17 Penyebab Gagal Ginjal dan Faktor Risikonya, Ketahui Juga Jenis Pengobatannya

Rabu, 04 Agustus 2021 10:11 WIB
17 Penyebab Gagal Ginjal dan Faktor Risikonya, Ketahui Juga Jenis Pengobatannya

1. Penyebab Gagal Ginjal Akut dan Kronis

Ada dua kondisi yang bisa terjadi karena gangguan kesehatan pada organ ginjal. Di antaranya yakni gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Gagal ginjal akut adalah kondisi ginjal yang mengalami kerusakan secara mendadak. Sedangkan gagal ginjal kronis adalah kondisi kesehatan ginjal mengalami penurunan secara bertahap atau berlanjut. Berikut ini penyebab gagal ginjal akut dan kronis.

1. Kondisi Medis

Penyebab gagal ginjal kronis dapat terjadi karena kondisi medis tertentu. Di antara kondisi medis penyebab gagal ginjal kronis meliputi penyakit diabetes, hipertensi, ataupun asam urat. Di mana beberapa kondisi medis tersebut bisa mendasari terjadinya gagal ginjal kronis yang terjadi secara bertahap bahkan jangka panjang.

Sedangkan pada gagal ginjal akut, penyebab terjadinya gangguan kesehatan tersebut dapat terjadi karena terhambatnya aliran darah menuju ginjal. Melansir dari halodoc.com, terhambatnya aliran darah penyebab gagal ginjal akut bisa terjadi karena beberapa faktor seperti gangguan pembuluh darah, tekanan darah yang tidak normal, ataupun volume darah yang rendah.

2. Efek Samping Obat Tertentu

Beberapa jenis obat tertentu juga dapat menjadi penyebab gagal ginjal. Di antara jenis obat tersebut sebagian besar memiliki efek samping menghambat aliran darah menuju ginjal. Akibatnya, organ ginjal tidak mendapatkan cukup pasokan darah yang akhirnya mengganggu fungsi kerja ginjal. Misalnya saja obat untuk anti inflamasi non-steroid (OAIND) ataupun obat hipertensi diketahui bisa jadi penyebab gangguan ginjal.

3. Infeksi Bakteri ataupun Virus

Penyebab gagal ginjal selanjutnya dapat dipicu oleh infeksi bakteri dan virus. Misalnya saja infeksi virus hepatitis ataupun infeksi saluran kemih bisa berisiko mengembangkan gagal ginjal karena mengalami peradangan.

(kpl/nlw)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com