Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

16 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Cepat, Mudah dan Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 27 Agustus 2021 16:44 WIB
16 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Cepat, Mudah dan Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Kapanlagi.com - Bisa berbahasa Inggris bisa dikatakan sebagai kebutuhan pada zaman sekarang. Cara belajar bahasa Inggris yang cepat, mudah, dan efektif makin dicari banyak orang. Hal tersebut wajar dilakukan karena kondisi sosial di dunia ini seperti tak ada batasnya lagi.

Setiap orang merasa perlu bisa berbahasa Inggris untuk menjalin komunikasi dengan orang asing. Bisa jadi karena tuntutan kerja, bisnis, atau pergaulan. Hal-hal tersebut biasanya jadi alasan bagi seseorang untuk mencari tahu cara belajar bahasa Inggris yang cepat.

Nah, jika kalian termasuk orang yang sedang gencar meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, langsung saja simak informasi lengkap mengenai tata cara belajar bahasa Inggris yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

 

 

1. Cara Belajar Bahasa Inggris yang Cepat

Gambar

1. Manfaatkan Aplikasi Bahasa Inggris

Teknologi yang semakin berkembang memudahkan setiap orang dalam belajar, termasuk belajar bahasa asing. Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat bisa kalian tempuh melalui berbagai fitur aplikasi. Bahkan, beberapa aplikasi juga didukung dengan fitur offline yang memungkinkan kalian untuk tetap bisa belajar tanpa koneksi internet.

2. Dengarkan Audio Percakapan Bahasa Inggris

Selain lewat aplikasi, cara belajar bahasa Inggris juga bisa kalian tempuh lewat kemudahan teknologi lain, misalnya rekaman audio atau podcast. Kalian bisa mengakses secara bebas konten yang akan membantu memperdalam kemampuan berbahasa. Belajar grammar, pronunciation, vocabulary, dan lain sebagainya bisa kalian lakukan dengan mengakses konten geratis tersebut.

3. Tonton Film Berbahasa Inggris

Aktivitas menyenangkan seperti menonton film juga bisa menjadi cara belajar bahasa Inggris yang cepat, lho, KLovers! Jika belum bisa menonton tanpa subtitle, tetap gunakan subtitle dalam bahasa Inggris. Subtitle bahasa Indonesia boleh kalian gunakan, asal tak terlalu sering.

4. Perbanyak Kata Dasar Bahasa Inggris

Jika kalian merupakan seorang pemula, memperbanyak kata dasar bahasa Inggris bisa jadi pilihan. Kata dasar yang dimaksud, yakni kosakata yang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

5. Rutin Membuka Kamus Bahasa Inggris

Saat membuka kamu, pastikan kalian membacanya untuk memperkaya kosakata.

2. Cara Belajar Bahasa Inggris yang Mudah

Gambar

6. Dengarkan Lagu Bahasa Inggris dan Tulis Liriknya

Bagi kalian pecinta musik, cara belajar bahasa Inggris yang mudah ini bisa jadi solusi. Namun, tak hanya mendengarkan, kalian juga perlu memperhatikan baik-baik, mencari lirik aslinya, kemudian pahami maknanya. Kemudian dengarkan ulang dan catat liriknya. Cara ini cukup membantu kemampuan listening kalian.

7. Berbicara Sendiri Pakai Bahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris yang satu ini bisa kalian lakukan sebelum bicara dengan orang lain. Kalian bisa melihat diri kalian sendiri bicara dalam bahasa Inggris di depan cermin.

8. Gunakan Mesin Penerjemah

Ada beberapa hal yang bisa kalian manfaatkan dari mesin penerjemah ini. Selain bisa menerjemahkan, mesin ini bisa mengeluarkan audio untuk membantu kalian mengucapkan kosakata yang belum kalian ketahui.

9. Ngobrol dengan Orang Mahir Berbahasa Inggris

Jika kebetulan kalian punya teman yang mahir berbahasa Inggris, kalian bisa meminta tolong kepadanya untuk melakukan percakapan. Hal ini akan cukup membantu kemampuan speaking kalian.

10. Berteman dengan Orang Luar Negeri

Selain ngobrol dengan orang yang mahir berbahasa Inggris, berteman dengan orang luar negeri bisa menjadi cara belajar bahasa Inggris yang cukup mudah. Bahkan, sekarang ini hubungan antar negara seolah tak terbatas lagi. Ketika berteman dengan mereka, mau tak mau kalian harus menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi.

11. Pelajari Kata Bahasa Inggris yang Sulit

Cara belajar bahasa Inggris yang mudah ini bisa membantu kalian membiasakan diri menghadapi kosakata sulit. Artinya, saat kalian menemukan kata tak sulit dimengerti, kalian harus mencarinya. Kalian harus mencatatnya bila perlu, hafalkan arti dan maknanya juga.

3. Cara Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

Gambar

12. Membaca Literatur Bahasa Inggris

Salah satu cara belajar bahasa Inggris yang efektif, yakni membaca literatur dalam bahasa tersebut. Dengan begitu, kalian bisa melatih kemampuan reading dan akan menambah perbendaharaan kata-kata yang kalian miliki.

13. Menulis Dalam Bahasa Inggris

Saat kosakata kalian sudah banyak, tak ada salahnya untuk mulai menulis apa saja dalam bahasa Inggris. Ini merupakan salah satu latihan untuk meningkatkan kemampuan kalian dalam menulis (writing).

14. Kursus

Kursus merupakan cara belajar bahasa Inggris yang efektif dan sudah banyak terbukti. Pasalnya, cara ini bisa mengawal perkembangan kalian setiap hari. Tak hanya itu, banyak fasilitas menarik yang ditawarkan oleh lembaga kursus. Bahkan ada lembaga yang menawarkan pilihan, ingin mendapat kelas dengan guru dari Indonesia atau luar negeri.

15. Jadikan Kebiasaan

Nah, hal ini bisa dikatakan sebagai kunci. Jika kalian sudah mencoba banyak cara, tapi tak kalian imbangi dengan pembiasaan maka bisa jadi sia-sia.

16. Jangan Takut Salah

Takut berbuat salah hanya akan menjadi hambatan bagi kalian. Apalagi dalam konteks belajar bahasa asing, berbuat kesalahan merupakan hal yang sangat wajar. Justru jika kalian berbuat salah, jadikan pengingat untuk kalian belajar lebih giat lagi.

Nah, KLovers, itulah beberapa cara belajar bahasa inggris yang cepat, mudah, dan efektif. Tentu saja, cara-cara di atas sangat layak untuk dicoba.

(kpl/gen/ans)

Editor:   Anik Setiyaningrum

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com