Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

11 Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia untuk Kesehatan Hingga Hasilkan Tenaga Listrik

Editor KapanLagi.com | Rabu, 01 September 2021 16:11 WIB
11 Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia untuk Kesehatan Hingga Hasilkan Tenaga Listrik

Kapanlagi.com - Matahari merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan di bumi. Aktivitas sehari-hari makhluk hidup sangat bergantung pada keberadaan sinar matahari. Manfaat energi matahari bagi manusia bisa dirasakan secara langsung maupun tidak langsung.

Manfaat energi matahari bagi manusia secara langsung bisa dirasakan untuk kesehatan tubuh maupun mental. Pada tubuh, sinar matahari merupakan sumber terbaik vitamin D lebih besar dan makanan atau suplemen. Proses produksi vitamin D pada tubuh dipicu oleh ultraviolet B atau UVB.

Manfaat energi matahari bagi manusia secara tidak langsung pun banyak sekali. Tak hanya kesehatan tubuh, sinar matahari bisa berguna untuk memperbaiki suasana hati sehingga kesehatan mental dapat terpelihara dengan baik. Jangan lupakan perannya dalam fotosintesis tumbuhan yang bisa menghasilkan sumber makanan bagi manusia.

Nah, Untuk mengetahui manfaat energi matahari lebih detail, silakan simak informasi yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia untuk Kesehatan

Gambar

Manfaat energi matahari bagi manusia secara langsung bisa dirasakan pada kesehatan tubuh seperti berikut ini.

1. Sumber Vitamin D

Tak berlebihan jika vitamin D juga sering disebut sebagai vitamin sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari memang membantu proses produksi vitamin D dalam tubuh manusia. Mekanisme itu bisa terjadi karena terdapat sejenis kolesterol yang berfungsi sebagai pembangun vitamin D.

Ketika senyawa tersebut terkena UVB dari matahari makan akan berubah menjadi vitamin D. Tak berlebihan pula jika dikatakan jika vitamin D dari sinar matahari lebih baik dari makanan atau suplemen karena mampu bersirkulasi dua kali lebih lama. Sayangnya, jumlah vitamin D yang didapat melalui sinar matahari juga bergantung pada usia, musim, dan baju yang dipakai.

2. Mengatasi Penyakit Kulit

Manfaat energi matahari bagi manusia juga bisa dirasakan untuk pengobatan alami penyakit kulit tertentu. Paparan UVB direkomendasikan dokter untuk mengobati psorias, eksim, jerawat, dan penyakit kuning. Pengobatan ini bekerja dengan cara menarik sel-sel kekebalan ke permukaan kulit.

Hal ini bergantung pada kalsitriol sebagai bentuk aktif vitamin D yang membantu pertumbuhan, perbaikan, dan metabolisme sel kulit hingga bisa mencegah penuaan kulit, asal dengan kadar yang pas. Usahakan tubuh terkena paparan sinar matahari sekitar 10 sampai 20 menit setiap hari. Jika terlalu banyak, justru sinar matahari bisa mempercepat proses penuaan.

3. Turunkan Tekanan Darah

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, sinar matahari juga bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini bisa terjadi karena senyawa yang disebut nitric oxide yang dilepaskan ketika sinar matahari menyentuh kulit dilepaskan ke pembuluh darah.

Berdasarkan penelitian yang terdapat dalam Journal of Investigative Dermatology Suggests, paparan UVA bisa melebarkan pembuluh darah yang dapat menurunkan tekanan darah.

4. Cegah Kanker

Resiko kanker tertentu, seperti kanker kolorektal, prostat, kanker payudara serta limfoma non-Hodgkin a bisa lebih rendah karena paparan sinar matahari. Lagi-lagi, efek ini didapat dari vitamin D yang mengurangi risiko kanker dan meningkatkan kelangsungan hidup setelah kanker mencapai tahap terdeteksi.

5. Bantu Kuatkan Tulang

Manfaat energi matahari bagi manusia juga bisa dirasakan sebagai penguat tulang. Hal ini masih dipengaruhi oleh adanya vitamin D yang diperoleh melalui sinar matahari. Pasalnya, vitamin D memang punya peran penting dalam pembentukan kalsium dan menjaga kadar fosfor dalam darah.

Risiko kekurangan sinar matahari bisa sangat terasa bagi tulang. Pada anak-anak, misalnya, bisa menimbulkan rakhitis. Kekurangan vitamin D pada orang dewasa juga berhubungan dengan osteomalacia atau pelunakan tulang hingga osteoporosis. Oleh karena itu, penting menjaga asupan vitamin D bagi tulang.

2. Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia untuk Kesehatan Mental

Gambar

Selain kesehatan tubuh, manfaat energi matahari bagi manusia juga bisa kalian rasakan pada kesehatan mental seperti berikut ini.

6. Memperbagus Suasana Hati

Pernahkah kalian merasa lebih bahagia dan berbinar saat terpapar sinar matahari? Ternyata sinar matahari mendorong pelepasan serotonin dan endorfin yang merupakan hormon kebahagiaan. Dengan terkena paparan sinar matahari yang cukup, kalian dapat mengurangi depresi sehingga suasana hati jadi lebih baik.

Kurangnya paparan sinar matahari berkaitan dengan penurunan kadar serotonin yang bisa memicu stres. Sinar matahari yang masuk ke mata, area khusus di retina itulah yang bisa memicu pelepasan serotonin.

7. Memperbaiki Kualitas Tidur

Berdasarkan informasi dari Healthline, penelitian kecil pada pekerja kantoran tahun 2014 menunjukkan bahwa semakin banyak pencahayaan alami yang diterima, semakin baik pengalaman tidur mereka. Hal ini masih berkaitan dengan serotonin yang dilepaskan begitu sinar matahari mengenai retina.

Ketika paparan cahaya malam hari bisa mengganggu produksi hormon melatonin, justru sinar matahari bisa membantu tubuh mengatur jam internal untuk memproduksi melatonin yang cukup di malam hari.

8. Kesehatan Mental

Ketika suasana hati dan kualitas tidur baik, ini akan berpengaruh pada kesehatan mental kalian. Oleh karena itu, usahakan terkena paparan sinar matahari 10-15 menit dalam sehari untuk mendukung pelepasan hormon serotonin yang menjadi penyebab stres dan depresi.

3. Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia Secara Tidak Langsung

Gambar

9. Proses Fotosintesis Tanaman

Bisa dikatakan bahwa fotosintesis merupakan manfaat energi matahari bagi manusia secara tidak langsung. Meski fotosintesis hanya bisa dilakukan oleh tanaman, tapi manusia juga membutuhkan tanaman sebagai sumber makanan. Selain itu, manusia juga membutuhkan suplai oksigen dari tanaman agar tetap bisa bernapas.

Meski tak secara langsung, manfaat dari proses ini sangat bermanfaat bahkan manusia sangat bergantung pada hal ini.

10. Listrik Tenaga Surya

Sebagai energi terbarukan alias tak terbatas, energi matahari sangat potensial jika dijadikan sebagai sumber tenaga listrik. Energi listrik yang dihasilkan dari panel surya nantinya bisa digunakan untuk menjadi sumber penerangan pada malam hari juga sumber listrik untuk alat elektronik lainnya.

Selain ketersediaannya tak terbatas, pembangkit listrik dari energi matahari ini juga ramah lingkungan.

11. Penerangan

Matahari merupakan sumber penerangan langsung bagi makhluk hidup saat siang hari. Hal tersebut jelas sangat berguna. Apalagi manfaat energi matahari bagi manusia yang satu ini bisa kalian dapat secara gratis setiap harinya, sedangkan lampu memerlukan listrik yang tak murah harganya.

KLovers, itulah beberapa manfaat energi matahari bagi manusia yang secara sadar atau tidak bisa kalian nikmati setiap hari.

(Sumber: Liputan6.com, merdeka.com)

(kpl/gen/ans)

Reporter:   Galuh Esti Nugraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com