Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

3 Lifehack yang Efektif Mengatasi Laptop Lemot, Patut Dicoba Sebelum Diservis

Editor KapanLagi.com | Sabtu, 02 April 2022 12:32 WIB
3 Lifehack yang Efektif Mengatasi Laptop Lemot, Patut Dicoba Sebelum Diservis

Kapanlagi.com - Semakin kesini, peran laptop menjadi sangat penting untuk menunjang kebutuhan harian. Mulai dari bekerja, hobi, hingga belajar para siswa kini bergantung pada komputer jinjing tersebut.

Meski begitu, hambatan sering muncul ketika laptop yang biasa digunakan sehari-hari menjadi lemot. Jika dibiarkan, hal ini bisa mempengaruhi produktivitas sekaligus menghilangkan mood untuk beraktivitas.

Jangan buru-buru diservis, KLovers. Lakukan 3 hal ini untu membuat laptomu bisa menemukan performanya kembali. Apa saja?

1. Hapus Cache

Menumpuknya file cache menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lemot. File cache sendiri memiliki fungsi untuk menyimpan data yang telah diakses sebelumnya. Namun, tumpukan cache yang tersimpan inilah yang membuat laptop jadi terasa berat.

Oleh sebab itu, rajin-rajin menghapus cache akan membantu meringankan kinerja laptop. Caranya pun cukup mudah.

  • Buka Run dengan cara klik Windows + R
  • Setelah muncul kolom search, masukkan kata kunci %temp% yang tersedia dan tekan Enter. Setelah itu, kamu akan diarahkan menuju sebuah folder.
  • Folder itulah yang berisi semua cache. Kamu bisa langsung menghapusnya, dan laptop akan kembali ringan.

2. Pasang Cooling Fan di Laptop

Salah satu penyebab laptop lemot adalah overheat di mesin seperti HDD hingga motherboard. Untuk menurunkan suhu, letakkan laptop di permukaan yang keras, rata, dan tidak mengandung isolator. Setelah itu, pasang cooling fan di bawah laptop. Cara ini akan membantu menurunkan suhu pada laptop kesayangan dan performa akan lebih stabil.

3. Hapus Software Berat

Lemotnya laptop dalam memproses berbagai perintah juga bisa diseabkan oleh kapasitas memori yang penuh atau RAM yang sudah mulai menipis. Untuk itu, cara yang bisa dilakukan adalah menghapus menghapus file yang cukup berat serta software berkapasitas tinggi.

Jika laptop sudah kembali dalam performa terbaik, pastikan juga kamu menyiapkan koneksi internet yang super cepat. Gunakan paket internet dengan bandwith tinggi untuk menunjang aktivitasmu ya!

(kpl/jef)

Reporter:   Jeffrey Winanda

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com