5 Cara Melepas Kangen Bersama Keluarga Saat Tidak Bisa Mudik Lebaran

Dita Tamara| Minggu, 24 Mei 2020 12:11 WIB
Dita Tamara | Minggu, 24 Mei 2020 12:11

Kapanlagi.com - Momen lebaran selalu erat kaitannya dengan mudik di hari raya lebaran. Pulang ke kampung halaman menjadi tujuan setelah sekian lama tak bertemu dengan keluarga tercinta. Namun, hal tersebut rupanya berbeda pada tahun ini. Pandemi corona membuat pemerintah menganjurkan untuk tidak mudik dan tetap berada di rumah. Hal tersebut guna memutus rantai penyebaran virus covid-19.

Mengambil keputusan untuk pulang ke kampung halaman merupakan risiko yang sangat tinggi seseorang dapat tertular covid-19. Sebab, penularan covid-19 tidak dapat di prediksi. Pergerakan penularan virus corona ini sangat mudah sekali, virus dapat ditularkan dari satu manusia ke manusia lainnya. Oleh sebabnya, tingkat kesadaran diri mulai terbentuk dengan tidak mudik lebaran pada tahun ini.

Lalu, bagaimana dengan rasa kangen pada keluarga di kampung halaman? Berikut ini cara melepas kangen bersama keluarga ketika tidak bisa mudik lebaran. Yuk simak ulasan lengkapnya.

1 Dari 5 Halaman

1. Komunikasi Lewat Video Call

Komunikasi Lewat Video Call (credit: freepik)
Kecanggihan teknologi bisa kalian manfaatkan untuk menghubungi keluarga tercinta melalui sambungan telepon maupun melalui video call. Pandemi corona membuat tradisi mudik lebaran kali ini harus tertunda. Dengan komunikasi melalui media sosial, kalian tetap bisa berbincang-bincang melepas rindu. Selain itu kalian juga bisa menikmati sajian lebaran bersama meskipun hanya dalam video call. Setidaknya bisa mengobati sedikit kerinduan dengan orang tercinta di kampung halaman.
2 dari 5 halaman

2. Saling Berkirim Barang

Saling Berkirim Barang (credit: freepik)
Meskipun dalam keadaan jauh, tips selanjutnya melepas kangen bersama keluarga bisa dilakukan dengan cara saling berkirim barang. Hal ini sebagai bentuk perhatian maupun pemberian hadiah untuk keluarga. Misalnya saja, kalian bisa mengirimkan mukena untuk ibu tercinta maupun baju lebaran lainnya. Dengan demikian, keluarga di kampung halaman semakin tenang meskipun belum bisa berjumpa, sekaligus bahagia dengan pemberian sebagai bentuk perhatian.
3 dari 5 halaman

3. Memasak Makanan Khas Keluarga

Memasak Makanan Khas Keluarga (credit: freepik)
Lebaran identik dengan masakan ibu yang menggugah selera dan dinikmati selepas sholat idul fitri. Namun, hal tersebut tentu tidak bisa dilakukan di tahun ini. Untuk melepas rasa kangen tersebut, tidak ada salahnya kalian memasak makanan khas keluarga yang selalu disajikan pada saat lebaran tiba. Dengan demikian, kalian tetap bisa melepas kangen dengan masakan meskipun belum bisa berjumpa dengan keluarga.
4 dari 5 halaman

4. Pasang Foto Keluarga di Handphone

Pasang Foto Keluarga di Handphone (credit: freepik)
Memasang foto keluarga di layar handphone maupun di dinding tidak kalah pentingnya untuk melepas kangen ketika tidak bisa mudik lebaran. Meskipun terdengar klise, namun tips ini bisa kalian terapkan dan bisa sedikit mengobati rindu dengan keluarga. Setidaknya dengan memandangi foto tersebut, bisa membuat kalian mengingat kembali kenangan-kenangan manis bersama keluarga yang mungkin dapat membuat kalian tersenyum sendiri.
5 dari 5 halaman

5. Cari Kesibukan Baru

Cari Kesibukan Baru (credit: freepik)
Terakhir, seringkali perasaan rindu yang menghampiri diri membuat sebagian orang justru makin sedih karena tidak bisa berkumpul di momen lebaran. Oleh sebab itu, ada baiknya kalian tidak mengurung diri dalam kesedihan. Apabila rasa rindu itu semakin tidak tertahankan lagi, langkah yang tepat yaitu mencoba mencari kesibukan baru yang menurut kalian dapat mengurangi rasa rindu terhadap keluarga di kampung halaman.

Itulah tadi beberapa cara melepas kangen bersama keluarga saat tidak bisa mudik lebaran. Pastikan kalian tetap harus berada di rumah demi melakukan pencegahan penyebaran virus corona agar cepat bertemu dengan orang yang tersayang. 

(kpl/dtm)

Editor:  

Dita Tamara

Join Kapanlagi.com