Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

4 Hal yang Perlu Dilakukan dalam Merawat True Wireless Stereo Kesayangan

Editor KapanLagi.com | Kamis, 26 Mei 2022 09:14 WIB
4 Hal yang Perlu Dilakukan dalam Merawat True Wireless Stereo Kesayangan

Kapanlagi.com - Akhir-akhir ini jika ada satu barang yang sangat disesalkan ketika ketinggalan, maka bisa jadi barang itu adalah earphone atau perangkat pendengar personal lainnya. Bukan tanpa alasan, perangkat ini tentunya sangat membantu untuk mendengarkan musik favorit, menonton film, hingga menerima telepon.

Sejak beberapa tahun terakhir, muncul sebuah perangkat generasi terbaru dari earphone yang bernama true wireless stereo. Seperti namanya, perangkat ini bisa dioperasikan tanpa kabel dan memiliki kualitas stereo yang mumpuni dalam memanjakan telinga.

Keunggulan yang dimiliki true wireless stereo atau TWS ini antara lain kualitas suara jempolan, bentuknya ringkas, bisa diakses kapan saja, dan mudah disimpan. Meski begitu, diperlukan trik khusus dalam merawat TWS kesayangan. Seperti apa?

1. Perhatikan Durasi Pengisian Daya

Hadir dengan tanpa koneksi kabel, TWS hadir dengan perangkat portable dengan bantuan daya baterai. Oleh sebab itu, perhatikan secara saksama durasi pengisian daya.

Pengisian daya baterai TWS bervariasi mulai dari satu jam hingga tiga jam tergantung merk dan daya yang dimiliki. Pastikan untuk mengisi daya sesuai manual book yang tertera di TWS kesayanganmu agar performanya tetap terjaga ya.

Penting juga untuk memastikan TWS dalam kondisi mati saat diisi daya. Selain itu, jangan isi daya ketika TWS benar-benar mati total, tapi ketika masih ada daya sekitar 10%-15%

2. Bersihkan Secara Berkala dan Lembut

Pembersihan secara berkala diperlukan agar kualitas audio TWS tetap jernih serta bentuknya tetap elegan. Hal ini penting mengingat kotoran sering menempel sehingga mempengaruhi kualitas suara.

Gunakan cotton buds atau tisu saat membersihkan. Pastikan untuk membersihkannya secara lembut. Jika kotoran membandel, gunakan sedikit cairan alkohol agar bisa mengangkat kotoran lebih optimal.

3. Hindari Penggunaan sambil Tidur

Kebiasaan kurang baik yang sering dilakukan adalah menggunakan earphone dan perangkat lainnya saat tertidur. Hal ini nggak boleh dibiasakan KLovers.

Kebiasaan ini bisa mempengaruhi kesehatan telinga hingga otak. Di samping itu, TWS yang tertindih ketika digunakan saat tidur juga membuatnya rentan mengalami kerusakan.

4. Hindari Menyimpan TWS di Tempat Lembap

Beberapa TWS memang didesain untuk kedap air, namun biasakan untuk meletakkan TWS di tempat yang kering dan sejuk. Kelembapan yang nggak terukur akan berpotensi mengganggu komponen elektromagnetik di dalam TWS yang berpotensi merusak.

Jika TWS terkena keringat setelah digunakan, pastikan untuk mengelapnya secara lembut dan jangan buru-buru dimasukkan ke dalam kotak. Tunggulah beberapa saat hingga TWS benar-benar mengering.

Berbagai tipe TWS siap memanjakanmu lewat kualitas audio yang mengagumkan. Kamu bisa mendapatkannya sekarang juga di e-commerce favoritmu ya!

(kpl/jef)

Reporter:   Jeffrey Winanda

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com