12 Kisah Bangsawan Nikahi Rakyat Biasa di Dunia Nyata

Guntur Merdekawan | Jum'at, 05 Juli 2019 09:15 WIB
Guntur Merdekawan | Jum'at, 05 Juli 2019 09:15

Kapanlagi.com - Hidup sebagai seorang bangsawan mungkin terdengar begitu menggiurkan. Ya memang begitu faktanya. Tapi jangan salah, sebagai bayaran dari segala kemewahan yang didapatkan, para bangsawan juga punya banyak peraturan ketat yang harus diikuti.

Zaman dulu, bangsawan kerajaan cuma boleh menikahi seseorang dengan derajat yang sama. Hal itu memang sudah jadi tradisi. Suka atau tidak, peraturan itu harus dituruti untuk tujuan politik, menjaga nama baik atau memperluas teritori.

Namun seiring berjalannya waktu, peraturan itu mulai melunak. Alasannya karena beberapa bangsawan mulai berani mendobrak stigma tersebut dan menikahi orang yang dicintainya, meski itu rakyat biasa.

Ya, kisah seorang bangsawan kerajaan menikahi rakyat biasa bukan cuma ada di film-film kok. Di dunia nyata, ada beberapa contoh yang sudah kita rangkum dalam 10 list di bawah ini..

1 Dari 12 Halaman

1. Raja Edward VIII - Wallis Simpson

Raja Edward VIII - Wallis Simpson © Toptenz
Mantan Raja Britania Raya, Raja Edward VIII sempat membuat heboh karena keputusannya untuk menikahi seorang wanita bernama Wallis Simpson yang bukan berasal dari keluarga bangsawan. Wallis merupakan seorang sosialita asal Amerika Serikat.

Edward dan Wallis menikah tahun 1963, namun tak pernah diterima keluarga kerajaan Inggris Raya sampai tiga puluh tahun kemudian pasca kematian Edward. Bisa dibilang ini adalah kisah nyata bangsawan menikahi rakyat jelata paling menyentuh yang pernah ada.

2 dari 12 halaman

2. Pangeran Harald - Sonja

Pangeran Harald - Sonja © Toptenz
Sonja Harladsen adalah wanita asal Swedia yang merupakan anak dari pedagang kayu di Oslo. Pada satu kesempatan, Ia bertemu dengan Pangeran Harald di sebuah pesta rakyat. Mereka tak lantas saling jatuh cinta, di mana selama 9 tahun lamanya mereka awalnya saling menyimpan perasaan masing-masing.

Status mereka yang sangat berbeda membuat keduanya harus sangat berhati-hati dalam mengambil tindakan. Tak heran jika pacaran mereka pun dilakukan secara diam-diam. 29 Agustus 1968 akhirnya Harald memberanikan diri untuk menikahi Sonja di Oslo. Tak disangka jika keputusan Harald itu dapat restu dari ayahnya, Raja Olav 5.

3 dari 12 halaman

3. Carl Gustaf - Silvia

Carl Gustaf - Silvia © Toptenz
Cerita serupa juga terjadi pada wanita asal Swedia bernama Silvia Sommerlath. Wanita yang lahir dari keluarga biasa ini awalnya bertemu dengan Putra Mahkota Swedia, Carl Gustaf pada gelaran Olimpiade di Munich tahun 1972 silam. Silvia kala itu bekerja sebagai host.

Setelah berkenalan, mereka saling jatuh cinta dan akhirnya pacaran secara sembunyi-sembunyi selama beberapa tahun lamanya. Carl lalu memberanikan diri untuk menikahi Silvia tahun 1976. Pernikahan ini mengangkat status Silvia jadi seorang Ratu Swedia.

4 dari 12 halaman

4. Raja Abdullah II - Ratu Rania

Raja Abdullah II - Ratu Rania © Toptenz
 

Seorang wanita kelahiran Palestina bernama Rania bisa dibilang beruntung. Setelah menyelesaikan pendidikan di Universitas Amerika di Kairo, Ia lantas bekerja di beberapa perusahaan ternama, seperti Apple dan Citibank. Karena urusan pekerjaan, Ia akhirnya secara tak sengaja bertemu dengan Pangeran Abdullah II yang kala itu merupakan calon Raja Yordania.

Tak disangka jika bibit-bibit cinta langsung tumbuh setelah pertemuan itu berlangsung. Tak lama setelahnya, mereka memutuskan untuk pacaran dan tunangan. Puncaknya, pada 22 Maret 1999 Rania dinikahi oleh Pangeran Abdullah II yang kala itu sudah resmi berstatus sebagai Seorang Raja.

5 dari 12 halaman

5. Pangeran Henri - Maria Teresa

Pangeran Henri - Maria Teresa © Toptenz
Pertemuan Maria Teresa Mestre dengan Grand Duke of Luxemburg, Pangeran Henri terjadi kala mereka kuliah di sebuah kampus di Jenewa. Setelah saling jatuh hati dan pacaran selama beberapa tahun, keduanya memutuskan untuk menikah pada tahun 1981.

Hubungan mereka tentunya ditentang keras oleh Ratu Josephine Charlotte yang merupakan ibu dari Henri. Namun cinta mereka rupanya begitu kuat, hingga akhirnya Henri naik tahta jadi Raja luxemburg dan Maria pun jadi permaisurinya.

6 dari 12 halaman

6. Akihito - Michiko

Akihito - Michiko © Toptenz
Putra Mahkota Jepang, Akihito juga melakukan hal yang begitu sensasional karena pernikahannya dengan wanita dari keluarga biasa bernama Michiko Shoda. Akihito merupakan bangsawan kerajaan pertama yang mendobrak peraturan jika anggota kerajaan harus menikahi pasangan yang statusnya sederajat.

Pertemuan mereka berawal di sebuah pertandingan tenis di Karuizawa. Setelah menjalin hubungan bertahun-tahun lamanya, mereka ditasbihkan sebagai Kaisar dan Permaisuri Jepang pada 12 November 1990. Tapi tentu saja, perjuangan mereka hingga ke titik itu tidaklah mudah.

7 dari 12 halaman

7. Mohammed - Lalla Salma

Mohammed - Lalla Salma © Toptenz
Seorang wanita asal Maroko bernama Lalla Salma adalah putri dari seorang guru. Ia sempat bekerja di sebuah perusahaan pengelolaan aset kerajaan Arab bernama ONA grup.

Tahun 1999, Lalla bertemu dengan Raja Mohammed VI di sebuah pesta dan mereka jatuh cinta pada pandangan pertama. Ketika dilamar, Lalla dengan berani mengajukan berbagai syarat, seperti salah satunya dirinya tak mau dipoligami. 13 Juli 2002 mereka akhirnya memutuskan untuk menikah.

8 dari 12 halaman

8. Pangeran Felipe - Letizia Ortiz

Pangeran Felipe - Letizia Ortiz © Toptenz
Pangeran Felipe adalah putra ketiga dari Ratu Sofia dan Raja Juan Carlos. Tahun 2004 silam Ia mendobrak stigma pernikahan sesama bangsawan dengan menikahi wanita bernama Letizia Ortiz Rocasolano.

Letizia merupakan seorang jurnalis dan reporter berita. Pertemuan pertama mereka juga terjadi kala Letizia tengah liputan mengenai tenggelamnya kapal tanker minyak Prestige. Keduanya lalu jatuh cinta dan memutuskan untuk pacaran secara diam-diam. Pernikahan mereka resmi digelar pada 22 Mei 2004.

9 dari 12 halaman

9. Ayako - Kei Moriya

Tahun 2018 lalu, puteri kekaisaran Jepang, Ayako dinikahi oleh seorang rakyat biasa bernama Kei Moriya. Karena pernikahan itu, Ayako harus rela melepas gelar kerajaannya dan hidup bersama suami sebagai orang biasa.

Kei adalah seorang karyawan perusahaan pelayaran Nippon Yusen. Kisah perjumpaan bermula saat ibu mereka saling bertemu. Ibunda Ayako mengenalkan putrinya kepada Kei, tujuannya untuk membangkitkan semangat Ayako dalam membela hak asasi manusia di Jepang. Tak disangka, pertemuan itu justru membuat keduanya saling jatuh cinta.

10 dari 12 halaman

10. Putri Mahkota Victoria - Daniel Westling

Putri Mahkota Victoria - Daniel Westling © Toptenz
Putri Victoria merupakan anak sulung dari Ratu Silvia dan Raja Carl XVI Gustaf. Ia merupakan calon pewaris tahta Swedia. Pada satu kesempatan, Victoria jatuh cinta pada pelatih pribadinya yang bernama Daniel Westling.

Meski bukan dari kalangan bangsawan, namun Daniel sudah sangat paham betul dengan tata aturan dan etika kerajaan karena Ia pernah masuk 'Sekolah pangeran'. Victoria dan Daniel menikah pada 19 Juni 2010.

11 dari 12 halaman

11. Pangeran William - Kate Middleton

Pangeran William - Kate Middleton © AFP
Pangeran William adalah putra sulung dari pasangan bangsawan, Pangeran Charles dan almarhum Diana. Ia merupakan sosok bangsawan kerajaan Inggris pertama yang menikahi rakyat biasa, yakni Kate Middleton.

Awalnya mereka bertemu ketika sama-sama duduk di bangu kuliah. Setelah lama berteman, mereka akhirnya saling jatuh cinta satu sama lain. Mereka lantas pacaran selama bertahun-tahun di mana akhirnya Pangeran William melamar Kate pada tahun 2010 ketika mereka menjalani perjalanan romantis ke Kenya. Setahun setelahnya, Pangeran William dan Kate akhirnya resmi menikah.

12 dari 12 halaman

12. Pangeran Harry dan Meghan Markle

Pangeran Harry dan Meghan Markle © Splash
Mengikuti jejak sang kakak, Pangeran Harry juga menikahi seorang wanita yang bukan dari kalangan kerajaan, yakni Meghan Markle. Pertemuan mereka bisa dibilang unik, yakni melalui sebuah kencan buta karena dikenalkan teman.

Seperti diketahui, Meghan kala itu berstatus sebagai janda. Namun rupanya hal itu tak membuat cinta Pangeran Harry padanya surut. Selama beberapa bulan mereka memutuskan untuk pacaran secara diam-diam hingga akhirnya pada November 2017 Pangeran Harry melamar Meghan, dilanjutkan dengan pernikahan pada 19 Mei 2018 lalu.

(kpl/gtr)


Editor:  

Guntur Merdekawan

Join Kapanlagi.com