10 Manfaat Dahsyat Jahe untuk Kesehatan

Stella Maris | Selasa, 27 September 2022 19:17 WIB
10 Manfaat Dahsyat Jahe untuk Kesehatan

Kapanlagi.com - Jahe atau Zingiber officinale merupakan tanaman rimpang yang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Tanaman rimpang ini pertama kali berkembang subur di Asia Tenggara dan bergerak cepat melalui India, Eropa, hingga akhirnya tumbuh di berbagai iklim dan wilayah di dunia.

Lantaran manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan, rempah-rempahan ini pun gampang ditemui. Mulai dari pasar hingga swalayan. Nah, kira-kira manfaat jahe untuk kesehatan, apa saja sih? Yuk simak penjelasannya seperti dikutip laman Lifehack berikut ini:

1. Jaga Sirkulasi Darah

Jahe mengandung kromium, magnesium dan seng yang dapat membantu memperlancar aliran darah, serta membantu mencegah masuk angin, demam, dan keringat berlebih.

2. Mengatasi Mual

Jahe dikenal sebagai obat efektif untuk mual yang berhubungan dengan mabuk perjalanan. Meski alasan pastinya belum pasti, namun dalam sebuah penelitian terhadap angkatan laut, mereka yang diberikan bubuk jahe mengaku rasa mual yang dirasakan lebih berkurang. Selain itu, jahe juga dapat mengatasi mual di pagi hari bagi wanita hamil, dengan tingkat keberhasilan 75%.

3. Bantu Penyerapan

Jahe meningkatkan penyerapan dan stimulasi nutrisi penting dalam tubuh. Ini dilakukan dengan merangsang sekresi enzim lambung dan pankreas.

4. Cegah Pilek dan Flu

Jahe telah digunakan selama ribuan tahun sebagai pengobatan alami untuk pilek dan flu di seluruh Asia. The University of Maryland Medical Center menyatakan bahwa untuk mengobati pilek dan flu gejala pada orang dewasa, gunakan 2 sendok makan jahe yang sudah diparut dan dicampurkan ke air panas. Minum dua sampai tiga kali sehari.

5. Bantu Pencernaan

Jahe sangat ideal untuk membantu pencernaan, sehingga meningkatkan penyerapan makanan dan menghindari kemungkinan sakit perut. Jahe tampaknya mengurangi peradangan dengan cara yang mirip dengan aspirin dan ibuprofen.

6. Cegah Kanker Usus

Sebuah penelitian di University of Minnesota menemukan bahwa jahe dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker kolorektal.

7. Kurangi Nyeri Peradangan

Jahe mengandung beberapa zat anti-inflamasi paling ampuh yang diketahui dan merupakan obat penghilang rasa sakit alami yang kuat.

8. Lawan Masalah Umum Pernapasan

Jika kamu menderita penyakit pernapasan umum seperti batuk, jahe dapat membantu melebarkan paru-paru dan melonggarkan dahak. Yup, jahe merupakan ekspektoran alami yang memecah lendir agar lebih mudah dikeluarkan. Dengan begitu Anda dapat dengan cepat pulih dari kesulitan bernapas.

9. Perkuat Imun

Jahe membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi sedikit jahe sehari dapat membantu menggagalkan potensi risiko stroke dengan cara menghambat timbunan lemak dari arteri. Ini juga mengurangi infeksi bakteri di perut, dan membantu melawan batuk yang parah dan iritasi tenggorokan.

10. Tingkatkan Kesehatan Otak

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para peneliti dari Universitas Khon Kaen diketahui bahwa 60 wanita paruh baya yang mengonsumsi 400-800 mg jahe sekali sehari selama dua bulan, memiliki fungsi otak yang lebih baik. Misalnya fokus dan daya ingat yang lebih baik, dibandingkan wanita seusianya. Temuan serupa ditemukan juga dalam penelitian terhadap wanita pascamenopause yang mengonsumsi suplemen jahe selama tiga bulan.

11. Bantu Turunkan Lemak Tubuh

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015 diketahui bahwa 80 wanita bertubuh gemuk yang menjadi peserta riset, mengonsumsi 100mg ekstrak jahe dalam kapsul selama 12 minggu. Di akhir penelitian ditemukan, rata-rata lemak tubuh mereka menurun secara signifikan.

(kpl/stl)

Editor :   Stella Maris

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com