3 Cara Mencukur Bulu Kaki Agar Tak Cepat Tumbuh, Praktis dan Layak Dicoba

Editor KapanLagi.com | Sabtu, 24 Juli 2021 13:22 WIB
3 Cara Mencukur Bulu Kaki Agar Tak Cepat Tumbuh, Praktis dan Layak Dicoba

Kapanlagi.com - Tumbuhnya rambut pada seluruh tubuh manusia, sebenarnya merupakan hal yang wajar. Namun, beberapa orang merasa tak nyaman dengan ketebalan rambut yang tumbuh di bagian tertentu, misalnya pada kaki. Maka wajar jika kini kalian pun mencari tahu tentang cara cukur bulu kaki agar tak cepat tumbuh.

Selain membuat kalian tak percaya diri saat mengenakan pakaian terbuka, pertumbuhan bulu kaki yang terlalu cepat terkadang juga bikin sebal. Pasalnya, jika bulu kaki tumbuh dengan cepat, itu berarti intensitas kalian untuk bercukur juga akan lebih sering. Oleh karena itu, kalian perlu menyimak cara cukur bulu kaki agar tak cepat tumbuh berikut ini untuk menghemat waktu bercukur.

Cara cukur bulu kaki agar tak cepat tumbuh ini juga bisa mencegah tumbuhnya rambut kasar yang sering mengganggu kenyamanan. Selain itu, ada juga metode lain untuk menghilangkan bulu kaki yang praktis dan bisa kalian lakukan sendiri di rumah. Untuk tahu lebih lengkapnya, silakan simak informasi yang dilansir dari beberapa sumber berikut ini.

 

1. Cara Cukur Bulu Kaki Agar Tak Cepat Tumbuh

Mencukur merupakan cara yang umum dilakukan untuk menghilangkan bulu kaki. Masalahnya, mencukur menyebabkan bulu yang tumbuh selanjutnya menjadi lebih cepat dan kasar. Namun tenang, berikut ini ada tips cara cukur bulu kaki agar tak cepat tumbuh.

- Basahi kaki dengan air hangat

Membahasi kaki dengan air hangat dan mendiamkannya sekitar 2-4 menit berfungsi untuk membuka pori-pori kulit dan folikel rambut. Dengan begitu rambut akan mudah tecukur dari pangkal ke ujungnya. Hal terpenting yang perlu kalian perhatikan, jangan mencukur saat kulit kering karena berisiko melukainya.

- Gunakan scrub

Penggunaan scrub sebelum mencukur akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran pada kaki. Selain itu, scrub juga bisa membuat rambut kecil yang tersembunyi jadi muncul ke permukaan kulit. Dengan begitu, kalian bisa memastikan untuk mencukur rambut hingga bersih.

- Gunakan krim cukur

Pengolesan krim cukur atau kondisioner rambut sebagai alternatif bisa membuat kulit menjadi licin saat mencukur. Hal itu akan mencegah kulit terluka saat proses mencukur. Hindari penggunaan sabun mandi karena tak cukup membuat kulit licin sehingga kulit masih berisiko untuk terluka.

- Perhatikan penggunaan pisau cukur

Pemilihan alat cukur menjadi faktor penting dalam membersihkan bulu kaki. Pilih alat yang memiliki lebih dari satu mata pisau agar lebih efektif. Jangan lupa untuk mengganti atau menjaga kebersihan alat cukur agar tak jadi sarang bakteri yang berpotensi memunculkan ruam, jerawat hingga infeksi.

Arah pisau saat mencukur juga jadi penentu efektivitas pembersihan rambut. Menentukan arah cukur dari bawah ke atas merupakan salah satu cara cukur bulu kaki agar tak cepat tumbuh. Arah berlawanan dengan tumbuhnya rambut ini mampu menjangkau hingga sangat dekat pada akar rambut. Mencukur bulu kaki dalam satu tarikan panjang dari pergelangan menuju ke atas membuatnya jadi tak cepat tumbuh sehabis dicukur.

- Gunakan pelembap

Langkah terakhir dan tak kalah penting dalam proses mencukur, yaitu mengoleskan pelembap pada kaki. Pengolesan pelembap setelah mencukur bisa menjaga kulit tetap halus. Kandungan emolien di dalamnya juga bisa membuat bulu yang akan tumbuh menjadi lebih halus.

2. Cara Cukur Bulu Kaki Agar Tak Cepat Tumbuh Dengan Krim

Krim yang dimaksud dalam cara cukur bulu kaki agar tak cepat tumbuh ini berbeda dengan krim cukur yang sempat disebut di atas. Krim ini digunakan untuk menghilangkan bulu dengan metode depilatori yang bisa prosesnya tanpa menggunakan alat cukur.

Cara kerja metode ini adalah memecah struktur protein rambut sehingga bisa terangkat dengan mudah saat mengelapnya setelah 7-10 menit setelah pengolesan. Namun, ada hal yang perlu kalian perhatikan sebelum menentukan produk krim ini karena tak selalu cocok dengan semua jenis kulit.

Kalian perlu melakukan tes sederhana sebelum mengaplikasikannya secara keseluruhan. Lakukan tes dengan cara mengoleskan sedikit krim ke kulit dan tunggu reaksinya. Jika tak ada gejala alergi atau iritasi, kalian bisa menggunakannya sebagai cara cukur bulu kaki agar tak cepat tumbuh.

3. Cara Menghilangkan Bulu Kaki Dengan Waxing

Selain mencukur dan penggunaan krim, waxing merupakan cara cukur bulu kaki agar tak cepat tumbuh yang cukup populer. Namun, metode ini akan maksimal jika rambut yang tumbuh sudah cukup panjang. Jika rambut yang tumbuh masih pendek, wax atau lilin yang kalian gunakan tidak mampu menarik bulu dari kulit secara maksimal.

Produk waxing secara mandiri pun sudah banyak dijual di pasaran. Kalian bisa mengoleskannya sendiri di atas kulit mengikuti arah pertumbuhan rambut. Kemudian, letakkan plester bisa berupa kain khusus di atasnya. Tunggu beberapa saat, lalu tarik kain tersebut dan rambut yang sudah menempel pada wax akan tercabut.

Dibutuhkan kehati-hatian yang lebih saat kalian menempuh metode ini karena biasanya timbul rasa sakit atau tak nyaman saat proses penarikan plester. Hal itu bisa meninggalkan bekas kemerahan pada kulit hingga berisiko terjadi infeksi. Namun, semakin sering kalian melakukan proses ini, risiko infeksi akan semakin berkurang.

Selain itu, kalian juga perlu mengoleskan pelembab dan produk perawatan lain secara rutin pada kaki agar tetap sehat dan lembut.

KLovers, itulah beberapa cara cukur bulu kaki agar tak cepat tumbuh yang bisa kalian praktikkan sendiri di rumah. Perhatikan betul setiap langkahnya untuk mendapatkan hasil maksimal.

(Sumber: Halodoc.com, Sehatq.com)

(kpl/ans)

Editor:   Anik Setiyaningrum

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com