5 Hacks Agar Sablon pada T-Shirt Nggak Rusak saat Disetrika, Agar Tetap Keren di Segala Medan

Jeffrey Winanda | Senin, 28 Februari 2022 21:49 WIB
5 Hacks Agar Sablon pada T-Shirt Nggak Rusak saat Disetrika, Agar Tetap Keren di Segala Medan

Kapanlagi.com - Dari setiap OOTD yang digunakan setiap harinya, sekurang-kurangnya minimal terdapat 1 T-Shirt yang menjadi kesayangan. Nggak jarang, T-Shirt tersebut memiliki motif atau gambar di bagian depan yang sesuai dengan karaktermu.

Meski begitu, gambar atau motif yang tercetak dengan sablon printing tersebut lama-kelamaan bisa memudar jika nggak dirawat dengan baik. Biar nggak cepat rusak, yuk intip 4 hacks saat menyetrika sablon pada kaus favoritmu

Balik Kaos saat Disetrika

Trik ini sudah menjadi rahasia umum saat menyetrika. Membalik kaus saat disetrika akan mencegah sablon yang tercetak memudar.

Oleh sebab itu lakukan cara ini jika sablon yang tercetak bukan yang timbul. Cara ini efektif untuk dilakukan ketika sablon pada kausmu menempel pada pori-pori kaus.

Lapisi dengan Kertas HVS Polos

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah lapisi kaus dengan kertas HVS polos. Fungsi dari kertas ini adalah sebagai isolator sehingga sablon pada kaus favoritmu nggak terpapar suhu yang terlalu tinggi. Kamu bisa menggunakan trik ini pada sablon berbahan plastisol yang memiliki kecenderungan timbul pada T-Shirt

Setrika secara Perlahan dan Searah

Penting namun sering dilewatkan, tips ideal menyetrika baju adalah dengan searah dan nggak buru-buru. Selain menjaga kerapian baju, menyetrika searah juga membuat suhu panas nggak melebar ke arah lain. Hal ini dimaksudkan agar suhu panas yang menyatu dengan kaus tetap stabil dan memiliki durasi paparan besi setrika yang relatif sama.

Jangan Semprotkan Cairan Pewangi ke Arah Sablon

Menggunakan cairan pewangi pada saat menyetrika bukan cuma meningkatkan aroma pada baju, melainkan juga untuk melembutkan. Namun penting untuk dipahami bahwa cairan pewangi memiliki bahan kimia. Bahan kimia yang kontak dengan suhu panas bisa merusak warna pada sablon sehingga membuatnya menjadi lebih cepat pudar.

Gunakan Suhu Setrika yang Paling Rendah

Tips terakhir yang perlu dilakukan untuk menyetrika T-Shirt kesayanganmu adalah dengan memastikan suhunya rendah. Kamu bisa mengatur suhu rendah pada setrika ini setelah memastikan bahwa baju yang akan dirapikan telah kering sepenuhnya.

Kamu bisa menggunakan setrika berbahan teflon anti gores yang nggak akan merusak baju dan membuatnya lembut seperti baru. Kamu juga bisa mengatur suhu serta kapasitas kelistrikan sehingga lebih hemat biaya.

(kpl/jef)

Editor :   Jeffrey Winanda

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com