10 Penyebab Kecelakaan Kerja dan Faktor Pemicunya yang Perlu Diwaspadai

Editor KapanLagi.com | Kamis, 28 Januari 2021 14:55 WIB
10 Penyebab Kecelakaan Kerja dan Faktor Pemicunya yang Perlu Diwaspadai

Kapanlagi.com - Keselamatan dan kesehatan kerja atau dikenal dengan K3 tentunya ada di setiap profesi atau pekerjaan yang dijalani. Ini bermanfaat untuk menjamin dan melindungi setiap tenaga kerja dari kecelakaan kerja. Sebab ada sejumlah faktor penyebab kecelakaan kerja yang berisiko terjadi di setiap jenis pekerjaan tertentu.

Seperti diketahui rata-rata setiap pekerjaan memiliki risiko bagi pekerja baik keselamatan ataupun kesehatan mereka. Dalam hal ini kecelakaan kerja bisa saja terjadi saat melakukan aktivitas pekerjaan tertentu. Sebab kecelakaan dapat dipicu oleh beragam faktor mulai dari lingkungan, faktor manusia, ataupun faktor peralatan tertentu.

Tak heran apabila di Indonesia jaminan keselamatan dan kesehatan kerja telah diatur dalam Undang-Undang nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Sedangkan setiap perusahaan memiliki standar operasional kerja yang perlu ditaati pekerja ataupun setiap anggota perusahaan. Ini berfungsi untuk meminimalisir risiko yang mungkin dihadapi pekerja terkait dengan keselamatan dan kesehatan.

Sebab kecelakaan kerja dapat terjadi saat melakukan pekerjaan atau hubungan kerja yang dialami pekerja. Untuk itulah mengetahui sejumlah faktor penyebab kecelakaan kerja penting dilakukan agar mencegah tingkat risiko lebih lanjut. Adapun penyebab kecelakaan kerja yang perlu diwaspadai dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut faktor penyebab kecelakaan kerja telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

Halaman Selanjutnya Faktor Manusia

Halaman

(kpl/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com