Wabah Virus Corona Covid-19, Ini 3 Dampak yang Terjadi di Dunia Hiburan

Galuh Esti Nugraini| Kamis, 26 Maret 2020 13:41 WIB
Galuh Esti Nugraini | Kamis, 26 Maret 2020 13:41

Kapanlagi.com - Saat ini banyak sekali dampak yang terjadi akibat virus corona. Tak terkecuali dampak yang merugikan di banyak bidang, salah satunya yaitu pada dunia hiburan.

Pada perkembangan yang terus melangkah maju saat ini, dunia hiburan menjadi sesuatu yang penting bagi setiap masyarakat yang ada di seluruh dunia. Misalnya saja di dunia perfilman, menurut Screen Digest ada 3.000 film diproduksi setiap tahunnya. Ribuan kali orchestra digelar dan ratusan kali konser digelar.

Ini membuktikan bahwa, banyak sekali minat dari orang-orang terhadap dunia hiburan. Tetapi dengan adanya wabah virus corona yang sedang terjadi, banyak sekali kerugian pada dunia hiburan yang terjadi saat wabah virus corona berlangsung.

Kerugian tersebut terjadi pada banyak bidang hiburan. Dan inilah 3 dampak di dunia hiburan saat wabah virus corona.

1 Dari 3 Halaman

1. Bioskop Tutup

Bioskop Tutup © twitter/007
Ada beberapa film yang juga mendapatkan kerugian akibat wabah virus corona yang sedang terjadi saat ini. Kerugian tersebut dikarenakan penundaannya film Box Office serta tutupnya biskop-bioskop di berbagai dunia, termasuk Indonesia.

Beberapa film Box Office yang mengalami penundaan antara lain, JAMES BOND 'NO TIME TO DIE', MULAN, A QUITE PLACE 2, dan FAST AND FURIOUS 9. Apalagi seperti yang dilansir di The Hollywood Reporter, A QUITE PLACE 2 telah memakan biaya sekitar 30 juta dollar Amerika, atau sama dengan 495 miliar rupiah. Lalu ada, JAMES BOND 'NO TIME TO DIE' yang memakan biaya sekitar 50 juta dollar Amerika atau sama dengan 825 miliar rupiah namun harus ditunda penayangannya.

Penutupan biskop ini bukan hanya terjadi di Indonesia, tetapi di beberapa negara juga sudah memberlakukan penutupan bioskop untuk mengurangi risiko penularan virus corona. Di Indoenesia sendiri, yang pertama kali memberlakukan penutupan bioskop yaitu di wilayah provinsi DKI Jakarta.

Pemerintah provinsi DKI Jakarta mewajibkan penutupan sementara kegiatan operasional usaha hiburan sehubungan dengan merebaknya virus corona atau COVID-19. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Cucu Ahmad Kurnia, dalam jumpa pers di Balai Kota, Jumat (20/3/2020).

2 dari 3 halaman

2. Batalnya Konser Musik

Batalnya Konser Musik © KapanLagi.com
Datang ke konser musik rupanya menjadi agenda wajib yang dilakukan anak-anak muda yang gemar dengan suatu genre musik tertentu. Dengan terjadinya wabah virus corona ini, banyak sekali konser-konser yang harus ditunda bahkan dibatalkan. Tak hanya di Indonesia saja bahkan duni.

Hal ini pun membuat dunia hiburan kembali ikut terdampak. Ada pula artis yang akhirnya memutuskan untuk tidak mengikuti kegiatan konser, dengan alasan virus corona yang sedang mewabah di berbagai belahan dunia. Dilansir dari Liputan6 beberapa artis yang diketahui membatalkan konsernya di Indonesia yaitu Rich Brian, band metal dari Italia Lacuna Coil, Khalid, dan band metal Vulvodynia.

Bagi penggemar K-pop juga harus bersedih karena bukan hanya konser tetapi beberapa meet and greet juga harus ditunda. Beberapa konser K-pop yang mengalami penundaan yaitu AB6IX dan juga solo konser milik Kim Jae Joong harus mengalami penundaan.

3 dari 3 halaman

3. Ditutupnya Pertunjukan Langsung

Ditutupnya Pertunjukan Langsung Pixabay
Pertunjukan langsung juga ikut terdampak atas wabah virus corona yang sedang berlangsung. Ya, seperti teater, opera dan tarian. Adanya virus corona banyak sekali pertunjukan langsung yang ditiadakan untuk sementara waktu, hingga kondisi stabil kembali.

Padahal pertunjukan langsung juga termasuk yang miliki pendapatan tertinggi pada dunia hiburan. Di berbagai negara pertunjukan langsung memiliki khasnya masih-masing. Untuk di Indonesia, banyak sekali pertunjukan langsung seperti pertunjukan tari Ramayana yang ada di candi Prambanan, sebut saja Ramayana Ballet.

Atau pertunjukan langsung Tari Kecak yang berada di Bali dan masih banyak lagi pertunjukan langsung yang terjadi di berbagai belahan dunia yang harus mengalami penundaan ataupun penutupan sementara akibat wabah virus corona.

Itulah 3 dampak dalam dunia hiburan karena adanya wabah virus corona. Kebanyakan orang-orang saat ini melakukan hiburan sendiri di dalam rumah mereka dan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah bersama dengan keluarga dan hiburan melalui media internet.

(kpl/dhm/gen)


Editor:  

Dhia Amira

Join Kapanlagi.com