11 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami, Mudah Banget!

Editor KapanLagi.com | Selasa, 25 Juni 2019 15:10 WIB
11 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami, Mudah Banget!

Kapanlagi.com - Ketombe dapat sangat mengganggu baik itu pada penampilan, maupun dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala. Banyak hal yang dapat menyebabkan munculnya ketombe, bisa jadi karena jarang maupun terlalu sering keramas, kulit kepala yang kering, dan infeksi jamur malassezia pada kulit kepala. Tapi tidak perlu khawatir, ketombe dapat dihilangkan, kok! Berikut beberapa cara untuk menghilangkan ketombe dengan bahan alami.


1. Minyak kemiri


Minyak kemiri sering digunakan untuk menyuburkan rambut, biasanya digunakan secara tradisional untuk anak-anak yang masih kecil agar rambut mereka tumbuh lebat. Namun, ternyata minyak kemiri juga dapat membantu untuk menghilangkan ketombe secara alami, lho! Karena bekerja secara alami untuk merawat kesehatan rambut dan kulit kepala, minyak kemiri tidak akan menyebabkan kerusakan pada sel-sel rambut. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup oleskan minyak kemiri pada rambut dan kulit kepala secukupnya dan biarkan selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air besih dan shampoo yang biasa kamu gunakan. Setelah bersih, keringkan rambut menggunakan handuk atau kain. Gunakan minyak kemiri secara rutin agar dapat menghilangkan ketombe secara keseluruhan.


2. Jeruk nipis


Jeruk nipis adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Bahkan, tidak hanya itu saja, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Rasa asam dari jeruk nipis juga disebabkan oleh adanya asam sitrat. Nah, kandungan yang ada pada jeruk nipis tersebut dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit kepada dan rambut, diantaranya adalah untuk membuat rambut menjadi tumbuh lebat dan menghilangkan ketombe yang membandel secara alami. Caranya untuk menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis yaitu dengan mencampurkan jeruk nipis dan air secukupnya, lalu, oleskan pada rambut dan kulit kepala. Tunggu sampai meresap dan bilas dengan air bersih.


3. Cuka


Masih belum banyak yang mengetahui jika selain untuk bahan makanan, cuka juga bisa digunakan untuk cara menghilangkan ketombe. Tidak perlu menggunakannya dalam jumlah yang banyak, cukup dengan mengoleskan satu sendok teh cuka pada kulit kepala secara merata. Tunggu beberapa saat dan bilas sampai bersih. Gunakan cara ini dua kali seminggu untuk hasil yang memuaskan.


4. Lidah buaya


Sudah menjadi rahasia umum jika lidah buaya sangat baik untuk merawat kesehatan tubuh, terutama kulit kepala dan rambut. Karena, lidah buaya mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C yang dapat membantu untuk membuat rambut lebih hitam dan berkilau, mencegah kerontokan pada rambut, dan menghilangkan ketombe secara alami. Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya yaitu siapkan daging lidah buaya yang sudah dihaluskan. Kamu dapat menggunakan alat blender maupun dengan cara ditumbuk. Jika sudah halus, oleskan pada kulit kepala secara merata sambil sesekali memijat. Tunggu sampai meresap sekitar 30 menit, kemudian bilas sampai bersih.


5. Bawang merah


Bawang merah secara tradisional dapat digunakan untuk membuat rambut lebat dan biasanya digunakan untuk bayi yang baru lahir. Selain baik untuk membuat rambut lebat, bawang merah pun dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami, lho, KLovers! Caranya yaitu dengan memisahkan terlebih dahulu bawang merah dan kulitnya, kemudian haluskan menggunakan blender. Jika sudah halus, kamu dapat langsung mengoleskannya pada kulit kepada secara merata. Diamkan selama kurang lebih 5 menit sampai menyerap dan bilas dengan air bersih.


6. Lemon


Seperti halnya dengan jeruk nipis, jeruk yang satu ini juga bermanfaat untuk dapat menghilangkan ketombe secara alami pada kulit kepala dan rambut. Caranya yaitu dengan mencampurkan jeruk nipis dan air secukupnya, lalu, oleskan pada rambut dan kulit kepala. Tunggu sampai meresap dan bilas dengan air bersih. Kamu dapat rutin menggunakan lemon setiap satu minggu sekali agar kulit kepala dan rambut tetap bersih dari ketombe.


7. Baking soda


Bukan hal yang mustahil menghilangkan ketombe secara alami dengan menggunakan baking soda. Baking soda dapat membantu menghilangkan ketombe pada kulit kepala dan rambut secara alami, bahkan dalam waktu yang relatif cepat, lho, KLovers! Cara menggunakannya yaitu larutkan ½ sendok teh baking soda dengan air secukupnya dan aduk sampai merata, kemudian oleskan pada kulit kepala. Tunggu beberapa saat sampai menyerap dan bilas menggunakan air sampai bersih. Gunakan cara ini sesekali saja jangan terlalu sering agar tetap menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.


8. Daun sirsak


Daun sirsak mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah seperti yang dilansir dari liputan6.com, acetogenin yang merupakan senyawa aktif yang dapat membunuh racun pada tubuh dengan cara menghambat berkembangnya ATP (adenosine trifosfat) atau energi yang dibutuhkan oleh sel kanker untuk tumbuh pada tubuh manusia. Selain itu, manfaat lain dari daun sirsak yaitu sebagai racun bagi serangga atau parasit. Karenanya, daun sirsak dapat membantu menghambat pertumbuhan dan membasmi kotoran seperti ketombe dan bahkan kutu sekalipun! Cara menggunakan daun sirsak untuk menghilangkan ketombe yaitu dengan menumbuk beberapa helai daun sampai halus dan tambahkan air secukupnya. Aduk sampai merata, kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit sampai menyerap dan bilas menggunakan air bersih.


9. Minyak zaitun


Minyak zaitun memang sudah menjadi hal umum digunakan untuk merawat kesehatan tubuh dan menjaga kecantikan kulit. Nah, minyak zaitun juga dapat membantu untuk menghilangkan ketombe secara alami dan cepat. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala secara merata sambil beberapa kali memijatnya agar minyak zaitun meresap. Kemudian, diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air hangat. Kamu dapat menggunakan cara ini secara rutin agar kulit kepala dan rambut bersih dan bebas dari ketombe.


10. Garam


Bumbu untuk memasak yang satu ini juga bisa, lho, digunakan untuk menghilangkan ketombe! Selain itu, garam yang memiliki sifat scrub ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada kulit kepala. Caranya mudah, kamu hanya perlu menggosokkan garam secukupnya pada kulit kepala secara merata. Lalu, diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih lalu gunakan shampoo seperti biasa saat kamu keramas. Hanya dengan cara mudah kamu dapat menghilangkan ketombe yang membandel pada kulit kepala dan rambutmu!


11. Minyak almond


Satu lagi minyak yang sangat bermanfaat untuk dapat menghilangkan ketombe pada kulit kepala dan rambut secara alami, yaitu minyak almond. Sama seperti saat kamu menggunakan minyak kemiri maupun minyak zaitun, cukup dengan mengoleskan pada kulit kepala secara merata sambil beberapa kali memijat dan diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dibilas. Kamu dapat menggunakan air hangat untuk membilasnya sampai bersih.


Kulit kepala dan rambut yang berketombe memang sangat mengganggu karena dapat menurunkan kepercayaan diri dan memberikan efek gatal. Agar dapat terbebas dari ketombe, kamu dapat menggunakan cara-cara diatas karena dapat secara alami untuk membasmi ketombe. Jangan lupa untuk rutin menggunakannya agar ketombe gak balik lagi. Intip juga, yuk, tips lainnya untuk merawat tubuh di sini!


Penulis: Shahfara Raida Utami

(kpl/mag/fff)

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com