17 Penyebab Gagal Ginjal dan Faktor Risikonya, Ketahui Juga Jenis Pengobatannya

Rabu, 04 Agustus 2021 10:11 WIB
17 Penyebab Gagal Ginjal dan Faktor Risikonya, Ketahui Juga Jenis Pengobatannya

Kapanlagi.com - Gagal ginjal adalah kondisi saat organ ginjal mengalami kerusakan hingga menurunkan fungsi kerjanya. Penyebab gagal ginjal dan faktor risikonya dapat terjadi karena kondisi medis tertentu ataupun pengaruh gaya hidup. Untuk itulah mengenali lebih dini penyebab gagal ginjal bisa jadi salah satu cara mencegah risiko lebih lanjut.

Gagal ginjal termasuk salah satu gangguan kesehatan yang paling dikhawatirkan banyak orang. Pasalnya kerusakan pada organ ginjal dapat berpengaruh pada fungsi kerja organ tubuh lainnya. Salah satu fungsi ginjal sendiri adalah untuk menyaring dan membuang limbah atau racun dalam tubuh.

Ketika ginjal mengalami kerusakan seperti gagal ginjal, bukan tidak mungkin jika tubuh mengalami gangguan kesehatan karena fungsi ginjal yang terganggu. Untuk itulah pentingnya mengetahui apa saja penyebab gagal ginjal beserta faktor risikonya.

Sebab, sejumlah penyebab gagal ginjal yang umum terjadi mungkin saja tidak kalian sadari dapat membuat organ ginjal mengalami kerusakan. Berikut ulasannya tentang penyebab gagal ginjal dan faktor risikonya beserta jenis pengobatan yang bisa dilakukan telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Penyebab Gagal Ginjal Akut dan Kronis

Ada dua kondisi yang bisa terjadi karena gangguan kesehatan pada organ ginjal. Di antaranya yakni gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Gagal ginjal akut adalah kondisi ginjal yang mengalami kerusakan secara mendadak. Sedangkan gagal ginjal kronis adalah kondisi kesehatan ginjal mengalami penurunan secara bertahap atau berlanjut. Berikut ini penyebab gagal ginjal akut dan kronis.

1. Kondisi Medis

Penyebab gagal ginjal kronis dapat terjadi karena kondisi medis tertentu. Di antara kondisi medis penyebab gagal ginjal kronis meliputi penyakit diabetes, hipertensi, ataupun asam urat. Di mana beberapa kondisi medis tersebut bisa mendasari terjadinya gagal ginjal kronis yang terjadi secara bertahap bahkan jangka panjang.

Sedangkan pada gagal ginjal akut, penyebab terjadinya gangguan kesehatan tersebut dapat terjadi karena terhambatnya aliran darah menuju ginjal. Melansir dari halodoc.com, terhambatnya aliran darah penyebab gagal ginjal akut bisa terjadi karena beberapa faktor seperti gangguan pembuluh darah, tekanan darah yang tidak normal, ataupun volume darah yang rendah.

2. Efek Samping Obat Tertentu

Beberapa jenis obat tertentu juga dapat menjadi penyebab gagal ginjal. Di antara jenis obat tersebut sebagian besar memiliki efek samping menghambat aliran darah menuju ginjal. Akibatnya, organ ginjal tidak mendapatkan cukup pasokan darah yang akhirnya mengganggu fungsi kerja ginjal. Misalnya saja obat untuk anti inflamasi non-steroid (OAIND) ataupun obat hipertensi diketahui bisa jadi penyebab gangguan ginjal.

3. Infeksi Bakteri ataupun Virus

Penyebab gagal ginjal selanjutnya dapat dipicu oleh infeksi bakteri dan virus. Misalnya saja infeksi virus hepatitis ataupun infeksi saluran kemih bisa berisiko mengembangkan gagal ginjal karena mengalami peradangan.

2. Penyebab dan Faktor Risiko Gagal Ginjal Karena Makanan Tertentu

Beberapa penyebab gagal ginjal juga dapat dipicu oleh makanan tertentu yang jarang disadari. Misalnya saja terlalu berlebihan konsumsi makanan mengandung garam ataupun makanan tinggi natrium. Berikut ulasannya tentang penyebab gagal ginjal karena kebiasaan tertentu.

4. Berlebihan Konsumsi Makanan Mengandung Garam

Penyebab gagal ginjal karena kebiasaan tertentu dapat dipicu oleh terlalu berlebihan konsumsi makanan mengandung garam. Sebab garam diketahui dapat mengganggu fungsi kerja ginjal. Di mana fungsi kerja ginjal yang terhambat tersebut berkaitan dengan proses penyaringan dan pembuangan limbah dan racun dalam tubuh. Selain itu, garam juga bisa memicu tekanan darah tinggi serta mengganggu kesehatan jantung.

5. Konsumsi Berlebih Makanan Tinggi Natrium

Makanan tinggi natrium juga bisa menjadi penyebab dan faktor risiko gagal ginjal. Beberapa jenis makanan tinggi natrium dapat ditemukan dalam garam, saus, kecap, ataupun asinan. Sama seperti penyebab gagal ginjal karena terlalu berlebih konsumsi garam, natrium juga dapat mengganggu fungsi kerja ginjal. Di mana natrium bisa berpengaruh pada kenaikan tekanan darah yang menyebabkan kerusakan ginjal secara bertahap.

6. Berlebihan Konsumsi Daging

Siapa sangka daging juga termasuk makanan penyebab gagal ginjal yang jarang disadari. Ini dapat terjadi ketika kalian konsumsi terlalu berlebihan daging yang mengandung protein tinggi. Meski protein sangat diperlukan tubuh, berlebihan mendapatkan asupan ini juga berpotensi menyebabkan gangguan ginjal. Untuk itulah kalian bisa menyeimbangkan dengan sayur ataupun buah.

7. Konsumsi Berlebih Makanan Tinggi Gula

Penyebab gagal ginjal selanjutnya juga dapat dipicu oleh makanan tinggi gula. Sebab makanan tinggi gula bisa memicu risiko hipertensi yang juga berkaitan dengan gagal ginjal. Untuk itulah menghindari konsumsi berlebih makanan tinggi gula terutama gula buatan yang terdapat dalam makanan dan minuman kemasan bisa dilakukan untuk mencegahnya.

8. Berlebihan Konsumsi Gandum

Meski memiliki manfaat bagi kesehatan, roti gandum ternyata juga bisa menjadi faktor risiko penyebab gagal ginjal. Penyebabnya adalah kandungan fosfor dan potassium dalam roti gandum bisa berpotensi mengganggu kesehatan organ ginjal, inilah mengapa roti gandum juga termasuk makanan penyebab gangguan ginjal.

9. Terlalu Banyak Konsumsi Jeruk

Faktor risiko gagal ginjal bersumber dari makanan berikutnya adalah terlalu banyak konsumsi jeruk. Meski mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin, berlebihan konsumsi jeruk juga berpotensi memicu risiko gangguan fungsi ginjal. Ini terjadi karena jeruk juga mengandung potassium tinggi yang berdampak pada kesehatan ginjal.

10. Makanan Olahan

Makanan penyebab gagal ginjal berikutnya adalah sejenis makanan olahan. Makanan olahan tersebut biasanya mengandung garam cukup tinggi sekaligus natrium. Inilah mengapa makanan olahan bisa jadi penyebab risiko gangguan kesehatan ginjal. Bukan hanya berdampak buruk pada ginjal, masalah kesehatan lainnya mungkin saja terjadi apabila terlalu berlebih konsumsi makanan olahan.

11. Berlebihan Konsumsi Pisang

Makanan penyebab gagal ginjal selanjutnya adalah pisang. Sebab, pisang juga mengandung postassium yang cukup tinggi sehingga bisa mengganggu fungsi kerja ginjal apabila kalian terlalu berlebih mengonsumsinya. Namun masalah kesehatan tentu tidak akan muncul jika kalian mengonsumsi pisang secukupnya dan tidak berlebihan.

12. Sejenis Olahan Susu

Berlebihan konsumsi makanan olahan susu seperti yogurt, susu, keju juga dapat menjadi salah satu makanan penyebab gagal ginjal. Pasalnya makanan olahan susu mengandung fosfor tinggi yang membuat fungsi organ ginjal terganggu.

3. Penyebab Gagal Ginjal Karena Kebiasaan Tertentu

Kebiasaan tertentu yang sering kalian lakukan dalam kehidupan sehari-hari juga bisa memicu risiko masalah pada ginjal. Adapun lebih lengkapnya tentang penyebab gagal ginjal karena kebiasaan tertentu sebagai berikut.

13. Kebiasaan Merokok

Kandungan zat dalam rokok diketahui bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan termasuk menyerang organ ginjal. Inilah mengapa kebiasaan merokok termasuk salah satu penyebab gagal ginjal yang bisa terjadi.

14. Alkohol

Penyebab gagal ginjal berikutnya adalah kebiasaan konsumsi alkohol. Sebab seseorang yang memiliki kebiasaan konsumsi alkohol cenderung lebih berisiko tinggi mengalami gangguan kesehatan ginjal. Terlebih jika kebiasaan ini juga diikuti dengan aktivitas merokok yang berat maka potensi gangguan kesehatan ginjal lebih meningkat berkali-kali lipat.

15. Kurang Asupan Air

Betapa pentingnya asupan air buat kesehatan tubuh. Tidak heran jika tubuh yang kekurangan asupan air dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan termasuk gagal ginjal. Sebab itulah, kurangnya asupan air termasuk salah satu penyebab gagal ginjal yang jarang disadari. Ini terjadi karena kekurangan asupan air bisa menyebabkan dehidrasi yang diketahui bisa jadi pemicunya.

16. Kurang Beristirahat

Umumnya tubuh orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam per hari. Sedangkan jika kurang mendapatkan waktu tidur, bukan tidak mungkin jika bisa memicu sejumlah masalah kesehatan termasuk gangguan ginjal. Sebab melansir dari liputan6.com, fungsi ginjal berkaitan dengan siklus tidur yang secara tidak langsung dapat mengatur beban kerja ginjal selama sehari penuh.

17. Terlalu Lama Duduk

Faktor penyebab gagal ginjal berikutnya adalah karena kebiasaan terlalu lama duduk. Kurangnya aktivitas fisik tersebut dapat membuat risiko gangguan ginjal diketahui lebih meningkat dibandingkan seseorang yang sering bergerak.

4. Jenis Pengobatan Gagal Ginjal

Setelah mengetahui apa saja penyebab gagal ginjal beserta faktor risikonya, berikut ini ada beberapa jenis pengobatan gagal ginjal. Langsung saja simak ulasannya tentang jenis pengobatan gagal ginjal.

Jenis Pengobatan Secara Medis:

- Pengobatan gagal ginjal kronik untuk mengatasi pembengkakan biasanya dilakukan dokter untuk mengendalikan keseimbangan cairan dalam tubuh.

- Jenis pengobatan untuk tekanan darah tinggi, anemia, ataupun mengontrol kadar kolesterol yang juga berkaitan dengan risiko gangguan pada ginjal.

- Cuci darah untuk mengatasi gangguan pada ginjal. Cuci darah dilakukan untuk membantu ginjal melakukan fungsi kerjanya.

- Transplantasi ginjal bisa jadi salah satu jalan pengobatan masalah pada ginjal sebagai tahap lanjutan untuk mengobatinya.

Jenis Pengobatan Secara Alami:

- Konsumsi jus seledri untuk membantu fungsi kerja ginjal dan membersihkan racun dalam tubuh.

- Konsumsi jus delima untuk meningkatkan fungsi kerja ginjal serta menurunkan keasaman urin dan mencegah risiko batu ginjal.

- Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh untuk mencegah masalah pada ginjal.

- Mengurangi konsumsi makanan tinggi garam dengan menggantinya menggunakan bawang.

- Konsumsi makanan dengan kandungan omega-3 seperti ikan untuk meningkatkan fungsi kerja organ ginjal.

- Menerapkan gaya hidup sehat.

5. Tanda-Tanda Gagal Ginjal

Ada beberapa tanda-tanda gagal ginjal yang perlu diwaspadai. Sehingga dengan mengetahui apa saja tanda-tanda gagal ginjal dapat membantumu lebih waspada dan mencegah sedini mungkin risiko lebih lanjut. Berikut tanda-tanda gagal ginjal:

- Kondisi tubuh yang mudah lelah.

- Mengalami kesulitan tidur secara terus menerus.

- Urin terlihat bercampur dengan darah.

- Merasakan kulit yang kering dan gatal.

- Peningkatan kadar urea dalam darah.

- Gangguan irama pada jantung.

- Pembengkakan dalam tubuh.

- Penurunan jumlah urin.

- Tingginya kadar kalium dalam darah.

- Nafsu makan yang hilang.

Nah itulah 17 penyebab gagal ginjal dan faktor risikonya beserta jenis pengobatannya. Konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut bisa dilakukan untuk mendapatkan saran dan penanganan tepat dokter.

Sumber: liputan6.com, halodoc.com, alodokter.com

(kpl/nlw)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com