4 Jenis Nasi Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan Bagi Tubuh

Dhia Amira| Kamis, 02 Juli 2020 13:44 WIB
Dhia Amira | Kamis, 02 Juli 2020 13:44

Kapanlagi.com - Nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, dan menjadi makanan wajib yang harus dikonsumsi. Karena bagi masyarakat Indonesia, seseorang belum makan bila belum mengonsumsi nasi. Nasi yang banyak dikonsumsi orang Indonesia adalah nasi putih dan juga nasi merah, yang berasal dari beras merah dan juga beras putih. Tetapi selain 2 jenis nasi tersebut ternyata ada loh beberapa jenis nasi lainnya.

Nasi-nasi tersebut tentu memiliki banyak manfaat dan juga fungsi yang berbeda bagi tubuh. Penasaran apa saja sih manfaat nasi tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 4 jenis nasi beserta manfaatnya yang wajib kalian ketahui. Mungkin saja ada salah satu nasi yang cocok untuk kebutuhan tubuh kalian. Yuk langsung saja di cek.

1 Dari 4 Halaman

1. Nasi Putih

Nasi Putih credit: Pixabay
Jenis nasi yang pertama yaitu ada nasi putih. Nasi ini dapat kita temui di berbagai penjuru Indonesia, hal itu karena nasi putih merupakan makan pokok dari masyarakat Indonesia. Nasi putih yang sering kita konsumsi merupakan salah satu nasi yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi, itulah mengapa nasi ini menjadi salah satu makanan pokok.

Dalam 180 gram nasi putih setidaknya terkandung 50 gram karbohidrat. Tetapi sayangnya kandungan karbohidrat yang terdapat pada nasi putih tidak memiliki kandungan serat yang tinggi, tetapi lebih banyak kandungan gula dan juga pati. Itulah mengapa seseorang yang mengalami penyakit diabetes tidak disarankan bahkan dilarang untuk mengonsumsi nasi putih terlalu banyak.

Tetapi walaupun begitu ada pula beberapa kandungan yang terdapat pada nasi putih. Kandungan tersebut seperti, vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, fosfor, selenium, mangan, dan magnesium. Seperti kandungan vitamin B1 yang baik untuk metabolisme tubuh, lalu ada magnesium yang berfungsi untuk membantu pembentukan tulang dan mengatur kontraksi otot. Serta ada mangan yang berfungsi untuk kerja otak, sistem saraf, dan enzim-enzim di dalam tubuh.

Tetapi perlu diingat bahwa, nasi putih tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebihan karena kandungan gula yang tinggi. Ada baiknya kalian memberikan takaran yang tepat setiap harinya, untuk memberikan energi yang cukup bagi tubuh.

2 dari 4 halaman

2. Nasi Merah

Nasi Merah credit: Pixabay
Jenis nasi yang kedua yaitu ada nasi merah. Nasi merah juga cukup banyak dikonsumsi di Indonesia, dan menjadi jenis nasi nomor 2 yang sering dikonsumsi sebagai makanan pokok. Berbeda dengan nasi putih, nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dan gula yang lebih rendah. Itulah mengapa nasi merah dapat memberikan rasa kenyang yang cukup lama, serta sering digunakan oleh seseorang yang sedang diet.

Nasi merah memiliki banyak kandungan seperti, vitamin B6, serat, zat besi, dan zinc. Kandungan serat yang dimiliki oleh beras merah 6 kali lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih, lalu ada kandungan zat besi yang 2 kali lebih tinggi dari nasi putih, serta kandungan zinc yang 6 kali lebih tinggi dari nasi putih. Manfaat dari beras merah juga cukup banyak seperti, menjaga berat badan, mengontrol gula darah, menjaga daya tahan tubuh, menjaga kesehatan tulang, antioksidan alami, serta menjaga kesehatan jantung.

Tidak hanya itu saja, kandungan glikemik pada nasi merah sangat rendah sehingga tidak akan membuat gula darah pada tubuh naik. Dan sangat cocok menjadi makanan pokok bagi para penderita diabetes, dan seseorang yang ingin diet sehat.

3 dari 4 halaman

3. Nasi Hitam

Nasi Hitam credit: Pixabay
Nasi hitam, menjadi salah satu jenis nasi yang juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Nasi ini cukup sedikit dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, biasanya yang mengonsumsi nasi hitam adalah seseorang yang sedang diet. Walaupun memiliki warna hitam, tapi ternyata nasi ini memiliki banyak kandungan loh KLovers.

Dalam nasi hitam memiliki banyak kandungan seperti, tinggi akan antioksidan, tinggi protein, kaya akan vitamin dan mineral, serta bebas gluten. Bahkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Zhimin Xu, profesor teknologi pangan di Louisiana State University menyatakan bahwa, satu sendok makan nasi hitam mengandung antioksidan, serat, dan vitamin E yang jauh lebih tinggi daripada blueberry dalam jumlah sama.

Bahkan kandungan vitamin pada nasi hitam terdiri dari vitamin E, B1, B2, B3, B6, zinc, magnesium, dan fosfor. Itulah mengapa mengonsumsi nasi hitam dapat mencegah kita dari berbagai macam penyakit seperti, jantung, diabetes, darah tinggi, dan obesitas. Beras hitam juga dapat memberikan kita pencernaan yang baik, detoks hati, hingga meningkatkan ketajaman fungsi otak.

4 dari 4 halaman

4. Nasi Coklat

Nasi Coklat credit: Shutterstock
Dan jenis nasi yang terakhir yaitu ada nasi coklat, yang juga menjadi salah satu nasi yang memiliki banyak manfaat. Hanya saja nasi coklat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dimasak dari pada nasi putih. Beras coklat memiliki banyak manfaat karena kandungan karbohidrat, serat, vitamin B kompleks, fosfor, fenol, selenium, mangan, kalium, dan magnesium.

Kandungan dalam beras coklat inilah yang memberikan banyak manfaat, seperti menurunkan risiko kanker usus besar, mencegah penyakit jantung, mencegah kanker payudarah, menurunkan kolesterol, mengendalikan gula darah, menguatkan tulang, menguatkan sistem saraf, menjaga sistem pencernaan, dan menjaga berat badan. Itulah mengapa beras coklat banyak dikonsumsi oleh seseorang yang sedang diet.

Itulah 4 jenis beras beserta dengan kandungan dan juga manfaatnya. Semua beras memiliki peran masing-masing dalam tubuh, dan memiliki kesehatan yang baik bagi tubuh. Sesuatu hal yang berlebihan tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik. Maka dari itu apapun jenis nasi yang dikonsumsi ada baiknya diukur dengan benar agar dapat berfungsi dengan baik oleh tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:  

Dhia Amira

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com