5 Cara Memulihkan Penciuman Saat Anosmia, Waspadai Gejala Covid-19

Anik Setiyaningrum | Selasa, 27 Juli 2021 20:11 WIB
5 Cara Memulihkan Penciuman Saat Anosmia, Waspadai Gejala Covid-19

1. Gejala Anosmia Pada Penderita Covid-19

Beberapa orang menyadari gejala anosmia secara tak sengaja saat melakukan kegiatan sehari-hari, seperti menyemprotkan parfum atau memasak. Saat tak mencium aroma yang seharusnya atau seperti biasanya, mereka baru menyadari bahwa dirinya sedang mengalami anosmia. Sebenarnya juga tak ada tes medis khusus untuk mengetahui gejala tersebut.

Dokter pun akan akan melakukan tes dengan menyodorkan wewangian atau makanan beraroma untuk melihat reaksi pasien. Itu berarti, dokter pun bergantung pada pelaporan pasien tentang diagnosisnya. Meski tampak sepele, kalian perlu mewaspadai gejala anosmia karena hal ini merupakan salah satu tanda covid-19. Berdasarkan informasi yang dilansir dari Medical News Today, covid-19 bisa menyebabkan penurunan kemampuan indra penciuman dan perasa.

Gejala ini biasanya muncul di awal terjadinya infeksi, bahkan menjadi satu-satunya gejala yang bisa dikenali sendiri sebagai tanda covid-19. Gejala flu biasanya juga menyebabkan seseorang kehilangan penciuman karena hidung tersumbat. Namun, pada penderita covid-19, hilangnya indra penciuman bisa terjadi tanpa disertai penyumbatan hidung.

Meski terkesan sepele, kemampuan indra penciuman perlu dikembalikan karena hal itu bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari kalian. Cara memulihkan penciuman saat anosmia bisa latih dengan menyimak informasi di bawah ini.

(kpl/ans)

Editor:   Anik Setiyaningrum

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com