10 Makanan yang Baik untuk Pengidap Asam Lambung, Tak Hanya Buah dan Sayur

Editor KapanLagi.com | Rabu, 14 Juli 2021 17:33 WIB
10 Makanan yang Baik untuk Pengidap Asam Lambung, Tak Hanya Buah dan Sayur

Kapanlagi.com - Asam lambung jadi satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang, dan dapat muncul kapanpun. Saat mengalaminya, penderita akan merasa mual, panas di bagian dada, kemudian sakit perut. Untuk mencegahnya kambuh, penderita asam lambung tak bisa mengonsumsi makanan sembarangan. Ada beberapa makanan yang baik untuk pengidap asam lambung.

Penyakit asam lambung terjadi saat asam dari lambung naik kembali ke kerongkongan. Menerapkan hidup sehat dan menjaga pola makan jadi satu hal yang bisa dilakukan agar terbebas dari penyakit satu ini. Terlebih, asam lambung yang naik bisa dipicu karena berbagai hal, salah satunya telat makan. Selain itu, penting untuk mengonsumsi jenis-jenis makanan sehat, yang khususnya baik untuk lambung.

Untuk kalian yang punya masalah dengan lambung, berikut beberapa makanan yang baik untuk pengidap asam lambung.

 

1. Buah Pisang

Buah pisang yang punya tekstur lembut diyakini bisa mengatasi nyeri karena asam lambung. Hal ini lantaran, pisang merupakan buah dengan kadar keasaman rendah. Karenanya, pisang diyakini bisa menutup efek iritasi yang disebabkan asam lambung. Di samping itu, pisang juga merupakan buah yang bisa memberikan efek kenyang cukup lama. Sehingga, akan sangat cocok dikonsumsi penderita asam lambung.

2. Melon

Buah lain yang juga baik untuk pengidap asam lambung ialah melon. Buah melon mempunyai sejumlah gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Magnesium dalam melon misalnya, yang membuat buah satu ini berkhasiat mengatasi masalah asam lambung. Sebagaimana yang kita tahu, magnesium sendiri merupakan salah kandungan yang sering digunakan dalam obat maag.

3. Semangka

Tak kalah dengan melon, semangka juga jadi salah satu makanan yang baik untuk pengidap asam lambung. Buah yang berair dan punya rasa manis ini dipercaya bisa membantu menetralkan keasaman pada lambung. Itulah sebabnya, buah semangka terbilang cocok untuk dikonsumsi oleh seseorang dengan penyakit asam lambung.

4. Apel

Apel dikenal sebagai salah satu buah populer yang punya segudang manfaat untuk kesehatan. Ternyata, apel juga menjadi salah satu buah yang baik untuk pengidap asam lambung. Apel mempunyai banyak kandungan gizi, mulai dari kalsium, magnesium, hingga kalium. Ketiga kandungan tersebut yang membuat apel mampu meredakan gejala sari asam lambung.

5. Sayuran Hijau

Sudah jadi rahasia umum, jika mengonsumsi sayuran hijau akan sangat baik untuk kesehatan. Dilansir dari healthline.com, sayuran hijau secara alami punya kandungan lemak dan gula yang rendah. Hal ini membuat sayuran hijau bisa membantu mengurangi efek dari asam lambung. Beberapa jenis sayuran yang baik untuk penderita asam lambung, antara lain brokoli, asparagus, sayuran hijau, dan sebagainya.

6. Daging Tanpa Lemak

Tak hanya buah dan sayur, pengidap asam lambung masih diperkenankan untuk mengonsumsi daging. Namun, sebisa mungkin penderita asam lambung harus memilih daging yang tanpa lemak termasuk lemak kulit. Selain itu, akan lebih baik jika daging tanpa lemak tersebut diolah dengan cara cara dipanggang, direbus, dikukus atau dibakar.

7. Oatmeal

Oatmeal sering jadi menu sarapan favorit banyak orang. Oatmeal yang berasal dari gandum utuh memang bisa menjadi sumber serat yang sangat baik untuk kesehatan. Konsumsi serat yang mencukupi seringkali dikaitkan dengan penurunan risiko asam lambung. Selain oatmeal, asupan serat baik lainnya juga bisa ditemukan pada roti gandum dan nasi gandum.

8. Yogurt

Yogurt dikenal sebagai makanan yang baik untuk sistem pencernaan. Dalam yogurt tersimpan probiotik yaitu sejenis bakteri baik di sistem pencernaan. Saat sistem pencernaan lancar, ancaman dari asam lambung yang naik juga akan berkurang. Selain itu, probiotik ini juga sangat berperan dalam membentuk sistem kekebalan tubuh.

9. Jahe

Manfaat jahe untuk kesehatan tentu sudah tak perlu diragukan. Jahe dikenal mempunyai sifat anti-inflamasi alami. Karenanya, jahe dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit maag dan masalah pencernaan lainnya. Untuk mendapatkan manfaat jahe dalam mengatasi asam lambung, kalian bisa membuat jahe menjadi minuman teh atau menambahkannya dalam smoothies

10. Lidah Buaya

Selama ini lidah buaya mungkin lebih dikenal akan manfaatnya untuk kesehatan kulit dan rambut. Padahal, lidah buaya juga bisa dikonsumsi. Malahan, lidah buaya juga termasuk salah satu makanan yang baik untuk penderita asam lambung.

Dalam lidah buaya terdapat kandungan mukopolisakarida. Kandungan tersebut berguna untuk memulihkan radang, termasuk radang pada saluran pencernaan akibat asam lambung.

Itulah di antaranya 10 jenis makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Semoga bermanfaat untuk kalian dalam menjaga kesehatan!

(kpl/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com