11 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan, Bisa Jadi Antiseptik Alami

Nurul Wahida| Senin, 01 Juni 2020 08:22 WIB
Nurul Wahida | Senin, 01 Juni 2020 08:22

Kapanlagi.com - Sudah menjadi rahasia umum manfaat daun sirih merah dan hijau diyakini sangat baik untuk kesehatan. Mulai dari perawatan tubuh bagian luar hingga tubuh bagian dalam dapat diperoleh dari daun sirih. Tak hanya itu daun sirih juga diketahui bisa menjadi antiseptik alami untuk mencegah kuman dan bakteri.

Tidak dapat dipungkiri manfaat daun sirih merah begitu banyak untuk kesehatan tubuh. Seperti yang diketahui daun sirih merupakan salah satu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia. Hampir setiap wilayah memiliki daun sirih yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Tumbuhan daun sirih tumbuh secara merambat dan bersandar pada batangnya. Daun sirih bahkan sering dijadikan sebagai tradisi tradisional budaya di indonesia seperti untuk upacara penyambutan tamu dengan mengunyah daun sirih bersama dengan gambir, pinang, serta kapur.

Berdasarkan jenisnya daun sirih dibagi menjadi dua yakni daun sirih merah dan daun sirih hijau. Namun keduanya tentu saja sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat daun sirih merah untuk kesehatan?

Adapun manfaat daun sirih merah dapat diperoleh salah satunya dengan metode merebus. Air rebusan tersebut dapat dikonsumsi ataupun dipakai untuk membasuh. Berikut manfaat daun sirih merah yang dilansir dari merdeka.com.

1 Dari 11 Halaman

1. Mengatasi Mimisan

Mengatasi Mimisan (credit: freepik.com)
Manfaat daun sirih merah dan hijau untuk kesehatan salah satunya dapat mengatasi mimisan. Mimisan sendiri diketahui merupakan kondisi saat hidung mengalami pendarahan. Kasus mimisan biasanya disebabkan oleh luka pada hidung, infeksi, penyakit tertentu seperti hemofilia, autoimun, leukimia dan lain sebagainya.

Menggunakan daun sirih merah dan hijau dapat digunakan sebagai pertolongan menghentikan pendarahan tersebut. Caranya cukup dengan memasukkan selebar daun sirih yang digulung ke dalam lubang hidung.

2 dari 11 halaman

2. Mengatasi Tukak Lambung

Mengatasi Tukak Lambung (credit: freepik.com)
Tukak lambung merupakan kondisi ketika dinding lambung mengalami luka. Luka tersebut dapat menyebabkan pendarahan pada lambung serta mengganggu proses pencernaan makanan. Namun masalah kesehatan ini dapat diatasi dengan daun sirih merah. Sebab, manfaat daun sirih merah dapat mengatasi tukak lambung.

Caranya sangat mudah yakni cukup dengan mengunyah daun sirih merah sebanyak 1 hingga 2 lembar, lalu tahan dalam mulut selama 10 menit, dan buang. Lakukan cara tersebut rutin minimal 2 kali sehari agar masalah tukak lambung dapat teratasi.

3 dari 11 halaman

3. Meredakan Peradangan Kulit

Meredakan Peradangan Kulit (credit: freepik.com)
Manfaat daun sirih merah selanjutnya dapat digunakan untuk meredakan peradangan pada kulit. Terutama pada kulit yang mengalami luka bakar. Hal ini diperoleh dari kandungan alkaloid, antioksidan, vitamin c yang bisa mengatasi peradangan kulit.

Untuk menggunakannya kalian cukup haluskan daun sirih, lalu campur dengan madu dan letakkan pada area kulit yang mengalami peradangan. Lakukan rutin hingga peradangan kulit mulai mereda.

4 dari 11 halaman

4. Mengobati Gusi Berdarah

Mengobati Gusi Berdarah (credit: freepik.com)
Gusi yang berdarah juga dapat diobati dengan daun sirih merah. Di mana kandungan saponin, tanin, kalsium, mineral fosfor dapat membuat gusi yang berdarah mereda. Caranya cukup dengan merebus daun sirih merah lalu gunakan sebagai obat kumur. Lakukan kumur dengan daun sirih merah sebanyak 3 kali sehari hingga gusi berdarah mulai mereda.
5 dari 11 halaman

5. Mencegah Bronchitis

Mencegah Bronchitis (credit: freepik.com)
Bronchitis merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang saluran pernapasan manusia. Biasanya penderita akan mengalami nyeri dada, batuk, sakit kepala, kelelahan, hidung tersumbat dan lain sebagainya.

Penyebabnya dapat berasal dari virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Jika tidak segera teratasi maka dapat meningkatkan risiko kesehatan lainnya. Manfaat daun sirih merah diantaranya dapat mencegah penyakit bronchitis.

Untuk menggunakannya cara cukup mudah, yakni dengan merebus daun sirih merah lalu meminum air rebusan tersebut. Setidaknya konsumsi air rebusan daun sirih secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

6 dari 11 halaman

6. Mengatasi Gangguan Pada Perut

Mengatasi Gangguan Pada Perut (credit: freepik.com)
Perut sakit merupakan gangguan yang sering dialami setiap orang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun kalian tidak perlu khawatir sebab manfaat daun sirih merah dapat mengatasi gangguan pada perut seperti meredakan sakit perut. Kalian cukup merebus daun sirih merah dengan air lalu mengonsumsinya secara rutin hingga perut mulai membaik.
7 dari 11 halaman

7. Mengatasi Gatal

Mengatasi Gatal (credit: freepik.com)
Gatal yang muncul pada kulit dapat diatasi dengan menggunakan daun sirih merah. Sebab, manfaat daun sirih merah bisa atasi gatal yang muncul pada kulit. Untuk menggunakannya kalian dapat merebus sebanyak 20 hingga 30 lembar daun sirih merah lalu menggunakan air rebusan tersebut untuk mandi dan berendam. Gunakan secara rutin hingga rasa gatal mulai mereda.
8 dari 11 halaman

8. Meredakan Sakit Pada Payudara Bengkak

Meredakan Sakit Pada Payudara Bengkak (credit: freepik.com)
Payudara bengkak sering dialami oleh ibu menyusui. Namun hal ini dapat diatasi dengan menggunakan daun sirih merah untuk mengatasi bengkak pada payudara. Kandunganalyprokatecol dan carvacrol pada daun sirih merah mampu merenggangkan otot payudara yang sedang meradang. Cara menggunakannya cukup mudah yakni dengan menempelkan daun sirih merah sampai layu pada sekitar payudara.
9 dari 11 halaman

9. Mengatasi Bau Mulut dan Bau Badan

Mengatasi Bau Mulut dan Bau Badan (credit: freepik.com)
Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mengatasi bau mulut serta bau badan. Di mana bau tersebut dapat muncul karena faktor produksi keringat yang meningkat serta akibat bakteri dalam mulut.

Namun hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih merah untuk mengatasi bau mulut dan bau badan. Tentunya selain terjangkau cara ini juga sangat praktis.

10 dari 11 halaman

10. Mengobati Batuk

Batuk menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh setiap orang. Penyebabnya dapat berasal dari bakteri dan juga virus. Cara mengatasi batuk dapat dengan praktis diperoleh dari daun sirih merah.

Sebab, salah satu manfaat daun sirih merah yakni bisa mengobati batuk. Untuk menggunakannya kalian cukup merebus daun sirih merah lalu mengonsumsinya dengan rutin 2 kali sehari hingga batuk mulai mereda.

11 dari 11 halaman

11. Mengatasi Asam Urat

Mengatasi Asam Urat (credit: freepik.com)
Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan selanjutnya juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah asam urat. Seperti yang diketahui asam urat berhubungan dengan nyeri otot. Namun masalah tersebut dapat diatasi dengan konsumsi daun sirih merah yang masih muda setiap hari secara rutin.

Demikian 11 manfaat daun sirih merah untuk kesehatan yang dapat digunakan sebagai antiseptik. Selain itu perlu perhatikan apabila kondisi kesehatan tidak membaik segera untuk menghubungi fasilitas kesehatan terdekat. Dan juga perhatikan untuk mengonsumsi daun sirih merah dalam batas normal.

(kpl/nlw)

Editor:  

Nurul Wahida

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com