13 Cara Hilangkan Kantung Mata Secara Alami, Mudah Dan Bikin Rileks, Coba Deh!

Editor Kapanlagi.com | Selasa, 25 Juni 2019 15:53 WIB
13 Cara Hilangkan Kantung Mata Secara Alami, Mudah Dan Bikin Rileks, Coba Deh!

Kapanlagi.com - Memiliki wajah yang bersih dan cerah adalah dambaan semua orang, apalagi bagi seorang wanita. Kulit yang bersih tanpa masalah kulit menjadi hal yang paling diimpikan oleh semua orang. Namun, kesehatan dan perawatan pada sekitar area mata juga tak kalah penting lho. Sering kali orang menjadi tidak percaya diri karna memiliki kantung mata yang besar dan hitam. Jangan khawair, kini banyak cara hilangkan kantung mata secara alami dengan mudah lho.

Kantung mata muncul disebabkan oleh banyak faktor. Umumnya kantung mata muncul dikarenakan kurangnya jam tidur, gaya hidup yang kurang sehat, perubahan hormon, stress, dan masih banyak lagi factor pemicu lainnya. Hal tersebut mungkin terdengar sepele, tetapi juga berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Jangan khawatir KLovers, ada banyak cara hilangkan kantung mata secara alami yang dapat kamu terapkan dengan mudah. Selain kantung mata akan menghilang setelah mengikuti cara-cara ini, KLovers juga akan merasakan sensasi nyaman dan rileks lho. Yuk coba cara-cara menghilangkan kantung mata secara alami dibawah ini!

1. Minum air mineral

Salah satu faktor penyebab munculnya kantung mata adalah kurang minum air mineral. Oleh karena itu, cara menghilangkan kantung mata yang alami dan sederhana adalah jangan lupa untuk minum delapan gelas air mineral setiap harinya. Meski remeh, 80% tubuh manusia terdiri dari air. Maka disaat tubuh kekurangan air, tentu saja akan berakibat fatal. Jangan lupa juga untuk menghindari konsumsi alkohol ataupun minuman yang mengandung kafein agar kantung mata kendur hilang. Dua jenis minuman tersebut dapat mengurangi proses penyerapan cairan dalam tubuh, sehingga membuat tubuh mengalami dehidrasi.

2. Mentimun

Menempelkan irisan mentimun pada area mata merupakan cara menghilangkan kantung mata yang sudah diketahui oleh banyak orang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mentimun memiliki banyak khasiat luar biasa untuk kesehatan mata.

Adanya kandungan vitamin A, B, dan C, serta kandungan air yang tinggi dan berbagai mineral seperti kalium, magnesium atau silikon sangat baik untuk mendukung mata agar sehat dan terlihat segar. Dalam mentimun terdapat pula sifat astrigen yang berguna untuk melancarkan peredaran darah pada bagian lapisan permukaan kulit. Dengan menaruh seiris mentimun di mata, maka akan membantu mengurangi kantung mata besar yang hitam yang mengganggu penampilan.

Langkah-langkah menggunakan mentimun untuk menghilangkan kantung mata sangat mudah :

  1. Iris mentimun segar dengan ketebalan 0,5 cm.
  2. Tempelkan irisan mentimun tersebut pada mata sembari merebahkan diri.
  3. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.

3. Es Batu

Selain sebagai bahan campuran minuman dingin, es batu juga dapat menghilangkan kantung mata lho. Metode pengobatan dan perawatan yang sangat murah dan paling gampang adalah menempelkan es batu ke area mata. Es batu dapat mengontrol peradangan akibat aktivitas atau tekanan berlebihan pada plantar fascia (jaringan). Caranya sangat mudah, ambil es batu seperlunya, balut dengan handuk atau masukkan ke dalam kantung plastik, kemudian mengoleskannya pada area kantung mata. Oleskan secara perlahan dan berkala selama 30 menit.

Namun yang harus diingat adalah jangan pernah menggunakan es yang terlalu banyak untuk setiap kali perawatan karena dapat memunculkan masalah kulit yang baru. Usahakan juga untuk tidak mengoleskan langsung es batu ke wajah. Ini akan merusak pembuluh kapiler di bawah kulit.

4. Kantung Teh

Apakah KLovers sering menjamu tamu dengan teh? Jika iya, kantung tehnya jangan cepat-cepat dibuang. Kantung teh ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya bisa menjadi satu alternatif cara menghilangkan kantung mata yang cepat. Kandungan tanin yang ada dalam kantung teh dapat menyempitkan pori-pori dan mengencangkan kulit secara alami.

Langkah-langkah menggunakan kantung teh sebagai alternatif cara menghilangkan kantung mata secara alami:

  1. Siapkan dua kantung teh bekas (bisa teh biasa ataupun teh hijau)
  2. Celupkan kantung teh ke dalam air dingin sekitar 10 menit.
  3. Tempelkan kantung teh tersebut pada area mata yang menghitam.
  4. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

5. Minyak Zaitun

Minyak yang satu ini memang memiliki segudang manfaat untuk kecantikan, salah satunya dapat menghilangkan kantung mata. Kandungan antioksidan yang terdapat pada minyak zaitun dapat mencerahkan kelopak mata yang gelap selain juga menghidrasi dan melembabkan kulit. Bagaimana caranya? Mudah banget kok kamu cukup mengoleskan minyak zaitun ke area kantung mata sambil pijat secara perlahan. Gunakan setiap hari sebelum tidur ya untuk dapat menghilangkan kantung mata secara optimal.

6. Lidah buaya

Cara menghilangkan kantung mata secara alami yang bisa kamu coba selanjutnya yakni dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya yang mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin E, A dan C dapat bermanfaat memperbaiki kondisi sekaligus menutrisi kulit sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin menghilangkan mata panda maupun kantung mata. Selain itu, lidah buaya dapat membuat sensasi rileks bagi tubuh dan pikiran lho! Kamu bisa mengaplikasikan cara menghilangkan kantung mata menggunakan lidah buaya secara rutin sebelum tidur ya. Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan yakni :

  1. Potong lidah buaya dan ambil gelnya
  2. Oleskan gel lidah buaya pada bagian bawah mata yang menghitam
  3. Kemudian, biarkan selama 15 menit
  4. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

7. Putih Telur

Bahan alami yang kaya akan protein ini memiliki banyak manfaat bagi kita baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Salah satu manfaatnya yakni putih telur dapat membantu mengencangkan kulit, sehingga putih telur sangat pas kamu gunakan untuk menghilangkan kantung mata. Cara pengaplikasiannya yaitu seperti berikut ini :

  1. Siapkan 1 butir telur dan pisahkan putih dengan kuningnya
  2. Lalu, oleskan putih telur pada area kantung mata yang menghitam
  3. Diamkan dulu selama 20 menit atau hingga mengering
  4. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat

8. Lemon

Seperti yang kita tahu, lemon memiliki kandungan vitamin C tinggi yang bisa kamu gunakan untuk mengusir kantung mata yang mengganggu. Tak hanya dapat mencerahkan, buah yang memiliki rasa masam ini dapat menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Sama halnya dengan mentimun, kamu bisa menggunakan lemon dengan cara memotongnya secara melingkar lalu tempelkan pada kedua mata selama 10-15 menit. Selain mengaplikasikannya secara langsung, kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan susu lemak dengan cara mencampurkan 1 sdt jus lemon dengan 1 sdt penuh susu lemak, lalu aplikasikan pada kantung mata dengan kapas yang sudah dicelupkan ke dalam campuran keduanya. Tunggu sampai kering, setelah itu bilas hingga bersih. Kamu bisa mengulang cara ini sebanyak 2 kali sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

9. Tomat

Satu lagi bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan kantung mata yakni tomat. Tak hanya menyegarkan dan menghilangkan lingkaran hitam, tomat juga bisa menghaluskan kulit. Tomat dapat menyegarkan kulit dan memberi sensasi tenang lho. Caranya sangat mudah yakni kamu cukup potong tomat secara melingkar dan tempelkan pada area mata. Kemudian, diamkan selama 30 menit. Selain itu, kamu juga bisa mencampurnya bersama lemon dengan cara haluskan tomat terlebih dulu, lalu tambahkan sedikit lemon. Kemudian, aplikasikan pada area kantung mata dan diamkan hingga kering. Setelah itu, baru bersihkan dengan air hingga bersih.

11. Madu

Cara menghilangkan kantung mata secara alami yang lainnya yakni dengan menggunakan madu. Kandungan vitamin di dalam madu yang dapat meregenerasi kulit sangat bermanfaat untuk menghilangkan kantung mata. Terlebih, madu juga dapat mengangkat sel kulit mati dan melembabkan kulit sehingga tak hanya kantung mata teratasi, namun juga lingkaran hitam di bawah mata. Kamu bisa menggunakan cara yang satu ini pada malam hari sebelum tidur secara rutin ya. Begini caranya :

  1. Siapkan madu murni secukupnya
  2. Kemudian, aplikasikan madu pada kantung mata dan diamkan selama 20 menit
  3. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih

12. Kunyit

Salah satu khasiat dari rempah yang identik dengan warna kuning ini yaitu dapat menyegarkan kulit yang lelah dan kendur sekaligus juga dapat menghaluskan. Selain itu, kandungan antioksidan yang bersifat sebagai anti-inflamasi dalam kunyit dapat membantumu menghilangkan mata panda. Nah, jadi sangat pas nih jika kamu menggunakan bahan alami yang satu ini untuk menghilangkan kantong mata sekaligus juga melembutkan. Langkah pembuatannya sendiri yakni :

  1. Haluskan kunyit secukupnya, lalu tempelkan pada area kantung mata
  2. Diamkan dulu hingga 20 menit
  3. Seteelah itu, cuci muka dengan menggunakan air dingin

13. Air mawar

Air mawar memang sudah dikenal memiliki banyak manfaat dalam dunia kecantikan. Mulai dari membantu mencerahkan kulit hingga mencegah penuaan dini. Selain itu, ternyata air mawar juga bisa bermanfaat menghilangkan kantung mata sekaligus mata panda lho. Nah, praktis bukan? Terlebih untuk kamu yang memiliki masalah keduanya. Caranya, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Siapkan air mawar secukupnya
  2. Kemudian, celupkan kapas ke dalam air mawar dan tempelkan pada mata selama 15 menit
  3. Setelah itu, cucilah muka dengan menggunakan air hangat

Nah, begitu banyak bukan bahan alami dan sederhana yang dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan kantung mata ini. Selain memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, bahan-bahan alami ini juga penerapannya cukup mudah dan dapat membuat kamu merasa rileks saat memakainya. Tunggu apalagi? Selamat mencoba.

Penulis : Artamevia Faberta Elvanda

(kpl/mag)

Join Kapanlagi.com