Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Manfaat Bio Oil dan Kandungannya untuk Kecantikan - Kesehatan Kulit Juga Rambut

Editor KapanLagi.com | Rabu, 01 September 2021 14:33 WIB
Manfaat Bio Oil dan Kandungannya untuk Kecantikan - Kesehatan Kulit Juga Rambut

Kapanlagi.com - Manfaat bio oil untuk kecantikan dan kesehatan sudah cukup dikenal publik. Kepercayaan publik terhadap bio oil bukan tanpa alasan. Manfaatnya bagi kecantikan dan kesehatan memang telah teruji, salah satunya dibuktikan lewat berbagai penghargaan yang didapat di 11 negara sejak diluncurkan tahun 2002.

Tak heran, jika sekarang pun kalian penasaran dengan kandungan dan manfaat bio oil yang termasyhur itu. Selain untuk jurus andalan dalam merawat luka hingga menghilangkan stretch mark bio oil juga bisa kalian gunakan untuk perawatan sehari-hari, lho, KLovers!

Lalu, apa saja sih kandungan bio oil hingga bisa menjadi solusi berbagai masalah kecantikan? Agar lebih yakin untuk menggunakannya, langsung saja simak informasi mengenai kandungan dan manfaat bio oil bagi kecantikan dan kesehatan yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Kandungan Bio Oil

Gambar

Manfaat bio oil yang bisa kalian dapat itu tak bisa lepas dari berbagai kandungan di dalamnya. Tak hanya satu atau dua, minyak ini punya berbagai kandungan yang berkhasiat seperti berikut ini.

-Vitamin E

Vitamin E tinggi antioksidan dan bisa mencegah kerutan atau tanda-tanda penuaan pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Tk hanya itu, kalian juga bisa mendapat efek halus, lembut, dan kenyal berkat kehadiran vitamin E dalam bio oil karena bisa meningkatkan kadar air pada lapisan kulit.

-Vitamin A

Bio oil juga mengandung vitamin A yang bisa mempercepat pembentukan kolagen. Oleh karena itu, manfaat bio oil untuk mendukung pertumbuhan sel kulit baru bisa kalian dapatkan. Dengan begitu, elastisitas, tekstur, hingga warna kulit bisa tetap terjaga jika memakainya secara rutin.

-Minyak Purcellin

Dalam komposisi bio oil terdapat minyak purcellin yang sudah dipatenkan. Dengan adanya kandungan ini, bio oil jadi tak terlalu kental dan lebih mudah diaplikasikan dan diserap oleh kulit. Tugas minyak purcellin di sini sebagai emolien yang menjaga kelembutan dan kelenturan kulit.

-Minyak Calendula

Manfaat bio oil dalam merawat kulit rusak bisa kalian dapat dari minyak calendula ini. Minyak ini bertugas untuk meregenerasi sel pada kulit yang sensitif dan rusak terbakar sinar matahari. Minyak ini juga bisa mengurangi peradangan sehingga cocok jika digunakan untuk mengatasi infeksi kulit ringan, seperti ruam dan iritasi.

-Minyak Chamomile

Minyak chamomile juga memiliki zat aktif antiradang yang artinya akan mendukung tugas kandungan lain dalam bio oil untuk menenangkan dan menyejukkan kulit. Efek minyak ini baik untuk kulit sensitif.

-Minyak Lavender

Minyak lavender dipercaya bisa memelihara kesehatan kulit. Tugas minyak ini dalam bio oil, yaitu sebagai antiseptik alami yang bisa menenangkan kulit.

-Minyak Rosemary

Tugas sebagai antiseptik dalam bio oil juga dipegang oleh minyak rosemary. Oleh karena itu, bio oil bisa menyegarkan dan melembabkan kulit ketika kalian rutin mengoleskannya.

2. Manfaat Bio Oil untuk Kulit

Gambar

Untuk mengetahui manfaat bio oil untuk kesehatan kulit, silakan simak informasi berikut ini.

1. Menyamarkan Bekas Luka

Bio oil bisa mendorong proses regenerasi dan mencegah kerusakan sel-sel kulit. Jika kalian punya bekas luka, seperti bekas luka bakar, gores, atau operasi yang mungkin bikin tak percaya diri, oleskan bio oil ini yang cukup efektif untuk menyamarkannya. Dengan begitu, kalian bisa kembali tampil dengan percaya diri.

2. Mengurangi Stretch Mark

Stretch mark merupakan garis-garis yang muncul sebab peregangan kulit yang terjadi secara cepat. Kasus ini biasanya terjadi saat kehamilan atau kenaikan berat badan secara singkat. Jika diperhatikan, sebenarnya tak ada yang salah dengan stretch mark. Namun, jika kalian secara pribadi merasa tak nyaman dengan efek gatal atau nyeri yang timbul, berusaha menghilangkannya pun sah-sah saja dilakukan

Apalagi, jika keberadaan stretch mark ini sudah mengganggu keseharian kalian dan menurunkan rasa percaya diri dan mempengaruhi produktivitas. Nah, bagi kalian yang hamil, bio oil ini juga bisa berguna untuk mencegah kemunculan stretch mark, lho! Karena jelas saat hamil terjadi peregangan kulit yang kemungkinan besar bisa menyebabkan stretch mark.

3. Mengatasi Bekas Jerawat

Manfaat bio oil ini bisa terasa efektif pada bekas jerawat yang muncul kurang dari satu tahun. Meski bisa juga mengatasi bekas jerawat yang lama, hasilnya jadi tak terlalu maksimal. Maka, begitu muncul bekas jerawat, segera saja oleskan bio oil ini.

4. Mengatasi Kulit Kering atau Pecah-Pecah

Kulit pecah-pecah ini umumnya ditemukan pada bagian tumit, lutut, dan siku yang punya kondisi terlalu kering. Jika kalian rutin mengoleskan bio oil, kulit di bagian tersebut akan terasa lebih lembut dan lembab karena terhidrasi. Dengan begitu, kulit pecah-pecah bisa turut sembuh.

3. Manfaat Bio Oil untuk Kulit Lainnya

Gambar

Selain khasiat yang sudah disebutkan di atas, manfaat bio oil untuk kulit juga bisa kalian rasakan pada keluhan berikut ini.

5. Mencerahkan Kulit

Kulit yang kusam cenderung bikin penampilan seseorang jadi tak segar. Agar kulit tampak bercahaya, sehat menjadi kuncinya. Nah, salah satu cara yang bisa kalian tempuh untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya, yakini dengan mengoleskan bio oil secara rutin di area kulit yang kusam.

6. Meratakan Warna Kulit

Pernahkah kalian mendapati warna kulit yang tidak merata? Kondisi tersebut biasanya disebut juga belang karena ada bagian yang terlalu terpapar sinar matahari. Ada juga kondisi ketika kulit mengalami hiperpigmentasi (flek hitam). Nah, bio oil bisa membantu kalian meratakan warna kulit dengan masalah tersebut, lho, KLovers!

7. Mencegah Penuaan Dini

Jika kalian mendapati tanda penuaan, seperti keriput dan noda hitam saat usia masih terlalu muda, coba periksa dahulu pola hidup kalian. Kemunculan tanda penuaan itu biasanya dipicu pola hidup yang tidak seimbang. Seimbangkan dulu pola hidup kalian dan atasi tanda penuaan dini itu dengan bio oil. Berbagai kandungan di dalamnya dipercaya untuk meminimalisir kerutan, mencegah radikal bebas, dan menghaluskan kulit.

8. Masker Mata

Saat kalian terlalu lelah karena bedagang atau tak bisa tidur, biasanya akan muncul mata panda. Bio oil bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara mengoleskan bio oil di area bawah mata. Hal itu akan menenangkan kulit yang menghitam atau memerah. Gunakan masker ini saat sebelum tidur.

9. Berguna Sebagai Face Oil

Mungkin, dari tadi kalian membaca bahwa manfaat bio oil banyak digunakan untuk mengatasi masalah. Namun sebenarnya, bio oil juga bisa digunakan untuk face mask. Meski minyak, bio oil bersifat non-komedonik yang tidak akan menyumbat pori-pori kalian. Nah, jika tipe kulit kalian berminyak, perlu dipastikan dulu bahwa rangkaian skincare lainnya sesuai agar tak memicu minyak berlebih pada wajah.

4. Manfaat Bio Oil untuk Rambut dan Kuku

Gambar

10. Gunakan Sebagai Tahap Awal Bercukur

Kalian sering mendapat luka gores saat bercukur? Nah, bio oil bisa jadi solusi bagi kalian agar terhindar dari goresan saat berusaha menghilangkan rambut pada tubuh. Caranya, cukup oleskan bio oil pada area kulit yang akan dicukur.

11. Meredakan Kepala yang Gatal

Kalian boleh mengaplikasikan bio oil di kulit kepala saat terasa gatal. Pemakaiannya pun cukup beberapa tetes yang dicampurkan sampo ketika keramas. Dengan begitu, kulit kepala yang kering bisa jadi lebih lembab dan bisa mengurangi pengelupasan atau rasa gatal.

12. Menjaga Kelembaban Rambut

Tentu kalian tahu bahwa tak hanya kulit yang butuh hidrasi, rambut juga. Manfaat bio oil ini bisa kalian rasakan untuk melembabkan rambut juga, lho, KLovers! Kandungan di dalamnya bisa berguna untuk melembabkan batang rambut. Ingat ya, batang rambut, dan bukan kulit kepala karena dapat menyebabkan lepek, tentu itu bikin penampilan tidak 'oke' saat akan pergi.

13. Gunakan Pada Rangkaian Manikur

Sebenarnya, tak hanya kulit dan rambut, manfaat bio oil juga bisa kalian rasakan pada saat perawatan kuku. Setetes bio oil bisa kalian pijatkan pada kulit area kuku atau kutikula. Hal tersebut bisa menutrisi, melembabkan, dan mempercantik kuku yang tak mudah mengelupas atau tampak bersisik.

Nah, itulah penjelasan tentang kandungan dan manfaat bio oil bagi kecantikan dan kesehatan tubuh. Pengetahuan ini penting untuk kalian memutuskan perawatan terbaik bagi tubuh.

(Sumber: sehatq.com, popbela.com)

(kpl/gen/ans)

Editor:   Anik Setiyaningrum

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com