22 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Zaki Mursidan Baldan | Kamis, 29 Agustus 2019 05:14 WIB
22 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Kapanlagi.com - Ketika pertama kali mendengar daun sirih, seketika terbayang bagaiman daun tersebut sering dipakai oleh para orang tua untuk menyehatkan gusi dan gigi. Kamu tentunya nggak asing dong sama pemandangan kakek atau nenek mengunyah daun sirih hingga bibirnya berwarna merah? Atau kamu pernah terbersit keinginan untuk memanfaatkannya juga demi keperluan kesehatan?

Jangan salah KLovers, ternyata daun sirih itu punya beragam khasiat luar biasa, nggak cuma buat menyehatkan gigi aja. Kalau ditelusuri lebih dalam, ada banyak banget kebaikan yang bisa dipetik dari daun sirih. Biar tahu lebih lengkapnya, berikut 35 manfaat daun sirih yang harus kamu tahu.

Bantu Sembuhin Luka

Daun sirih dikenal memiliki kadar antioksidan yang cukup tinggi dan dapat diandalkan untuk membantu prosess penyembuhan luka dengan lebih cepat. Cara pengolahannya pun juga cukup sederhana lho, KLovers. Yang perlu kamu lakukan cuma oleskan saja daun sirih pada luka, setelah itu bungkus dengan perban dan dijamin sembuh dalam kurun waktu sekitar satu sampai dua hari.

Meredakan Mimisan

Fungsi yang satu ini tentunya juga nggak asing sama kamu. Daun sirih sering banget diandalkan buat mengtasi mimisan karena bila dilihat cara kerjanya mirip dengan proses penyembuhan luka. Yup daun sirih kaya akan antioksidan tannin yang berfungsi buat mempercepat respon tubuh dalam menyembuhkan luka. Zat tersebut dapat membekukan darah lebih cepat dan menutup sobekan pada pembuluh darah yang ada di dalam hidung. Dengan begitu, darah mimisan dapat berhenti dengan lebih cepat.

Menyembuhkan Nyeri

Tahukah kamu kalau daun sirih juga memiliki kandungan polifenol bernama chavicol yang cukup tinggi? Zat tersebut memiliki sifat antiinflamasi yang ampuh untuk menyembuhkan nyeri. Ingin membuktikan sendiri? Coba rebus daun sirih hingga mendidih, lalu minum tanpa gula. Dengan seketika rasa nyeri yang muncul bakal hilang.

Pereda Batuk

Lagi sebal karena batuk nggak kunjung berhenti selama berhari-hari? Tenang, untuk meredakanya kamu bisa memanfaatkan daun sirih. Yes, sampai saat ini daun sirih masih dipercaya begitu ampuh dalam membantu menghentikan batuk. Caranya, rebus daun sirih dan konsumsi airnya yang mengandung beragam nutrisi penting, seperti vitamin B dan C, serta alkaloid yang jitu buat meredakan peradangan pada tenggorokan. Langkahnya, ambil lima lembar saja daun sirih dan rebus menggunakan 300 mililiter air selama 15-20 menit. Setelah itu, minum rutin selama sehari satu kali.

Membantu Mengendalikan Gejala Depresi

Depresi termasuk salah satu kondisi yang berat karena dapat mengganggu produktivitasmu. Maka dari itu biar nggak sampai keganggu, siasati dengan cara yang benar ya. Salah satunya adalah dengan menggunakan daun sirih. Sudah ada banyak penelitian yang dilakukan dan berhasil membuktikan jika daun sirih juga ampuh lho untuk membantu menurunkan depresi. Mengunyah atau meminum air rebusannya diklaim dapat memicu otak untuk memproduksi hormon serotonin lebih banyak. Ini yang bakal bikin kamu jadi lebih bahagia.

Mencegah dan Mengobati Gangguan Pencernaan

Fakta lain yang cukup mengejutkan, ternyata daun sirih juga ampuh untuk mencegah sekaligus mengobati gangguan pencernaan. Caranya mudah yaitu dengan meminum rebusan air daun sirih yang ternyata dapat membantu perut untuk menyerap mineral dan aneka nutrisi dari makanan. Kemudian ada cara lain yang bisa dilakukan yakni dengan mengoleskan minyak daun sirih pada bagian perut yang terasa nggak nyaman.

Mencegah Pertumbuhan Karies Gigi

Bukan tanpa sebab para orang tua punya kebiasaan buat mengunyah daun sirih. Bila ditelisik lebih dalam, ternyata memang kandungan daun sirih ini punya manfaat baik buat gigi karena mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi. Ini dia salah satu momok yang paling mengerikan bagi kesehatan gigi.

Membantu Pola Diet

Kabar gembira buat kamu yang sedang menjalankan program diet, karena daun sirih ternyata bisa membantu buat menurunkan berat badan. Coba rutinkan minum air rebusan daun sirih yang dapat memberikan efek positif berupa peningkatan sistem metabolisme tubuh. Selain itu, kebiasaan tersebut juga dapat membantu peningkatan sekresi pencernaan dan menghilangkan kadar air berlebihan pada tubuh.

Menyembuhkan Infeksi

Sudah sedari lama diketahui kalau daun sirih dikenal sebagai antiseptic yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit infeksi. Untuk memperoleh manfaat efek antiseptiknya, kamu bisa mencoba merebus dan memakainya sebagai obat kumur. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan air rebusan daun sirih itu buat membersihkan bagian tubuh yang lain.

Mengobati Tukak Lambung

Daun sirih khususnya yang jenis daun sirih merah, dikenal memiliki kandungan vitamin C dan zat antiseptik yang punya fungsi luar biasa dalam melawan kuman penyebab tukak lambung. Caranya juga nggak susah-susah banget kok, yang perlu kamu lakukan cuma mengunyah satu sampai dua lembar daun sirih dan biarkan selama sepuluh menit setelah itu buang. Lakukan selama minimal dua kali sehari aja ya, KLovers.

Mengobati Gusi Berdarah

Daun sirih ini diketahui memiliki kandungan saponin, kalsiun, tanin, dan mineral fosfor. Zat-zat tersebut memiliki fungsi untuk membantu meredakan peradangan pada gusi berdarah. Untuk memanfaatkanya juga cukup mudah, tinggal rebus 10 lembar daun sirih merah dan gunakan airnya untuk berkumur tiga kali sehari.

Mengatasi Sembelit

Sembelit alias susah buang air besar tentunya menimbulkan perasaan nggak nyaman, terlebih bagi kamu yang memiliki aktivitas padat. Tak perlu khawatir karena gejala tersebut bisa diatasi dengan memanfaatkan daun sirih karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat diandalkan dalam mengatasi sembelit. Kemudian ada juga antioksidan yang dapat membantu mengatur tingkat pH lambung. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan merendam daun sirih ke dalam air dan simpan selama semalaman penuh. Minum dalam kondisi perut masih kosong.

Turut Membantu Menjaga Kesehatan Mulut

Khasiat lain yang dimiliki daun sirih adalah menyegarkan nafas dan melindungi mulut dari kuman dan bakteri. Sehingga ketika mengunyahnya, otomatis organ mulut juga akan dibersihkan. Daun sirih memang memiliki kemampuan untuk mencegah dan memperkuat kerusakan gigi serta memperkuat gusi. Selain mengunyah, kamu juga bisa menggunakannya sebagai obat kumur dengan cara merebusnya terlebih dahulu.

Mengatasi Masalah Pernafasan

Kamu sedang mengalami gangguan pernafasan? Coba atasi dengan daun sirih yang ternyata sangat baik buat mengobati masalah pernafasan. Yup, daun sirih sanggup memberikan efek lega pada orang-orang yang menderita sesak dan asma. Caranya, kamu bisa menghangatkan bagian dada dengan ekstrak daun sirih. atau coba rebus dengan beberapa bahan lain seperti kapulaga, cengkeh, dan kayu manis. Minum selama tiga kali sehari biar khasiatnya benar-benar bisa kamu rasakan.

Mengatasi Saluran Kemih yang Infeksi

Penting buat diketahui juga jika daun sirih memiliki sifat diuretik yang berfungsi untuk membuang kelebihan garam dan air melalui urin. Dengan begitu, gangguan pada saluran kemih bisa perlahan teratasi. Coba tumbuk daun sirih dan campur dengan sedikit air lalu saring, setelah itu minum, deh! Gampang, kan?

Mengatasi Berbagai Permasalahan Kulit

Makin menarik lagi karena daun sirih ternyata juga bisa dijadikan obat yang baik untuk mengatasi berbagai macam gangguan pada kulit. Misalnya saja, luka, gatal, hingga bau badan. Yang perlu kamu lakukan cuma menumbuk daun sirih dan ambil ekstraknya. Kemudian campurkan dengan sedikit kunyit dan oleskan pada bagian yang bermasalah. Atau kamu bisa juga merebus daun sirih dan menggunakannya untuk mencuci muka. Penggunaan rutin seperti ini dijamin ampuh buat menghilangkan masalah pada jerawat dalam beberapa hari.

Menurunkan Gula Darah

Banyak ahli yang menyatakan jika mengonsumsi air rebusan daun sirih punya kemampuan luar biasa untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Daun sirih diketahui memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh. Namun mesti tetap diperhatikan kalau sebelum melakukan treatment dengan daun sirih, pastikan kamu sudah berkonsultasi dengan dokter, ya.

Menangkal Kanker

Daun sirih mengandung antioksidan eugenol yang punya manfaat luar biasa untuk memerangi radiokal bebas pemicu kanker. Ingin membuktikannya? Coba ambil sepuluh sampai dua belas lembar daun sirih dan rebus dengan air selama 15 menit saja. Lalu pisahkan, kemudian tambahkan sedikit madu pada airnya lalu minum, deh. Konsumsi setiap hari biar kamu bisa merasakan sendiri manfaatnya.

Ampuh untuk Meningkatkan Energi

Saat butuh asupan energi agar lebih semangat dalam merampungkan tugas sehari-hari, nggak ada salahnya untuk coba mengandalkan daun sirih. bahan ini memiliki berbagai kandungan zat aktif yang mirip seperti nikotin dan kafein. Bahan-bahan tersebut punya kemampuan untuk memproduksi hormon adrenalin yang bisa bikin kamu lebih fokus dan berenergi dalam melakukan beragam aktivitas.

Mengangkat Kotoran dan Debu Pada Wajah

Kalau ingin punya kulit wajah yang bersih, bisa pakai daun sirih, KLovers. Caranya, gunakan rebusan daun sirih untuk mencuci muka di pagi hari. Pastikan kamu rutin melakukan kebiasaan ini setelah bangun tidur.

Mematikan Bakteri Penyebab Bisul

Bisul jadi salah satu gejala penyakit kulit yang menyebalkan dan mengganggu. Tenang, untuk mencegahnya kamu bisa mengandalkan air rebusan daun sirih yang punya fungsi penting membunuh bakteri jahat penyebab munculnya bisul. Tapi kalau mau lebih ampuh lagi, coba gabungkan perasan air daun sirih dengan sedikit air kunyit. Oleskan pada wajah untuk kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas sampai bersih deh.

Mencegah Munculnya Komedo Mengganggu

Selain jerawat atau bisul gejala lain yang cukup menyebalkan adalah komedo. Biasanya cara untuk menghilangkan komedo adalah dengan memencetnya. Tapi tentu saja cara ini biasanya bikin kamu kesakitan dan mata berair. Sebenarnya tak perlu seperti itu karena kamu bisa menggunakan daun sirih. Langkahnya, rebus daun sirih dan ketika airnya sudah dingin, basuhkan ke seluruh bagian wajah dengan merata. Rasakan sendiri manfaatnya!

Itu tadi 20 manfaat luar biasa yang bisa diperoleh dari daun sirih. Luar biasa ya, ternyata daun ini memiliki beragam khasiat yang bisa jadi solusi dari segala permasalahan yang kamu temui dalam kehidupan sehari-hari. Tak perlu tunggu lama lagi, segera buktikan sendiri, yuk!

(kpl/zki)

Join Kapanlagi.com