Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

11 Minuman dan Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah dan Sehatkan Jantung

Editor KapanLagi.com | Rabu, 02 Juni 2021 17:33 WIB
11 Minuman dan Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah dan Sehatkan Jantung

Kapanlagi.com - Tekanan darah tinggi sering disebut sebagai "silent killer" karena kebanyakan orang tak menyadari gejala dan risiko yang dialami. Mungkin kalian pernah menemukan kasus orang yang awalnya sehat, tapi tiba-tiba tekanan darahnya meningkat dan itu baru diketahui setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

Mengetahui peristiwa seperti itu, tentu kalian tak ingin mengalaminya dan berpikir untuk mulai mencari tahu tentang minuman dan makanan untuk menurunkan tekanan darah. Pola konsumsi yang sehat memang bisa menentukan terbebasnya seseorang dari penyakit mengerikan seperti tekanan darah tinggi atau serangan jantung.

Kalian bisa mulai diet sehat untuk menjaga tekanan darah agar stabil. Selain itu, memperhatikan asupan minuman dan makanan untuk menurunkan tekanan darah yang meliputi sayur, buah-buahan, dan protein tanpa lemak jahat juga bisa membantu kalian dalam menjalani pola hidup sehat. Selain mengonsumsi minuman dan makanan untuk menurunkan tekanan darah, kalian juga perlu memperhatikan jadwal olahraga dan model gaya hidup sehat lainnya.

Nah, untuk membantu kalian dalam menentukan menu untuk memulai hidup sehat, berikut ini terdapat daftar minuman dan makanan untuk menurunkan tekanan darah yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Teh Hijau

Gambar

Apa kalian pernah mendengar sebuah promosi teh hijau sebagai salah satu produk diet yang pantas diidolakan? Ya, pemanfaatan kandungan teh hijau sebagai salah satu minuman dan makanan untuk menurunkan tekanan darah bisa didapat dari proses diet tersebut.

Selain itu, teh hijau juga bermanfaat untuk kesehatan jantung kalian karena dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida yang menjadi pemicu penyakit jantung. Untuk mendapat manfaatnya, kalian bisa minum teh hijau saat santai atau sebelum tidur.

2. Susu Kedelai

Susu kedelai berasal dari perasan biji kedelai yang diolah hingga menyerupai susu. Sebagai salah satu jenis kacang yang populer, kedelai juga termasuk dalam daftar bahan minuman dan makanan untuk menurunkan tekanan darah yang juga bisa membuat kalian terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Kandungan vitamin E di dalamnya bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung koroner dan stroke. Vitamin E sendiri dapat mencegah timbulnya plak pada pembuluh darah arteri yang dapat mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah. Susu kedelai juga mengandung asam folat dan vitamin B6 yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Jus Tomat

Gambar

Selain segar untuk dikunyah secara langsung, tomat juga potensial untuk disulap menjadi minuman dan makanan untuk menurunkan tekanan darah. Salah satu olahan yang mudah dibuat yaitu jus tomat. Jus tomat menstabilkan tekanan darah sistolik dan diastolik, serta kolesterol LDL.

Bukti yang berkembang menunjukkan bahwa minum satu gelas jus tomat per hari dapat meningkatkan kesehatan jantung. Untuk menghindari natrium dan gula, pastikan untuk mengonsumsi jus tomat tawar.

Dalam studi yang diterbitkan Jurnal Food Science & Nutrition pada 2019, peneliti dari Tokyo Medical and Dental University, Jepang dan Tucson Plant Breeding Institute mengevaluasi efek minum rata-rata satu cangkir jus tomat per hari di antara partisipan dengan faktor risiko penyakit jantung. Para peneliti menyimpulkan bahwa jus tomat bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, termasuk kolesterol jahat atau kolesterol low-density lipoprotein (LDL).

4. Jus Semangka

Semangka merupakan buah yang cukup populer di Indonesia. Ukuran yang besar menjadikannya sebagai buah pilihan untuk dihidangkan untuk acara yang dihadiri banyak orang. Tak hanya potensial untuk dikonsumsi beramai-ramai, semangka ternyata juga masuk dalam daftar minuman dan makanan untuk menurunkan tekanan darah.

Asam amino yang disebut citrulline ternyata menjadi salah satu kandungan yang terdapat di dalamnya. Asam amino ini membantu mengatur tekanan darah tinggi. Citrulline membantu tubuh memproduksi oksida nitrat, gas yang melemaskan pembuluh darah dan mendorong kelenturan di arteri. Efek ini membantu aliran darah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Jus semangka merupakan salah satu cara yang bisa kalian pilih untuk menikmati semangka yang segar dan lezat.

5. Jus Delima

Gambar

Jus delima delima bukan hanya kaya nutrisi seperti folat dan vitamin C, tetap juga memiliki efek antiinflamasi yang kuat. Maka, tidak mengherankan jika buah delima masuk dalam daftar minuman dan makanan untuk menurunkan tekanan darah.

Sebuah tinjauan terhadap delapan uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa mengonsumsi jus delima dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Tinjauan ini telah diterbitkan dalam Jurnal Pharmacological Research pada 2017.

Efek pada tekanan darah tidak bergantung tergantung pada seberapa lama partisipan mengonsumsi jus delima dan seberapa banyak. Sementara, para peneliti merekomendasikan dosis konsumsi jus buah delima setidaknya 240 mililiter untuk menurunkan tekanan darah diastolik. Jika Kalian memutuskan untuk menambahkan jus delima ke dalam makanan Kalian, pastikan itu adalah jus 100 persen tanpa tambahan gula.

6. Jus Prune

Mungkin kalian masih asing dengan jus prune, tapi sebenarnya buah ini sudah cukup populer sebagai bahan minuman dan makanan untuk menurunkan tekanan darah. Jus prune adalah jus buah yang berasal dari plum kering yang telah direhidrasi.

Jus prune dikenal sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Salah satu manfaat kesehatan jus prune yang kurang dikenal adalah menurunkan tekanan darah.

Orang yang makan enam buah plum per hari mengalami penurunan tekanan darah sistolik tambahan. Selain itu, dosis tiga dan enam prune ditemukan juga menurunkan kolesterol LDL. Minumlah segelas jus prune 100 persen atau buat sendiri dengan mencampurkan plum basah.

7. Kacang-kacangan

Gambar

Kacang-kacangan merupakan bahan makanan yang cukup populer sebagai hasil pertanian di Indonesia. Tak hanya populer, kacang-kacangan bisa diolah menjadi minuman dan makanan untuk menurunkan tekanan darah.

Beberapa jenis kacang bermanfaat untuk kesehatan jantung seperti kacang hitam, kenari dan almond. Kacang hitam mengandung folat, antioksidan dan magnesium yang membantu menurunkan tekanan darah serta serat yang membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah.

Kacang kenari mengandung omega-3, lemak tak jenuh tunggal yang dapat melindungi arteri jantung dari peradangan. Kacang almond baik dikonsumsi sebagai makanan untuk sehatkan jantung. Kacang almond terbukti sanggup menawarkan kandungan sterol, serat, dan lemak sehat yang berguna untuk menyehatkan jantung. Kacang almond juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

8. Sayuran Hijau

Mungkin kalian sering mendengar anjuran untuk memasukkan sayuran ke dalam daftar menu makan setiap hari. Anjuran itu ternyata beralasan karena sayuran sangat potensial untuk diolah menjadi berbagai minuman dan makanan untuk menurunkan tekanan darah.

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung dan collard greens terkenal akan vitamin, mineral, dan antioksidannya. Secara khusus, sayuran hijau ini adalah sumber vitamin K yang hebat, yang membantu melindungi arteri dan meningkatkan pembekuan darah dengan tepat. Sayuran hijau juga tinggi nitrat makanan, yang telah terbukti mengurangi tekanan darah, menurunkan kekakuan arteri dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

Beberapa penelitian juga menemukan hubungan antara meningkatkan asupan sayuran berdaun hijau dan menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah analisis dari delapan penelitian menemukan bahwa peningkatan asupan sayuran hijau dikaitkan dengan insiden penyakit jantung hingga 16 persen lebih rendah. Studi lain pada 29.689 wanita menunjukkan bahwa asupan tinggi sayuran berdaun hijau dikaitkan dengan risiko penyakit jantung koroner yang lebih rendah secara signifikan.

9. Mentimun

Gambar

Mentimun merupakan bahan minuman dan makanan untuk menurunkan tekanan darah yang cukup terkenal. Di dalam mentimun banyak terkandung kalium. Zat ini merupakan elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium (kandungan dalam garam) yang ditahan oleh ginjal. Dengan kata lain, kalium bertanggung jawab atas terkontrolnya tekanan darah seseorang.

Tak hanya itu saja, mentimun juga kaya vitamin C, kalium, dan antioksidan, seperti karotenoid dan tokoferol. Nutrisi-nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk mengontrol atau menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi jus mentimun bisa menimbulkan efek baik pada regulasi tekanan darah pada hipertensi esensial.

Untuk mendapat manfaatnya, jus mentimun harus diberikan dalam dosis terbaik yang dapat mengurangi tingkat tekanan darah. Porsinya sebanyak 2x200 g/hari untuk pengobatan dan mengatur tingkat tekanan darah. Namun, studi lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

10. Buah apel

Buah apel mengandung fitonutrien dan kandungan dari senyawa lain yang baik untuk organ jantung seperti "pektin" yang merupakan serat laut yang bekerja untuk menurunkan tingkat gula darah dan tekanan darah dan "quarcetin" yang bermanfaat untuk mencegah peradangan dan asma serta dapat menurunkan resiko kanker. Oleh karena itu, apel masuk dalam daftar minuman dan makanan untuk menurunkan tekanan darah.

Dianne Hyson, seorang ahli diet terdaftar dan peneliti utama studi mengungkapkan bahwa asupan jus apel memiliki potensi untuk menurunkan faktor resiko penyakit jantung dalam waktu yang cukup singkat. Apel harus dimasukkan pada menu yang mendukung pola hidup sehat yang sedang kalian jalani.

11. Bawang Putih

Gambar

Bawang putih dapat digunakan sebagai pengganti garam untuk menambahkan rasa gurih pada makanan. Fungsi pengganti itu yang membuat bawang bisa masuk dalam makanan untuk menurunkan tekanan darah.

Hal tersebut terjadi karena konsumsi garam dalam jumlah banyak setiap hari akan meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi yang dapat berujung pada penyakit jantung dan stroke.

KLovers, itulah beberapa bahan minuman dan makanan untuk menurunkan tekanan darah. Kalian bisa menjadikannya sebagai kreasi menu sehat yang kalian konsumsi setiap hari.

(kpl/ans)

Editor:   Anik Setiyaningrum

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com