik perhatian anak-anak. Mulai dari permasalahan saat di perjalanan, hingga menolong sesama. Bukan hanya kartunnya saja, namun juga lagu dari pembuka kartun Tayo ini membuat Tayo semakin viral dan terkenal. Ingin tahu fakta menarik apa saja dari kartun Tayo? Berikut 10 fakta unik dari Tayo si bis kecil ramah:

1. Lahir di Korea

Tayo the Little Bus adalah program serial animasi dari Korea Selatan dan pertama kali rilis tahun 2010. Animasi yang dibuat Choi Jong-il ini bergenre komedi untuk anak-anak. Tayo the Little Bus diproduksi oleh Iconix Entertainment. Animasi ini bercerita mengenai kehidupan sehari-hari para bus pengantar yang ceria. Disetiap episodenya, Tayo dan kawan-kawan memiliki cerita baru yang lucu dan seru untuk ditonton.

2. Lagu Tayo Telah Ditonton 149 Juta Kali

Dilihat dari media sosial YouTube, kepopuleran lagu pembuka Tayo dalam versi Bahasa Indonesia telah mencapai lebih dari 149 juta kali tayang. Lagu yang begitu khas dengan lagu anak-anak itu memiliki lirik 'Hai Tayo, Hai Tayo, dia bus kecil ramah'. Saat ini lagu tersebut sangat fenomenal, bahkan juga ramai dijadikan prank.

3. Memiliki Pesan Moral

Ada beberapa pesan moral dari animasi Tayo The Little Bus ini. Di antaranya, mengajarkan perilaku yang baik, bagaimana bertanggungjawab, cara menanggulangi kesalahan, selalu bersikap ramah, dan semangat. Tak hanya itu, Tayo dan teman-temannya juga mengajarkan untuk selalu tertib saat berlalu lintas, serta selalu baik kepada siapapun dan menjaga hubungan baik dalam pertemanan.

4. Tiga Teman Tayo

Karena keramahannya, Tayo memiliki banyak teman. Ada tiga teman Tayo yang selalu bersama. Dia adalah Lani si bus kuning, Rogi si bus hijau, dan Gani si bus merah. Mereka selalu memberikan bantuan satu sama lain meski memiliki sifat yang berbeda. Mereka juga selalu bermain bersama dan mengingatkan saat ada yang melakukan kesalahan.

5. Memiliki Nomor Bus

Tayo dan ketiga temannya memiliki nomor bus yang berbeda-beda. Tayo, si bus biru alias karakter utama dalam animasi ini memiliki nomor bus 120. Gani si bus merah memiliki nomor bus 1339. Lani si bus berwarna kuning memiliki nomor bus 02. Sedangkan Rogi adalah bus berwana hijau dengan nomor bus 1000.

6. Bukan Hanya Memiliki Karakter Bus

Di animasi Tayo the Little Bus, karakter dalam animasi tersebut bukan semuanya berbentuk bus, tetapi ada mobil lainnya. Seperti Nuri (taksi berwarna oranye), Pat (mobil polisi), Bongbong (minibus klasik berwarna biru muda), dan Rubby (mobil pembersih berwarna kuning).

7. Keunikan 'Buang Angin' Tayo

Tayo punya keunikan yang bisa membuat orang-orang tertawa. Keunikan tersebut adalah buang angin atau kentut. Saat kentut wajah Tayo juga berubah menjadi merah. Tayo sering mengeluarkan kentutnya ini untuk menghibur anak-anak atau pun penumpang yang sedang bersedih.

8. Populer di Asia

Selain populer di negaranya sendiri yang ditandai dengan adanya bus berbentuk karakter Tayo di Korea saat 2014 silam lalu dari bulan Maret hingga Mei, kartun Tayo juga populer di Asia. Di antaranya, di Cina, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Hal tersebut diketahui saat adanya seminar di Vietnam untuk mengatasi perjuangan industri animasi Vietnam. Selain itu, di setiap video yang ada di YouTube juga dapat dilihat teks dari berbagai bahasa.

9. Memiliki Channel YouTube Sendiri

Channel YouTube animasi ini bernama Tayo the Little Bus , saat ini telah memiliki 3,6 juta subscriber. Dalam channel YouTube ini juga dihadirkan seluruh episode kartun Tayo dari season 1 hingga season 5 dengan durasi yang bermacam-macam. Jumlah penonton dalam channel YouTube Tayo juga telah mencapai ribuan kali tayang hingga jutaan di beberapa episodenya. Untuk versi Bahasa Indonesia juga memiliki channel sendiri, yakni bernama Tayo Bahasa Indonesia .

10. Menginspirasi Warga Sukoharjo

Populernya film Tayo the Little Bus, menginspirasi warga Sukoharjo untuk membuat sebuah bus yang mirip dengan Tayo. Bus Tayo asal Sukoharjo tersebut pun menjadi viral dan banyak warga yang ingin menumpanginya. Istilah Bus Tayo ini bukan hanya karena mirip dengan animasi Tayo, namun juga karena tujuan wisatanya adalah Taman Pakujoyo (Tayo). Cukup dengan membayar Rp.5000, warga akan disuguhi keindahan pemandangan Taman Pakujoyo dan telaga sepanjang satu kilometer.

Nah itulah 10 fakta unik dari Tayo The Little Bus, animasi terfavorit anak-anak. Kamu termasuk penggemar animasi ini?

(kpl/mel)

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com