20 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Dalam Sekejap

Zaki Mursidan Baldan | Kamis, 22 Agustus 2019 14:52 WIB
20 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Dalam Sekejap

Kapanlagi.com - Munculnya jerawat di wajah memang begitu menyebalkan. Penyebabnya ada berbagai macam KLovers, seperti masa pubertas yang biasa dialami saat masa remaja, kemudian juga perubahan hormon. Selain itu, ada jerawat juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor eksternal dan kebiasaan. Misalnya, makeup berlebihan, mengonsumsi makanan yang tak cocok dengan kondisi kulit, atau suka begadang hingga larut.

Perlu diketahui kalau sebenarnya jerawat itu sebenarnya merupakan gejala penyakit yang muncul akibat permasalahan di kelenjar minyak kulit. Memang sih jerawat itu tak membahayakan, tapi bisa berdampak pada berbagai hall, misalnya saja kepercayaan diri. Saat jerawat cukup banyak muncul di wajah, tentu bakal mengganggu kepercayaan diri yang berimbas pada kurang maksimalnya performa. Entah itu dalam pekerjaan atau saat bersosialisasi dengan orang baru.

Maka dari itu, daripada pekerjaan atau kesibukan kamu kurang maksimal gara-gara terganggu jerawat, coba terapkan 20 cara ampuh untuk menghilangkan jerawat berikut. Tidak sulit kok, bahan-bahan yang perlu digunakan ternyata bisa kamu temukan di kehidupan sehari-hari. Ingin tahu apa saja dan bagaimana cara ampuh buat menghilangkan jerawat membandel dalam sekejap, KLovers? Fakta uniknya, ternyata bahan-bahan yang bisa dimanfaatkan buat menghilangkan jerawat kebanyakan ada di sekitar kamu lho. Penasaran? Berikut selengkapnya!

Timun

(c) shutterstock(c) shutterstock

Bahan makanan ini dikenal memiliki sifat anti-inflamasi yang memiliki banyak sekali manfaat luar biasa buat kamu, seperti mengurangi peradangan dan mengecilkan jerawat. Tak hanya itu saja, kandungan astringen alami yang terkandung di dalamnya juga mampu membatasi aliran darah di kulit kamu. Ini efeknya bakal bagus banget, salah satunya kemerahan pada kulit akibat jerawat bisa berkurang. Selain itu, iritasi kulit akibat jerawat pun dapat diminimalisir.

Cara penggunaannya, iris mentimun tipis-tipis dan masukkan kulkas selama sekitar satu jam. Setelah itu, letakkan pada bagian yang berawat dan biarkan selama beberapa menit. Lakukan treatment ini dengan konsisten selama beberapa hari.

Baking Soda

Siapa sangka ternyata bahan makanan yang satu ini memiliki peran penting buat mengelupas sel-sel kulit mati. Selain itu, ternyata baking soda juga dapat membantumu untuk menjaga pH kulit tetap seimbang. Bila digunakan dengan benar dan tepat, kemampuan anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya juga berfungsi sebagai antiseptik dan ampuh buat diandalkan sebagai penghilang jerawat.

Ingin tahu cara yang harus dilakukan untuk menghilangkan jerawat sekejap dengan baking soda? Campurkan satu sendok baking soda dengan sedikit air hingga menyerupai salep. Setelah itu oleskan ke bagian yang berjerawat dan diamkan selama beberapa menit. Lakukan secara rutin setiap hari biar hasilnya maksimal.

Oatmeal

(c) shutterstock(c) shutterstock

Tahukah kamu kalau oatmeal ternyata punya kemampuan untuk mengurangi jerawat pada kulitmu? Yup, bahan makanan yang satu ini ternyata sanggup membersihkan pori-pori kulit dan menyerap minyak berlebihan. Caranya, campurkan satu sendok teh madu dan setengah sendok perasan lemon, lalu campurkan ke secangkir oatmeal yang sudah dimasak. Setelah itu oleskan ke kulit dan diamkan selama 30 menit setelah itu bilas dengan air hangat.

Kunyit

Rempah-rempah asli Indonesia diketahui memiliki manfaat yang luar biasa. Salah satunya kunyit yang ternyata dapat berfungsi sebagai antiseptik yang mampu membunuh bakteri penyebab kemunculan jerawat. Selain itu, bagus juga buat antioksidan yang dapat mengobati jerawat menyebalkan di wajah. Tak hanya itu, kunyit juga berfungsi sebagai antioksidan, ampuh untuk mengobati peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Biar lebih mudah, kamu bisa memakai kunyit bubuk, campurkan dengan beberapa tetes air hingga mengental menyerupai salep. Kalau sudah, tinggal oleskan deh di kulit yang dilanda jerawat lalu diamkan selama beberapa menit. Bila dirasa sudah cukup, segera bilas dengan air dingin dan lakukan treatment ini rutin selama 2 kali dalam seminggu.

Cuka Sari Apel

Minuman yang dibuat dari perasan air apel ini ternyata memiliki banyak kandungan antibiotik dan astringen alami. Bila digunakan dengan tepat ternyata bisa sangat efektif dalam mengobati jerawat. Tak hanya itu, sifat antiseptik alami yang dimiliki juga amat bagus untuk membunuh bakteri jahat penyebab jerawat. Tak berhenti sampai di situ saja, cuka apel pun amat ampuh untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Cara pemakaiannya, larutkan cuka apel dengan air bersih dengan perbandingan 1:3. Kemudian celupkan bola kapas ke dalam larutan lalu oleskan ke bagian kulit yang berjerawat. Setelah itu biarkan selama sepuluh menit kemudian cuci wajah sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin satu sampai dua kali sehari biar hasilnya dapat diperoleh dengan tepat.

Kayu Manis

(c) shutterstock(c) shutterstock

Salah satu rempah asli Indonesia ini memiliki kandungan antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri. Nggak heran kalau ampuh banget apabila diandalkan dalam mengusir jerawat menyebalkan. Biar hasilnya lebih maksimal, campurkan campurkan dua sendok makan madu dengan satu sendok teh kayu manis bubuk. Aduk rata hingga sedikit kental lalu oleskan ke bagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Kalau sudah, bilas dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk bersih.

Kulit Jeruk

Jeruk termasuk salah satu jenis buah yang punya sejuta manfaat. Nggak cuma dagingnya, ternyata kulitnya juga amat bermanfaat untuk kesehatan kulit karena memiliki kandungan vitamin A dan C serta flavonoid yang cukup tinggi. Nggak heran kalau kulit jeruk bisa dimanfaatkan buat mengecilkan pori-pori kulit yang terbuka demi menghilangkan noda sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati. Ingin tahu caranya? Keringkan dulu kulit jeruk di bawah sinar matahari dan tumbuk sampai halus. Lalu campurkan dengan air secukupnya terus oleskan di wajah deh. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas pakai air hangat.

Bawang Putih

(c) shutterstock(c) shutterstock

Bahan lain yang juga sangat ampuh untuk menghapus jerawat adalah bawang putih. Tak cuma bisa dipakai buat bumbu dapur aja, tapi juga bisa bikin kulit wajahmu cerah kembali. Biar lebih maksimal, padukan bubuk kayu manis dengan madu. Langkahnya, campurkan dua bahan tersebut hingga membentuk seperti salep. Perlahan-lahan, oleskan pada bagian jerawat d wajah yang mengganggu. Diamkan selama sekitar 10-15 menit kemudian bersihkan dengan tuntas menggunakan handuk bersih. Kalau perlu pakai air hangat, ya.

Lemon

Di dalam lemon terkandung asam yang memiliki kegunaan luar biasa untuk mengobati jerawat. Yup, bahan yang satu ini dapat membantu membersihkan kotoran menumpuk di pori-pori kulit sekaligus mengeraskan sebum. Makin menyenangkan karena perawatan kulit wajah menggunakan lemon bisa dilakukan tiap hari tanpa efek samping. Namun apabila dalam prosesnya kulit tiba-tiba kering, sebaiknya segera kurangi kuantitas perawatan, misalnya jadi 2-3 kali sehari. Langkah yang mesti dilakukan juga gampang, oleskan aja irisan lemon di bagian yang berjerawat selama beberapa jam, kemudian bersihkan hingga tuntas.

Lidah Buaya

(c) shutterstock(c) shutterstock

Sudah sejak lama diketahui jika lidah buaya memiliki beragam manfaat luar biasa. Hal tersebut dikarenakan kandungan senyawa aktif yang bernama polifenol yang berperan sebagai antibakteri. Fungsinya tentu saja untuk membantu menghilangkan jerawat. Caranya mudah, tinggal iris lidah buaya sampai tinggal dagingnya saja, terus haluskan dengan sendok sampai bentuknya seperti gel. Oleskan pada wajah lalu biarkan selama 30 menit setelah itu bilas sampai bersih.

Alpukat

Tak tak hanya bagus untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, alpukat ternyata juga punya peran penting buat membantu menjaga kesehatan kulit. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin E yang mampu menembus pori-pori kulit dan meredakan peradangan kulit. Biar lebih ampuh kamu bisa memakainya dengan madu. Tumbuk setengah alpukat dan tambahkan 1 sendok makan madu. Aplikasikan pada wajah, diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air hangat.

Madu

Sudah banyak penelitian dilakukan untuk membuktikan beragam manfaat yang dimiliki oleh madu. Ada banyak banget kebaikan yang bisa dipetik dari bahan ini, salah satunya tentu saja menghilangkan jerawat dari wajah kamu. Di dalamnya terdapat sifat antibakteri dan antiseptik yang diperoleh dari kandungan hydrogen peroksida. Selain itu, efek positif lainnya juga berfungsi sebagai antiradang buat mengurangi kemerahan pada jerawat sekaligus menyamarkan bekas luka. Caranya, ambil madu murni secukupnya, oleskan pada wajah memakai jari atau air hangat. Biarkan selama 30 menit dan bersihkan memakai air putih. Lakukan secara rutin ya biar hasilnya lebih maksimal.

Yoghurt

(c) shutterstock(c) shutterstock

Yoghurt mengandung zinc, kalsium, vitamin, dan asam laktat yang dipercaya dapat mencerahkan kulit wajahmu sekaligus menghilangkan jerawat membandel. Biar hasilnya lebih maksimal, tak ada salahnya untuk mencampurkannya dengan bahan lain, seperti salah satunya putih telur. Caranya, campurkan sampai halus kedua bahan tersebut di dalam sebuah mangkuk. Oleskan secara perlahan di bagian wajah yang berjerawat.

Kulit Pisang

Buah yang satu ini memang dikenal sebagai salah satu bahan ampuh buat membantu diet. Namun, asal kamu tahu ternyata ada sisi positif lain yang bisa kamu peroleh. Fakta unik ternyata kulit pisang bisa bantu kamu buat membersihkan jerawat membandel di wajah. Kalau nggak percaya cobain sendiri, caranya hancurkan terlebih dahulu kulit pisangnya. Kemudian tambahkan satu sendok teh madu dan pakai sebagai masker. Lakukan terus-menerus secara rutin setiap hari hingga jerawat benar-benar sirna dari wajahmu.

Kunyit

Kunyit disebut-sebut sebagai salah satu rempah yang punya banyak banget manfaat luar biasa. Bukan cuma bisa memperkaya rasa makanan, tapi juga bisa dijadikan senjata andalan untuk menghapus jerawat. Caranya palai sebagai masker, dengan dihaluskan terlebih dahulu untuk kemudian dicampur dengan sedikit air dan oleskan pada bagian yang berjerawat.

Tomat

(c) shutterstock(c) shutterstock

Tomat nggak hanya dikenal kaya akan vitamin A dan C saja, tapi di dalamnya juga terdapat beragam kandungan yang ampuh untuk diandalkan dalam menghapus jerawat. Langkah yang perlu kamu lakukan, ambil satu buah tomat dan hancurkan sampai jadi bubur. Setelah itu balurkan deh ke bagian daerah wajah yang dipenuhi jerawat. Setelah itu diamkan selama kurang lebih satu jam dan balus dengan air yang hangatnya ruam-ruam kuku sampai bersih, baru kemudian keringkan. Kalau ingin hasil yang maksimal, lakukan minimal seminggu penuh rutin setiap hari biar jerawat membandel segera pergi.

Selain itu ada alternatif lain juga yang bisa kamu coba, KLovers, yaitu dengan menggunakan tomat bersama potongan mentimun. Caranya, ambil sari buah tomat dan mentimun, campurkan kemudian oleskan secara merata ke wajah.

Pepaya

Tak hanya ampuh untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan, pepaya juga sudah dikenal memiliki beragam manfaat untuk membawa kebaikan buat kulit. Salah satunya tentu saja membantu membersihkan jerawat dari wajah kamu. Asal kamu tahu, pepaya ternyata sudah sejak lama lho dipakai buat membersihkan jerawat. Bangsa di berbagai negara Asia dan Eropa telah membuktikan sendiri khasiatnya.
Kamu ingin memakainya sebagai pembersih jerawat juga? Coba manfaatkan sebagai masker. Langkahnya, pertama hancurkan pepaya, haluskan, kemudian campurkan dengan madu. Setelah itu oleskan secara merata pada bagian yang berjerawat. Kemudian diamkan selama sekitar 20 menit lalu bilas menggunakan air hangat dan gunakan handuk bersih.

Pepaya itu punya kandungan enzim yang terbukti efektif dalam memberantas bakteri dan menyehatkan sel. Selain itu, kesehatan kulit dijamin juga bakal lebih terjaga, KLovers.

Daun Pepaya

Selain buahnya, ternyata daun pepaya juga bisa dimanfaatkan buat bikin wajah kamu mulus kembali dan bersih dari jerawat. Memang biasanya bahan ini dipakai untuk melancarkan ASI dan sumber zat besi, tapi ternyata ampuh juga dipakai buat menyegarkan kulit. Perawatan secara rutin dan teratur bisa membantu mengembalikan elastisitas kulit seperti sedia kala.

Cara memanfaatkannya pun mudah banget, kok. Pertama cari daun pepaya segar dan cuci sampai bersih. Kemudian tumbuk atau biar gampang bisa diblender sampai halus. Habis itu gunakan sebagai masker wajah di bagian yang berjerawat selama beberapa saat. Lakukan treatment ini setidaknya selama seminggu dua kali, masing-masing selama 30 menit saja.

Es Batu

(c) shutterstock(c) shutterstock

Yup siapa kira ternyata es batu juga bisa diandalkan buat mengusir jerawat cukup cepat, lho. Cukup kompres bagian yang berjerawat dengan es batu, dalam waktu sehari saja kamu akan merasakan sendiri perubahannya. Cara yang perlu dilakukan, ambil beberapa butir es batu dari lemari es dan gosok-gosokkan pada kulit yang berjerawat. Sensasi dingin yang kamu dapatkan itu ternyata mampu mengatasi peradangan dan ruam pada jerawat. Lakukan treatment ini selama lima sampai sepuluh menit untuk kemudian bilas pakai air dingin biasa.

Selain membantu menghilangkan jerawat, es batu ternyata juga berguna untuk mengangkat sel kulit mati, membuka pori-pori kulit, dan mengeluarkan kotoran yang dapat memicu munculnya jerawat.

Uap Air Garam

Sudah sejak lama diketahui kalau uap air sering dimanfaatkan sebagai salah satu perawatan kecantikan. Tak ada salahnya buat dicoba karena uap air ternyata memang memiliki fungsi untuk melebarkan pembuluh darah pada wajah. Dengan begitu sel-sel kulit bisa ternutrisi dengan baik. Mau jerawat menyebalkanmu hilang dengan cepat? Coba manfaatkan uap air garam. Caranya, masukkan 5-10 sendok garam ke air panas mendidih dan uapkan pada wajah. Lakukan selama tiga menit saja dan rasakan bedanya.

Itu tadi 20 cara menghilangkan jerawat dalam sekejap yang bisa kamu coba. Bahan-bahan yang dipakai ternyata amat akrab dengan kehidupan sehari-hari, bukan? Segera temukan langkah mana yang cocok buat kulitmu dan bersiap menjaga rasa percaya diri dengan ketiadaan jerawat di wajahmu.

Kalau kulit wajah bersih dan bebas dari jerawat, segala urusan bakal lebih lancar karena kamu melakukan semuanya dengan lebih percaya diri. Jadi, nggak ada alasan lagi deh jerawat bakal ganggu hari-harimu. Yuk cobain sekarang juga!

(kpl/zki)

Join Kapanlagi.com