2 WNA Asal Ceko Kena Hukum Adat Karena Cuci Pantat Pakai Air Suci Pura

Guntur Merdekawan | Jum'at, 16 Agustus 2019 14:22 WIB
Guntur Merdekawan | Jum'at, 16 Agustus 2019 14:22

Kapanlagi.com - Reporter: Moh. Kadafi/Merdeka.com

Belum lama ini, viral beredar sebuah video yang menunjukkan aksi kurang terpuji dari 2 orang warga negara asing asal Ceko yang diketahui bernama Sabina Dolezalova (22) dan Jdenek Slova (25). Pasalnya, mereka kedapatan mencuci atau membersihkan (maaf) pantat-nya menggunakan air suci di sebuah Pura di Bali.

Video mereka tentu saja mendapat kecaman keras dari warganet. Tak lama setelahnya, keduanya pun dipaksa untuk menjalani hukuman adat dengan menghadiri upacara di Pura Beji, Ubud, Bali, Kamis (15/8), seperti dilansir Merdeka.com.

"Iya sudah selesai dan sudah damai dan clear dan tidak ada apa-apa lagi," ujar Kapolsek Ubud Kompol Nyoman Nuriana saat dikonfirmasi.

1 Dari 2 Halaman

1. Jalani Hukuman Adat

Upacara adat tersebut bernama Guru Piduka atau permohonan maaf serta penyucian Pura yang dilakukan warga setempat. Dua warga asing itu terlihat ikut sembahyang dan menyesali perbuatannya. Mereka juga sudah meminta maaf atas perilakunya yang tidak sopan.

"Istilahnya kalau orang Bali sudah buat Banten (Sarana Upakara) dan mohon maaf dia, dan sudah selesai," sambungnya.
2 dari 2 halaman

2. Permasalahan Sudah Selesai

Permasalahan Sudah Selesai © Facebook
Pihak kepolisian lantas menjelaskan jika permasalahan ini sudah clear dan berakhir dengan kekeluargaan. 2 WNA asal Ceko itu juga sudah minta maaf secara terbuka.

Harapannya, kejadian serupa tak terulang lagi ke depannya. Warganet juga dihimbau agar berhenti merundung Sabina dan Jdenek yang sudah mengakui kesalahannya.

(kpl/gtr)


Editor:  

Guntur Merdekawan

Join Kapanlagi.com