4 Tips Belanja Online di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19

Editor KapanLagi.com| Kamis, 09 April 2020 14:22 WIB
Editor KapanLagi.com | Kamis, 09 April 2020 14:22

Kapanlagi.com - Berbelanja online menjadi solusi bagi mereka yang takut untuk bepergian saat pandemi virus corona covid-19. Tips belanja online juga semakin diperhatikan untuk tetap waspada terhadap penyebaran virus ini. Oleh sebabnya, berbelanja online juga harus memperhatikan sejumlah hal supaya tidak terjadi hal-hal yang di luar kendali.

Mentaati anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah, Kini masyarakat mulai mengubah kebiasaannya dengan belanja online. Semua kebutuhan juga sudah tersedia di toko online, oleh sebabnya belanja online menjadi pilihan terbaik di tengah pandemi virus corona.

Selain itu, belanja online tidak repot menggunakan uang tunai untuk membayarnya. Kalian hanya perlu menggunakan metode pembayaran non tunai seperti kartu debit, atau kredit. Penggunaan non tunai di tengah pandemi ini memiliki manfaat agar risiko penularan virus corona kecil dibandingkan menggunakan uang tunai.

Namun, apakah barang yang kalian beli terjamin kebersihannya? Untuk meminimalisir hal tersebut, berikut ini tips belanja online yang perlu kalian ketahui di tengah pandemi virus corona covid-19:

1 Dari 4 Halaman

1. Menerima Paket Tanpa Melakukan Kontak

Menerima Paket Tanpa Melakukan Kontak (credit: freepik)
Langkah pertama yang harus dilakukan ketika menerima paket adalah kalian bisa meminta petugas paket untuk meletakkan paket di depan rumah saja. Hal ini mengingat social distancing atau menjaga jarak antar orang sangat perlu dilakukan.  

Selain itu, hal tersebut dilakukan agar tidak melakukan kontak dengan petugas paket. Tentu cara ini demi menjaga keamanan petugas paket dan diri sendiri. Pada dasarnya, kita tidak pernah tahu virus corona itu berada. Dengan demikian, melakukan pencegahan melupakan langkah yang tepat,

2 dari 4 halaman

2. Semprotkan Paket dengan Cairan Disinfektan

Semprotkan Paket dengan Cairan Disinfektan (credit: freepik)
Tips belanja online selanjutnya yaitu sebelum kalian memasukkan paket ke dalam rumah, ada baiknya kalian menyemprotkan cairan disinfektan ke paket yang telah kalian terima. Menyemprotkan cairan disinfektan bertujuan agar barang tersebut terhindar dari virus maupun mikroorganisme jahat. Jika memungkinkan, kalian dapat mencuci barang yang telah anda beli sebelum digunakan.

Selain itu, sebaiknya paket yang kalian terima dibuka langsung setelah dilakukan steril menggunakan cairan disinfektan. Langkah ini dilakukan supaya kondisi di dalam rumah tetap terjaga kebersihannya.

3 dari 4 halaman

3. Segera Cuci Tangan Setelah Membuka Paket

Segera Cuci Tangan Setelah Membuka Paket (credit: freepik)
Setelah membuka isi paket, buang bungkus paket pada tempat sampah. Lalu pastikan kalian segera mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air yang mengalir. Ada beberapa catatan ketika mencuci tangan, yaitu cuci bersih punggung tangan hingga sela-sela jari selama 20 detik.

Mencuci tangan sangat penting dilakukan, karena sehabis membersihkan barang menggunakan disinfektan dan menyentuh paket, kalian tidak pernah tau dari mana virus berasal. Melakukan pencegahan seperti ini sangat perlu dilakukan.

4 dari 4 halaman

4. Memberikan Tips Secara Virtual

Memberikan Tips Secara Virtual (credit: freepik)
Apabila kalian ingin memberikan tips tambahan kepada petugas paket, ada baiknya anda memberikan secara virtual. Mengapa demikian? Uang merupakan barang yang rawan akan virus maupun bakteri. Di tengah pandemi virus corona seperti ini, mewaspadai hal-hal seperti ini sangat penting.

Nah penjelasan di atas merupakan tips belanja online di tengah pandemi virus corona yang perlu kalian perhatikan. Memang tidak dapat dipungkiri bila masyarakat beralih membeli kebutuhan sehari-hari melalui online. Selain mudah dan praktis, langkah tersebut dapat mengurangi risiko kalian terpapar infeksi corona. Namun, kalian tetap harus memperhatikan tips belanja online guna menjaga diri kalian.

(kpl/dtm/gem)

Editor:  

Dita Tamara

Join Kapanlagi.com