5 Cara Mencegah Risiko Keguguran di Trimester Kedua, Ketahui Juga Penyebabnya

Selasa, 03 Agustus 2021 20:11 WIB
5 Cara Mencegah Risiko Keguguran di Trimester Kedua, Ketahui Juga Penyebabnya

4. Cara Mencegah Risiko Keguguran di Trimester Kedua Lainnya

Adapun cara mencegah risiko keguguran di trimester kedua lainnya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Langsung saja simak ulasannya tentang cara mencegah risiko keguguran di trimester kedua sebagai berikut.

3. Mengontrol Tekanan Darah Tetap Stabil

Seperti ulasan sebelumnya salah satu risiko penyebab keguguran ibu hamil adalah riwayat hipertensi. Sebab itulah penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan dan mengontrol tekanan darah tetap normal dan stabil. Terlebih pada kehamilan trimester kedua biasanya rentan mengalami kenaikan tekanan darah. Sehingga ibu hamil bisa menjaga dan mengontrol tensi atau tekanan darahnya tetap normal.

4. Konsultasi Dokter Jika Mengalami Keluhan Selama Kehamilan

Apapun keluhan yang dirasakan selama kehamilan di trimester pertama ataupun kedua, usahakan agar tidak mengabaikannya dan perlu diperhatikan. Sebab hal ini dilakukan untuk mencegah risiko keguguran yang mungkin saja bisa terjadi.

Untuk itulah, ibu hamil perlu memperhatikan segala keluhan yang dirasakan baik pusing, nyeri, pegal, bengkak dan seterusnya. Konsultasi dokter bisa dilakukan jika merasakan berbagai keluhan selama masa kehamilan.

5. Rutin Melakukan Cek Kesehatan

Selama masa kehamilan rutin mengecek kesehatan ibu ataupun janin juga penting dilakukan. Sebab itulah rutin melakukan cek kesehatan termasuk salah satu cara mencegah risiko keguguran di trimester kedua. Pemeriksaan kehamilan tersebut dilakukan untuk mengecek kondisi tekanan darah ataupun berat badan ibu hamil.

Tak hanya kondisi kesehatan ibu hamil, melainkan juga mengecek kondisi kesehatan janin dalam kandungan serta air ketuban melalui USG. Dengan begitu dapat mencegah sedini mungkin jika terjadi sesuatu yang tidak normal.

Nah itulah 5 cara mencegah risiko keguguran di trimester kedua beserta penyebab dan tandanya. Beberapa ulasan di atas bisa ibu hamil jadikan referensi untuk mencegah sedini mungkin risiko keguguran yang bisa saja terjadi termasuk di trimester kedua.

Sumber: halodoc.com, alodokter.com, hellosehat.com

Halaman Selanjutnya Berita Populer Hari Ini

(kpl/nlw)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com