10 Manfaat Bersepeda untuk Tubuh, Lengkap Mulai dari Sendi Hingga Otak

Galuh Esti Nugraini| Senin, 06 April 2020 11:44 WIB
Galuh Esti Nugraini | Senin, 06 April 2020 11:44

Kapanlagi.com - Bersepeda saat ini menjadi salah satu olahraga yang paling digemari. Meskipun, sebenarnya sudah sejak lama olahraga ini sudah menjadi hobi bagi sebagian orang. Olahraga bersepeda menjadi sangat menyenangkan sebab biasa dilakukan secara berkelompok oleh beberapa orang. Tapi, kira-kira apa saja manfaat bersepeda?

Apakah manfaat bersepeda bagi kesehatan sama banyaknya dengan jenis olahraga lainnya? Sama seperti olahraga lainnya, saat bersepeda ada beberapa otot bagian tubuh yang bekerja. Seperti, kaki yang terus mengayuh dan tangan yang memegang setang. Jadi, kalau dilihat dari anggota tubuh yang bekerja, jelas bersepeda akan bermanfaat kesehatan.

Tapi, kira-kira apa saja ya manfaat bersepeda untuk kesehatan? Berikut beberapa di antaranya:

1 Dari 10 Halaman

1. Mencegah Penyakit Jantung

Mencegah Penyakit Jantung (credit: pixabay)
Manfaat bersepeda yang pertama adalah baik untuk kesehatan jantung. Bersepeda dipercaya bisa menghindarkan kita dari penyakit jantung apa bila dilakukan secara rutin setidaknya 20 menit per hari.

Hal ini, karena saat bersepeda, kita akan merasakan irama dari detak jantung kita sendiri. Secara tidak langsung kita juga akan terlatih untuk mengontrol detak jantung kita sendiri.

2 dari 10 halaman

2. Mengatasi Insomnia

Mengatasi Insomnia (credit: pixabay)
Untuk kalian yang mengalami gangguan sulit tidur atau insomnia, bersepeda bisa menjadi satu solusinya. Manfaat bersepeda untuk mengatasi insomnia bisa didapat dengan melakukan olahraga ini secara rutin 20-30 menit dalam setidaknya 2 hari sekali.

Sebaiknya olahraga bersepeda dilakukan di pagi hari, selain untuk mendapatkan vitamin D, bersepeda di pagi hari juga akan membantu pengaturan jam biologis ditubuh kita kembali normal. Sehingga akan lebih memudahkan kita terhindar dari insomnia.

3 dari 10 halaman

3. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat bersepeda yang lainnya adalah bisa mengurangi risiko kanker. Hal ini karena bersepeda merupakan satu kegiatan hidup sehat dan bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar. Sejumlah jenis kanker dipercaya bisa dihindari dengan olahraga bersepeda, di antaranya kanker paru, kanker kolorektal, kanker usus, dan kanker payudara.
4 dari 10 halaman

4. Menjaga Fungsi Otak

Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik seperti otot dan tulang sendi, ternyata olahraga bersepeda juga baik untuk kesehatan otak. Dilansir dari liputan6.com, sebuah studi yang dilakukan pada 2013 mengungkapkan bahwa selama bersepeda, aliran darah pengendara sepeda di otak meningkat 28 persen, dan hingga 70 persen di area tertentu.
5 dari 10 halaman

5. Mencegah Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit paling membahayakan. Karena diabetes bisa menghadirkan komplikasi berbagai macam penyakit. Untuk menghindari penyakit satu ini bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga bersepeda.

Bersepeda diyakini bisa mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Caranya, dengan melakukan olahraga ini selama setidaknya 30 menit setiap harinya.

6 dari 10 halaman

6. Mencegah Hipertensi

Karena memberikan efek bagi kesehatan jantung, maka secara tidak langsung bersepeda juga akan memberikan manfaat untuk peredaran dan tekanan darah. Bersepeda dipercaya bisa menurunkan risiko darah tinggi atau hipertensi. Hal ini karena bersepeda bisa menyehatkan jantung, salah satunya dengan meluruhkan timbunan lemak di tubuh.
7 dari 10 halaman

7. Mengatasi Depresi

Mengatasi Depresi (credit: pixabay)
Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja. Manfaat bersepeda ternyata juga baik untuk kesehatan mental. Selain sebagai kegiatan olahraga, bersepeda juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Bersepeda pada saat-saat tertentu, pada saat pagi atau sore hari, terlebih ke tempat-tempat yang menenangkan bisa membuat suasana hati jadi lebih senang dan tenang. Hal itulah yang kemudian akan menghindarkan kita dari depresi. Maka, tidak mengherankan bukan kalau banyak orang yang menjadikan olahraga ini sebagai hobi.

8 dari 10 halaman

8. Mengontrol Berat Badan

Mengontrol Berat Badan (credit: pixabay)
Turun berat badan biasa menjadi salah satu motivasi orang untuk berolahraga. Kalian bisa menjadikan bersepeda sebagai pilihan olahraga untuk turunkan berat badan. Karena, bersepeda merupakan kegiatan yang bisa membakar banyak kalori.

Selain itu, olahraga ini juga bisa meningkatkan sistem metabolisme sekaligus membentuk otot. Jadi, tidak hanya berat badan yang turun, melainkan otot yang terbentuk juga bisa jadi bonus dari olahraga satu ini.

9 dari 10 halaman

9. Menguatkan Otot

Sudah jelas bahwa saat olahraga bersepeda, banyak otot yang bekerja. Mulai dari otot kaki, tangan, perut, bahkan punggung. Sehingga, secara tidak langsung olahraga satu ini bisa menjadi satu latihan yang paket komplit untuk otot-otot tubuh kita. Dengan bersepeda secara rutin, otot akan lebih terbentuk dan terjaga kekuatannya.
10 dari 10 halaman

10. Menjaga Kesehatan Sendi

Menjaga Kesehatan Sendi (credit: pixabay)
Ternyata tidak hanya otot saja yang mendapatkan manfaat dari olahraga bersepeda. Sendi-sendi di tubuh kita pun juga bisa mendapatkan manfaatnya. Sama seperti otot, pada saat bersepeda, sebagian sendi-sendi di tubuh kita juga turut bekerja. Jadi olahraga ini juga akan sangat cocok bagi kalian yang mempunyai masalah sendi.

Ternyata banyak sekali manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh kita. Jadi tidak mengherankan bukan, kalau olahraga ini begitu banyak digemari. Apakah kalian salah satu yang menggemari olahraga ini juga?

(kpl/psp/gen)

Editor:  

Puput Saputro

TOPIK TERKAIT
 
 
Join Kapanlagi.com