18 Tanda Kehamilan Usia Satu Minggu Pertama yang Umum Terjadi, Jarang Disadari Para Wanita

Jum'at, 23 Juli 2021 12:33 WIB
18 Tanda Kehamilan Usia Satu Minggu Pertama yang Umum Terjadi, Jarang Disadari Para Wanita

Kapanlagi.com - Ada beragam tanda-tanda kehamilan yang umum terjadi pada wanita seperti telat datang bulan. Ciri-ciri hamil muda biasanya baru dirasakan pada minggu ke-4. Sebab pada minggu pertama usia satu minggu biasanya diketahui belum bisa mendeteksi tanda kehamilan. Meski begitu, ada beberapa gejala yang diyakini bisa jadi pertanda hamil muda usia satu minggu pertama.

Proses kehamilan seorang wanita dimulai ketika sel telur telah dibuahi oleh sel sperma. Setelah proses pembuahan, nantinya akan terbentuk embrio yang berkembang menjadi janin. Dari sinilah beberapa gejala hamil muda mulai dirasakan wanita seperti payudara bengkak, mual, muntah, kram perut, sakit kepala, dan seterusnya.

Namun ciri-ciri hamil muda biasanya baru bisa terdeteksi dengan pasti pada minggu ke-4 hingga minggu ke-6. Sedangkan beberapa tanda awal hamil muda usia satu minggu pertama biasanya hampir serupa dengan gejala menstruasi. Hanya saja yang perlu diperhatikan bagi calon ibu adalah apabila mengalami haid terlambat terjadi setelah proses pembuahan.

Untuk itulah, berikut ini ada beberapa tanda kehamilan usia satu minggu pertama yang umum terjadi. Tanda kehamilan usia satu minggu pertama di bawah ini jarang disadari para wanita namun perlu dikenali lebih dini.

 

1. Payudara Terasa Lebih Sensitif - Mengalami Flek

Meski belum bisa terdeteksi hamil dengan pasti, setidaknya ada beberapa tanda kehamilan usia satu minggu pertama yang umum terjadi. Salah satunya seperti payudara sensitif hingga mengalami flek. Berikut ini ulasan lengkapnya tentang tanda kehamilan usia satu minggu pertama.

1. Payudara Terasa Sensitif

Tanda kehamilan usia satu minggu pertama adalah merasakan payudara yang lebih sensitif dari biasanya. Ini biasanya juga terjadi pada saat sebelum memasuki siklus menstruasi. Di mana payudara akan terasa nyeri dan sensitif saat disentuh. Selain itu payudara terasa bengkak serta terjadi perubahan pada areola yang lebih gelap.

Meski begitu payudara terasa sensitif tidak hanya bisa dijadikan patokan mendeteksi tanda awal kehamilan. Sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahuinya.

2. Mengalami Flek

Tanda kehamilan usia seminggu pertama selanjutnya adalah mengalami flek. Flek ini bisa jadi pertanda awal kehamilan wanita. Selain itu, flek tersebut juga dapat terjadi karena efek dari proses pembuahan yang biasanya muncul 10 hingga 14 hari setelah pembuahan seperti melansir dari liputan6.com. Umumnya frekuensi flek yang muncul tidak terlalu banyak dan hanya beberapa tetes darah. Begitu juga dengan durasi waktu munculnya flek tidak lebih dari 3 hari.

2. Mual, Nafsu Makan Berubah dan Kram Perut

Tanda kehamilan usia satu minggu pertama berikutnya adalah merasakan mual, nafsu makan yang berubah serta kram. Beberapa ciri-ciri kehamilan satu minggu pertama ini dapat kalian simak melalui ulasan sebagai berikut.

3. Merasakan Mual

Mual menjadi salah satu ciri kehamilan yang seringkali dirasakan wanita. Kondisi ini juga kita kenal dengan istilah morning sickness. Biasanya gejala mual karena hamil muda seringkali terjadi saat pagi hari meskipun bisa dirasakan kapan saja bagi calon ibu.

Rasa mual bisa terjadi setelah tiga minggu dari proses pembuahan. Beberapa wanita juga mengalami gejala mual beragam dari yang paling ringan hingga cukup berat.

4. Nafsu Makan Berubah

Tanda kehamilan usia satu minggu pertama berikutnya adalah perubahan nafsu makan. Perubahan nafsu makan ini bisa terjadi dengan beberapa gejala seperti peningkatan nafsu makan, penurunan nafsu makan, atau bahkan tidak selera makan.

Biasanya perubahan nafsu makan juga dipengaruhi oleh gejala morning sickness. Meski begitu, perubahan nafsu makan tak dapat dijadikan patokan menentukan atau mendeteksi masa awal kehamilan wanita.

5. Merasakan Kram Perut

Kram yang terjadi pada area perut juga bisa dijadikan pertanda awal kehamilan usia satu minggu pertama. Kram yang muncul tersebut terasa hampir mirip seperti gejala menstruasi. Inilah mengapa sejumlah wanita mungkin saja tidak menyadari telah mengalami gejala hamil muda karena kram yang dirasakan hampir mirip seperti menstruasi.

3. Perubahan Mood, Cepat Lelah, dan Nyeri Punggung

Beberapa di antara tanda kehamilan muda usia seminggu pertama yang umum terjadi adalah perubahan mood, cepat lelah, serta nyeri bagian punggung. Untuk ulasan lengkapnya simak penjelasan di bawah ini.

6. Perubahan Mood

Mood yang cepat berubah bisa dipengaruhi oleh perubahan hormon wanita. Sebab pada wanita hamil umumnya cenderung mengalami perubahan hormon dalam tubuh yang menyebabkan perasaannya mudah berubah seperti merasa gelisah, cemas, sedih, melow bahkan marah. Ya, perasaan calon ibu yang tengah mengandung bisa dibilang lebih sensitif dari biasanya.

7. Cepat Lelah

Selain perubahan mood, tanda kehamilan usia satu minggu pertama berikutnya adalah cepat merasakan lelah. Di mana calon ibu yang tengah mengandung akan merasa dirinya mudah lelah hingga mengantuk. Ini terjadi karena pengaruh dari perubahan hormon dalam tubuh yang juga membuat wanita hamil mudah kelelahan biasanya terjadi pada awal kehamilan.

8. Nyeri Pada Punggung

Rasa nyeri pada punggung bagian bawah bisa jadi tanda kehamilan usia satu minggu pertama. Meskipun gejala ini juga dapat terjadi pada sejumlah wanita menjelang menstruasi, namun rasa nyeri punggung bagian bawah karena kehamilan dapat berlangsung selama calon ibu mengandung janinnya. Tumbuh kembang janin dalam kandungan menjadi salah satu faktor mengapa rasa nyeri pada punggung bagian bawah bisa dirasakan wanita hamil.

4. Pusing, Sakit Kepala, Sering Buang Air Kecil - Mudah Haus

Merasa pusing, sakit kepala, mudah haus dan sering buang air kecil juga dapat dijadikan indikasi awal kehamilan usia satu minggu pertama. Adapun penjelasannya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

9. Merasakan Pusing

Tanda kehamilan usia satu minggu pertama yang bisa dirasakan wanita adalah merasakan pusing. Pusing karena gejala hamil bisa terjadi karena tekanan darah yang rendah terutama pada masa awal kehamilan. Inilah mengapa penting bagi calon ibu memperhatikan kadar tekanan darahnya selama masa kehamilan.

10. Sakit Kepala

Tak hanya pusing, gejala sakit kepala yang dirasakan pada awal usia satu minggu kehamilan juga dapat terjadi. Pengaruhnya adalah hormon estrogen dan progesterone yang dapat membuat kadar gula dalam darah rendah, sehingga memicu gejala sakit kepala.

11. Sering Buang Air Kecil

Gejala awal kehamilan usia satu minggu pertama berikutnya adalah sering buang air kecil. Ini menjadi satu di antara banyak tanda kehamilan awal wanita minggu pertama. Penyebabnya adalah perubahan hormon yakni hCG yang membuat produksi urine jadi meningkat. Akibatnya membuat calon ibu sering buang air pada masa awal kehamilan.

12. Mudah Merasa Haus

Tanda kehamilan usia satu minggu pertama yang jarang disadari wanita adalah mudah merasakan haus. Melansir dari liputan6.com, rasa haus dapat muncul bersamaan dengan perubahan nafsu makan wanita yang meningkat selama masa kehamilan.

5. Mengalami Keputihan, Sesak Nafas, dan Muncul Jerawat

Adapun tanda kehamilan usia satu minggu pertama berikutnya adalah sebagai berikut. Yuk simak ulasannya tentang tanda awal kehamilan usia satu minggu pertama di bawah ini.

13. Mengalami Keputihan Berlebih

Keputihan berlebih juga dapat dijadikan pertanda kehamilan usia satu minggu pertama wanita. Ini wajar terjadi terutama pada masa awal kehamilan yang normalnya keputihan berwarna seperti susu dan tidak terlalu cair. Frekuensi keputihan terlihat lebih banyak jika dibandingkan dengan tanda menjelang menstruasi.

14. Sesak Nafas

Sesak nafas juga menjadi tanda kehamilan usia seminggu pertama wanita yang jarang disadari. Melansir dari liputan6.com, pengaruh hormon progesterone bisa jadi penyebabnya. Selain itu, tumbuh kembang janin dalam kandungan seiring bertambahnya usia kehamilan juga bisa menyebabkan calon ibu mengalami sesak nafas karena berpengaruh pada fungsi kerja paru-paru.

15. Muncul Jerawat

Hal yang normal jika perubahan hormon perempuan juga bisa memicu tumbuhnya jerawat pada kulit. Ini termasuk terjadi pada wanita hamil yang menyebabkan hormon mereka berubah. Sebab itulah, munculnya jerawat jadi salah satu tanda kehamilan usia satu minggu pertama bagi wanita setelah proses pembuahan.

6. Muncul Masalah Pencernaan - Haid Terlambat

Beberapa tanda kehamilan usia satu minggu juga dapat memicu sejumlah masalah pencernaan seperti kembung dan sembelit. Berikut ulasannya tentang tanda kehamilan usia seminggu pertama yang jarang disadari para wanita.

16. Perut Kembung

Siapa sangka, perut kembung bisa jadi pertanda usia kehamilan seminggu pertama wanita. Ini terjadi karena hormon progesterone yang meningkat hingga berpengaruh pada fungsi kerja sistem pencernaan. Di mana perut mengalami penumpukan gas yang akhirnya membuat perut jadi kembung. Perut kembung biasanya juga diikuti dengan perasaan mual.

17. Sembelit

Tanda kehamilan usia satu minggu pertama yang jarang disadari para wanita berikutnya yakni mengalami sembelit. Munculnya sembelit pada wanita hamil pada minggu pertama kehamilan dapat terjadi karena pengaruh hormon progesterone. Hormon ini menyebabkan pergerakan usus jadi terhambat hingga memicu masalah sembelit.

18. Haid Terlambat

Ciri-ciri ini menjadi salah satu tanda paling umum yang bisa dijadikan patokan mengetahui kehamilan.terlebih jika haid yang terlambat terjadi setelah proses pembuahan maka, perlu dikenali sedini mungkin bisa jadi ciri-ciri hamil muda.

7. Cara Menghitung Kehamilan Minggu Pertama

Setelah mengetahui apa saja tanda kehamilan usia satu minggu pertama, berikut ini terdapat cara menghitung kehamilan minggu pertama. Adapun cara menghitungnya dapat kalian simak melalui ulasan berikut ini.

1) Tentukan tanggal haid pertama dan terakhir (HPHT) lalu tambahkan 40 minggu dari tanggal tersebut. Jika kehamilan dihitung selama 40 minggu maka pada minggu pertama, belum dapat menentukan calon ibu benar-benar hamil. Di mana kehamilan terjadi pada minggu ke-2 ataupun awal minggu ke-3 namun juga disesuaikan berdasarkan masa subur wanita. Selain itu biasanya perhitungan dengan cara ini bisa jadi solusi yang mudah digunakan bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur yakni 28 hari.

2) Lakukan USG untuk mengetahui keakuratan perhitungan masa kehamilan.

Nah itulah 18 tanda kehamilan usia satu minggu pertama yang umum terjadi, jarang disadari para wanita. Beberapa ulasan di atas bisa jadi referensi buat calon ibu, meskipun diperlukan pemeriksaan lebih lanjut agar benar-benar dapat mendeteksi kehamilan.

Sumber: liputan6.com, alodokter.com, hellosehat.com

(kpl/nlw)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com