Benarkah Virus Corona Covid Bisa Menyebar Melalui AC? Ini Faktanya

Galuh Esti Nugraini| Kamis, 09 April 2020 14:55 WIB
Galuh Esti Nugraini | Kamis, 09 April 2020 14:55

Kapanlagi.com - Penyebaran virus corona covid-19 telah menyebar luar di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Beberapa masyarakat merasa khawatir tentang adanya penyebaran virus yang begitu cepat ini, sehingga ada pula pernyataan apakah bagaimana penyebaran virus corona covid-19 juga melalui AC atau pendingin udara?

Hal ini membuat para ilmuwan dan pemerintah mencari tahu apakah virus corona covid-19 dapat menyebar melalui AC atau pendingin udara. Dan akhirnya pernyataan tersebut di bantah oleh WHO (World Health Organization) yang menyatakan bahwa virus corona covid-19 tidak dapat menyebar melalui AC atau pendingin udara.

Dan apa saja yang membuktikan bahwa virus corona tidak menyebar melalui udara? dilansir dari beberapa sumber, inilah bukti bahwa virus corona covid-19 tidak menyebar melalui AC atau pendingin udara.

1 Dari 3 Halaman

1. Bersifat Berat

Bersifat Berat credit: Pixabay
Pada tanggal 28 Maret 2020, WHO mengeluarkan pemberitahuan tegas bahwa virus corona covid-19 tidak dapat menyebar melalui AC atau pendingin ruangan. WHO memberikan penjelasan bahwa virus corona covid-19 memiliki berat dan berat tersebut tidak dapat terbang menuju sebuah AC atau alat pendingin ruangan.

Mengapa virus corona covid-19 memiliki beban yang berat? Saat di luar dari tubuh manusia, atau keluar dari tubuh hewan maka virus corona covid-19 akan segera musnah. Tetapi, Virus tersebut akan bertahan bila dilindungi oleh sebuah cairan yang keluar dari tubuh manusia atau hewan.

Cairan bersifat berat, maka dari itu virus yang di lindungi oleh cairan akan langsung jatuh ke permukaan. Dan bila cairan tersebut mengering, maka virus corona covid-19 juga akan ikut menghilang.

2 dari 3 halaman

2. Jarak Hirup

Jarak Hirup credit: Pixabay
Bukti yang kedua yaitu jarak hirup, seorang manusia dapat tertular dengan pasien virus corona covid-19 bila ia menghirup udara dengan jarak 1 meter.

Ini membuktikan bahwa, virus ini tidak menularkan manusia melalui udara. Hal tersebut karena virus corona covid-19 tidak dapat bertahan sejauh 1 meter untuk terbang di udara karena berat yang dimiliki.

Virus akan akan langsung jatuh ke salah satu benda atau pada bagian tubuh kita yang terkena paparan bersin atau batuk seseorang yang terinfeksi. Hal tersebut akan membuat benda atau bagian dari tubuh kita terkontaminasi virus corona covid-19.

Benda yang terkontaminasi tersebut bila tidak sengaja tersentuh oleh tangan kita, maka melalui tangan inilah virus akan masuk ke dalam tubuh dengan menyentuh bagian mulut, hidung atau mata.

Itulah mengapa anjuran untuk mencuci tangan dengan sabun dan tidak menyentuh langsung bagian wajah menggunakan tangan yang kotor sangat diperlukan, karena virus dapat menyebar dengan cepat melalui hal tersebut.

3 dari 3 halaman

3. Melakukan Sebuah Uji

Melakukan Sebuah Uji credit: Pixabay
Dilansir dari merdeka.com, Dr. Maher Balkis berkata bahwa. "Sejauh ini, kami belum melihat bukti bahwa virus yang menyebabkan Covid-19 dapat menyebar melalui sistem pendingin udara. Virus ini menyebar melalui tetesan yang dapat melayang di udara untuk waktu yang singkat sebelum menetap di permukaan".

Sebuah study kasus juga dilakukan kepada sekelompok orang yang terkena virus corona covid-19 dalam satu restoran, dan hasilnya membuktikan bahwa virus corona covid-19 tidak menyebar melalui AC atau pendingin udara.

"Namun, ada kemungkinan bahwa arus udara yang disebabkan oleh pendingin udara mungkin memungkinkan tetesan di udara menyebar lebih jauh dari yang seharusnya," tambahnya.

Hal tersebut dapat membuat virus corona covid-19 dapat melakukan perluasan dan penyebaran di berbagai penjuru melalui udara, tetapi hal ini juga belum bisa dipastikan kebenarannya.

"Temuan ini didukung oleh apa yang kita ketahui tentang virus lain seperti influenza, yang tidak diketahui menyebar melalui sistem saluran udara, melainkan menyebar melalui kontak dekat dan tetesan yang terinfeksi," tutup Dr. Maher Balkis.

Itulah beberapa bukti yang menyatakan bahwa virus corona covid-19 tidak menyebar melalui AC atau pendingin udara, ini di buktikan dengan adanya penelitian dan bukti-bukti yang terjadi bagaimana virus corona covid-19 tidak menyebar melalui udara.

(kpl/dhm/gen)

Editor:  

Dhia Amira

Join Kapanlagi.com