5 Cara Mencegah Risiko Keguguran di Trimester Kedua, Ketahui Juga Penyebabnya

Selasa, 03 Agustus 2021 20:11 WIB
5 Cara Mencegah Risiko Keguguran di Trimester Kedua, Ketahui Juga Penyebabnya

3. Cara Mencegah Risiko Keguguran di Trimester Kedua

Setiap ibu hamil tentu menginginkan masa kehamilannya dapat dilalui dengan lancar. Risiko keguguran menjadi hal yang paling dikhawatirkan bahkan ditakutkan ibu hamil. Inilah mengapa pentingnya menjaga kehamilan dan mencukupi kebutuhan nutrisi sehat untuk perkembangan janin. Nah, berikut ini ada beberapa cara mencegah risiko keguguran di trimester kedua yang perlu diketahui ibu hamil. Langsung saja simak ulasannya tentang cara mencegah risiko keguguran di trimester kedua berikut ini.

1. Menjaga Berat Badan

Cara mencegah risiko keguguran pada trimester kedua yang pertama adalah menjaga berat badan ibu hamil. Sebab, biasanya pada masa kehamilan normalnya perempuan mengalami kenaikan berat badan berkisar 1 kg - 2 kg/bulan. Namun memasuki trimester kedua biasanya kenaikan terjadi berkisar 0,5 kg/minggu.

Inilah mengapa pentingnya mencukupi kebutuhan asupan nutrisi dan vitamin ibu hamil demi tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Selain itu apabila mengalami berat badan yang tidak normal pada masa kehamilan konsultasi dengan dokter bisa segera dilakukan untuk mencegah sedini mungkin risiko keguguran.

2. Menjaga Asupan Nutrisi dan Pola Makan

Berkaitan dengan cara mencegah risiko keguguran di trimester kedua, menjaga asupan nutrisi dan pola makan tentunya penting sekali ibu hamil perhatikan. Sebab, nutrisi dan vitamin ibu hamil penting menjaga tumbuh kembang janin yang baik. Untuk itulah ibu hamil dapat menjaga pola makannya tetap baik, tercukupi dan seimbang.

Sejumlah makanan sehat baik sayur, buah, makanan kaya protein, dan seterusnya tentunya sangat baik buat perkembangan janin dalam kandungan. Beberapa nutrisi penting bagi ibu hamil misalnya saja terdiri dari asam lemak omega-e, vitamin D, folat, kalsium, ataupun zat besi. Selain itu pastikan makanan yang dikonsumsi benar-benar sehat, bergizi dan bernutrisi.

Halaman Selanjutnya Cara Mencegah Risiko ...

(kpl/nlw)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com