17 Penyebab Gagal Ginjal dan Faktor Risikonya, Ketahui Juga Jenis Pengobatannya

Rabu, 04 Agustus 2021 10:11 WIB
17 Penyebab Gagal Ginjal dan Faktor Risikonya, Ketahui Juga Jenis Pengobatannya

2. Penyebab dan Faktor Risiko Gagal Ginjal Karena Makanan Tertentu

Beberapa penyebab gagal ginjal juga dapat dipicu oleh makanan tertentu yang jarang disadari. Misalnya saja terlalu berlebihan konsumsi makanan mengandung garam ataupun makanan tinggi natrium. Berikut ulasannya tentang penyebab gagal ginjal karena kebiasaan tertentu.

4. Berlebihan Konsumsi Makanan Mengandung Garam

Penyebab gagal ginjal karena kebiasaan tertentu dapat dipicu oleh terlalu berlebihan konsumsi makanan mengandung garam. Sebab garam diketahui dapat mengganggu fungsi kerja ginjal. Di mana fungsi kerja ginjal yang terhambat tersebut berkaitan dengan proses penyaringan dan pembuangan limbah dan racun dalam tubuh. Selain itu, garam juga bisa memicu tekanan darah tinggi serta mengganggu kesehatan jantung.

5. Konsumsi Berlebih Makanan Tinggi Natrium

Makanan tinggi natrium juga bisa menjadi penyebab dan faktor risiko gagal ginjal. Beberapa jenis makanan tinggi natrium dapat ditemukan dalam garam, saus, kecap, ataupun asinan. Sama seperti penyebab gagal ginjal karena terlalu berlebih konsumsi garam, natrium juga dapat mengganggu fungsi kerja ginjal. Di mana natrium bisa berpengaruh pada kenaikan tekanan darah yang menyebabkan kerusakan ginjal secara bertahap.

6. Berlebihan Konsumsi Daging

Siapa sangka daging juga termasuk makanan penyebab gagal ginjal yang jarang disadari. Ini dapat terjadi ketika kalian konsumsi terlalu berlebihan daging yang mengandung protein tinggi. Meski protein sangat diperlukan tubuh, berlebihan mendapatkan asupan ini juga berpotensi menyebabkan gangguan ginjal. Untuk itulah kalian bisa menyeimbangkan dengan sayur ataupun buah.

7. Konsumsi Berlebih Makanan Tinggi Gula

Penyebab gagal ginjal selanjutnya juga dapat dipicu oleh makanan tinggi gula. Sebab makanan tinggi gula bisa memicu risiko hipertensi yang juga berkaitan dengan gagal ginjal. Untuk itulah menghindari konsumsi berlebih makanan tinggi gula terutama gula buatan yang terdapat dalam makanan dan minuman kemasan bisa dilakukan untuk mencegahnya.

8. Berlebihan Konsumsi Gandum

Meski memiliki manfaat bagi kesehatan, roti gandum ternyata juga bisa menjadi faktor risiko penyebab gagal ginjal. Penyebabnya adalah kandungan fosfor dan potassium dalam roti gandum bisa berpotensi mengganggu kesehatan organ ginjal, inilah mengapa roti gandum juga termasuk makanan penyebab gangguan ginjal.

9. Terlalu Banyak Konsumsi Jeruk

Faktor risiko gagal ginjal bersumber dari makanan berikutnya adalah terlalu banyak konsumsi jeruk. Meski mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin, berlebihan konsumsi jeruk juga berpotensi memicu risiko gangguan fungsi ginjal. Ini terjadi karena jeruk juga mengandung potassium tinggi yang berdampak pada kesehatan ginjal.

10. Makanan Olahan

Makanan penyebab gagal ginjal berikutnya adalah sejenis makanan olahan. Makanan olahan tersebut biasanya mengandung garam cukup tinggi sekaligus natrium. Inilah mengapa makanan olahan bisa jadi penyebab risiko gangguan kesehatan ginjal. Bukan hanya berdampak buruk pada ginjal, masalah kesehatan lainnya mungkin saja terjadi apabila terlalu berlebih konsumsi makanan olahan.

11. Berlebihan Konsumsi Pisang

Makanan penyebab gagal ginjal selanjutnya adalah pisang. Sebab, pisang juga mengandung postassium yang cukup tinggi sehingga bisa mengganggu fungsi kerja ginjal apabila kalian terlalu berlebih mengonsumsinya. Namun masalah kesehatan tentu tidak akan muncul jika kalian mengonsumsi pisang secukupnya dan tidak berlebihan.

12. Sejenis Olahan Susu

Berlebihan konsumsi makanan olahan susu seperti yogurt, susu, keju juga dapat menjadi salah satu makanan penyebab gagal ginjal. Pasalnya makanan olahan susu mengandung fosfor tinggi yang membuat fungsi organ ginjal terganggu.

(kpl/nlw)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com