45 Caption Islami Menyejukkan Hati dan Penuh Makna, Sampaikan Ajaran Kebaikan

Rabu, 10 Februari 2021 10:08 WIB
45 Caption Islami Menyejukkan Hati dan Penuh Makna, Sampaikan Ajaran Kebaikan

Kapanlagi.com - Kata-kata yang Islami tak pernah gagal dalam memberikan ketenangan jiwa. Ditulis dengan bahasa yang indah, kata-kata Islami selalu menyentuh hati. Kini, kata-kata islami yang menyejukkan tidak saja bisa ditemukan di kitab suci. Kata-kata tersebut juga bisa ditemukan dalam buku-buku, film, lagu, dan sebagainya. Bahkan di media sosial, caption Islami sudah cukup umum digunakan.

Sama halnya kata-kata Islami, caption yang Islami juga mengandung makna mendalam. Tak jarang, caption Islami juga menyiratkan ajarkan kebaikan yang bisa diterapkan di keseharian. Hal inilah yang kemudian membuat kata-kata dan caption yang bernada Islami cukup populer dan digemari. Selain karena menarik, menuliskan caption yang Islami juga bisa membuat seseorang mendapatkan pahala. Sebab secara tak langsung telah mengajarkan kebaikan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa pilihan caption Islami yang bisa menyejukkan postingan media sosial kalian.

 

 

1. Caption Islami yang Menyejukkan Hati

Kata-kata dalam caption postingan memang harus dibuat semenarik mungkin. Sebab dengan begitu, postingan kita di media sosial akan lebih menarik dan banyak disukai. Memasang caption Islami tidak saja membuat postingan jadi lebih menarik. Tapi juga membuat postingan tampak lebih menyejukkan hati. Pasalnya, setiap kata dalam caption ditulis dalam bahasa yang halus dan indah.

Berikut ini beberapa contoh caption Islami yang menyejukkan hati.

1. "Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi dia melihat hati dan amal kalian." (Nabi Muhammad SAW)

2. "Perempuan itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang." (Ali bin Abi Thalib)

3. "Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." (Abu Hamid Al Ghazali)

4. "Dosaku sangat membebaniku. Tetapi ketika aku mengukurnya dengan rahmat-Mu, Ya Allah, ampunan-Mu lebih besar." (Imam Syafii)

5. "Satu-satunya alasan kita untuk hadir di dunia ini adalah untuk menjadi saksi atas keesaan Allah." (Buya Hamka)

6. "Memangnya kenapa kalau hidup kita tak sempurna? Toh ini bukanlah surga." (Nourman Ali Khan)

7. "Tidak ada wanita di belakang seorang pria hebat. Wanita itu ada di sampingnya. Ia ada bersamanya, bukan di belakangnya." (Tariq Ramadan)

8. "Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar dan bertahanlah, karena Allah tahu di mana batas kemampuanmu."

9. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (QS. Al-Baqarah : 286)

10. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (QS. Ali Imran: 139)

11. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah 216)

2. Caption Islami Ajarkan Kebaikan

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, dalam caption bernada Islami kerap terkandung ajaran kebaikan. Sebab, seperti yang kita tahu Islam merupakan agama yang mengutamakan kebaikan akhlak pemeluknya. Ditulis dengan bahasa yang halus, caption yang Islami mengajarkan kebaikan tanpa terkesan menggurui. Berikut beberapa caption Islami yang mengajarkan kebaikan.

1. "Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (takdir) dari Allah dengan senang hati." (Ali bin Husein)

2. "Bila engkau hendak memuji seseorang, pujilah Allah. Karena tiada seorang manusia pun lebih banyak dalam memberi kepadamu dan lebih santun lembut kepadamu selain Allah." (Umar bin Khattab)

3. "Manusia yang berakal adalah manusia yang suka menerima dan meminta nasihat." (Umar bin Khattab)

4. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." (QS At Taubah 40)

5. "Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar." (Nabi Muhammad SAW)

6. "Jangan mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu." (Imam Asy Syafii)

7. "Jangan berjalan dimuka bumi dengan penuh kesombongan dan congkak karena sebentar lagi engkau akan masuk ke dalam bumi juga."

8. "Datangnya kematian tidak menunggu hingga kamu akan menjadi lebih baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian." (Habib Ali Zainal Abidin)

9. "Orang yang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tetapi orang yang terus istiqomah di tengah godaan."

10. "Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan." (QS. Asy-Syuura : 43)

11. "Barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya." (QS Az-Zalzalah: 7)

3. Caption Islami Bijak

Caption yang Islami tentu berbeda dengan caption biasanya. Caption yang Islami berisikan kalimat singkat yang penuh makna. Caption ini dibuat tidak saja untuk melengkapi dan membuat postingan jadi lebih menarik. Melainkan, caption Islami juga berguna untuk menyampaikan pesan-pesan bijak. Seperti beberapa pilihan caption Islami berikut ini, yang mengandung pesan-pesan bijak di dalamnya.

1. "Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." (Ali bin Abi Thalib)

2. "Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik." (Ali bin Abi Thalib)

3. "Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu." (Ali bin Abi Thalib)

4. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." (Jalaludin Rumi)

5. "Janji Allah tak pernah mengecewakan, dan bila kamu masih merasa kecewa mungkin ada yang salah dengan imanmu."

6. "Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup." (Aa Gym)

7. "Bersyukur atas keterbatasan yang kamu miliki karena hal itu memberimu kesempatan untuk memperbaiki diri."

8. "Jangan risaukan apa yang tidak kita miliki, tapi risaukan hati saat tak bersungguh-sungguh mensyukuri setiap pemberian-Nya."

9. "Lebih baik kehilangan sesuatu demi Tuhan. Daripada kehilangan Tuhan demi mendapatkan sesuatu." (Mufti Menk)

10. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." (QS At Taubah 40)

11. "Menuntut ilmu adalah takwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang-ulang ilmu adalah zikir. Mencari ilmu adalah jihad." (Abu Hamid Al Ghazali)

4. Caption Islami tentang Kehidupan

Kata-kata bijak Islami banyak memberikan petuah tentang kehidupan. Kata-kata yang bisa mendekatkan diri kita pada Allah SWT ini bisa jadi pedoman dalam menjalani hidup yang penuh berkah. Berikut beberapa caption Islami tentang kehidupan.

1. "Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri, karena hasil akhir dari semua urusan di dunia ini sudah ditetapkan oleh Allah. Jika sesuatu ditakdirkan untuk menjauh darimu, maka ia tak akan pernah mendatangimu. Namun jika ia ditakdirkan bersamamu, maka kau tak akan bisa lari darinya." (Umar bin Khattab)

2. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." (QS Al Insyirah 5)

3. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

4. "Hiduplah seperti pohon kayu yang lebat buahnya: hidup di tepi jalan dan dilempari orang dengan batu, tetapi dibalas dengan buah." (Abu Bakar Sibli)

5. "Manfaatkanlah lima hal sebelum datang lima hal: masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kecukupanmu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, masa hidupmu sebelum masa kematianmu."

6. "Kegagalan adalah cara Allah untuk mengatakan bersabarlah karena aku memiliki sesuatu yang lebih baik untukmu saat waktunya tiba."

7. "Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akankamu hidup selamanya. Dan laksanakan urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok."

8. "Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau mempersilakan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan." (Salim A. Fillah)

9. "Bagimu agamamu, bagiku agamaku. Karena sesungguhnya tidaka ada paksaan dalam beragama."

10. "Ilmu tanpa agama adalah suatu kecacatan, dan agama tanpa ilmu merupakan kebutaan."

11. "Datangnya kematian tidak menunggu hingga kamu akan menjadi lebih baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian." (Habib Ali Zainal Abidin)

12. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (QS. Ar Rad: 11)

Itulah di antaranya 45 pilihan caption Islami yang bisa melengkapi sekaligus menyejukkan postingan media sosial. Semoga bermafaat dan menginspirasi!

(kpl/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com