ADVERTORIAL

3 Alasan Asyik Bandung Cocok untuk Membangun Industri Kreatif

Wuri Anggarini | Kamis, 12 Desember 2019 14:03 WIB
3 Alasan Asyik Bandung Cocok untuk Membangun Industri Kreatif

Kapanlagi.com - Apa sih yang pertama kali terlintas dalam pikiranmu saat mendengar kata Bandung? Kulinernya yang selalu berhasil memanjakan perut, alamnya yang sukses bikin jatuh cinta, dan obyek wisata yang bikin liburan makin seru mungkin jadi beberapa hal yang mengingatkanmu tentang Bandung.

Tapi, tahu nggak sih kalau Kota Kembang ini nggak hanya cocok buat jadi tujuan traveling aja? Yup, Kota Kembang ini juga cocok menjadi tempat buat kamu yang ingin bergelut dalam industri kreatif! Nggak percaya? Mau tahu alasannya? Glints merangkumnya buat kamu nih!

Silicon Valley Versi Indonesia

Tahu nggak sih kalau Bandung mendapat julukan sebagai Silicon Valley-nya Indonesia? Dikutip dari Tech in Asia, Bandung ternyata menjadi kota yang kondusif bagi tumbuh kembang perusahaan rintisan (startup) di tanah air.

Salah satu faktor utamanya adalah karena sekitar 60% masyarakat Bandung masih berusia di bawah 40 tahun, memiliki literasi teknologi yang baik, dan siap bekerja di masa produktif. Nggak hanya itu, pemerintah daerah juga mendukung pengembangan pendidikan teknologi informai di lebih dari 80 lembaga pendidikan tinggi. Ini dia salah satu faktor utama yang menjaga keberlangsungan startup di Bandung.

Memang sih nggak semu startup fokus di industri kreatif, sama halnya dengan loker Bandung yang tersedia di portal pencarian kerja. Tapi, kehadiran startup ini sendiri sudah jadi petunjuk adanya inovasi dan kreativitas dari masyarakat. Nah, makin siap tinggal dan kerja di Bandung?

Bagian dari UNESCO Creative Cities Network

Tahu nggak sih kalau sejak tahun 2015 Bandung sudah terpilih menjadi anggota UNESCO Creative City Network (UCCN) untuk kategori desain. Menurut situs Cities of Design Network, desain nggak hanya dilihat dari pembangunan fisik dan lingkungan aja, tapi juga gimana sebuah kota menggunakan metode design thinking untuk menyelesaikan masalah urban.

Nggak hanya Bandung, ada juga kota di negara lain yang jadi anggota UCCN. Seperti Seoul (Korea Selatan), Shenzen (Tiongkok), Helsinki (Finlandia), dan masih banyak lagi.

Dengan keanggotaan ini, Bandung tentu semakin serius mengembangkan industri kreatifnya. Pemerintah daerah telah menetapkan tujuh distrik untuk revitalisasi industri kreatif lokal. Mulai dari sepatu Cibaduyut, jeans Cihampelas, hingga tempe Cibuntu.

Nah, pengembangan itu tak hanya di ranah domestik, lho. Produk industri kreatif Bandung bisa berpartisipasi di berbagai konferensi, festival, dan pameran tingkat internasional yang diselenggarakan di kota ini. Dengan begitu, industri kreatif lokal pun bisa mendunia.

Keseriusan Bandung, baik pemerintah maupun masyarakat, dalam menggarap industri kreatif sudah mendapat pengakuan negara-negara lain, juga masih akan terus tumbuh ke depannya. Jadi, kalau kamu mencari loker Bandung yang berkaitan dengan industri kreatif, kamu akan punya banyak kesempatan belajar, menambah kemampuan, dan membangun karier cemerlang.

Punya Investasi Modal Terbesar Sepanjang 2018

Fakta lainnya, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat investasi modal dari dalam dan luar negeri di Jawa Barat menjadi yang terbesar di Indonesia sepanjang tahun 2018. Nilai investasi itu mencapai Rp 116,9 triliun atau sekitar 16,2% dari seluruh total investasi yang masuk, mengalahkan DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Dengan nilai investasi sebesar itu, Bandung sebagai salah satu kota di Jawa Barat dan segala sumber dayanya berarti mulai dilirik dan mendapat perhatian para investor. Jika investor terus memberikan dananya pada berbagai perusahaan di Bandung, maka proses produksi dan bisnis mereka pun akan berjalan lancar ke depannya. Jadi, kalau kamu berniat mencari loker Bandung juga punya peluang besar untuk memperoleh gaji yang kompetitif. Seru, kan?

Itu tadi beberapa alasan yang bisa makin meyakinkan kamu untuk mencari loker Bandung, terutama di ranah industri kreatif untuk mencurahkan kreativitasmu. Kunjungi Glints Indonesia untuk mendapatkan Info Loker Bandung terbaru. Yuk, segera daftar Glints!

(adv/wri)

Editor :  

Wuri Anggarini

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com