5 Hal yang Mengancam Kesehatan Tubuh Akibat Terlalu Lama Duduk

Dita Tamara| Rabu, 01 Juli 2020 19:11 WIB
Dita Tamara | Rabu, 01 Juli 2020 19:11

Kapanlagi.com - Pernahkah kalian menghitung berapa lama kalian menghabiskan waktu untuk duduk? Rutinitas duduk yang terlalu lama seperti bekerja di depan komputer, menyetir, atau menghabiskan waktu luang hanya dengan duduk terlalu lama akan mengancam kesehatan tubuh kalian. Apalagi hal tersebut tidak diimbangi dengan makanan sehat maupun olahraga, tentu jika terus dibiarkan, kondisi tersebut akan mengkhawatirkan.

Di era yang semakin maju, banyak orang yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk. Sangat sedikit sekali aktivitas bergerak yang dilakukan setiap harinya. Lalu, masalah kesehatan apa saja yang dapat mengancam kesehatan tubuh jika terlalu lama duduk? Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

1 Dari 5 Halaman

1. Sakit Leher dan Tulang Belakang

Sakit Leher dan Tulang Belakang (credit: freepik)
Karena tuntutan pekerjaan, banyak orang terjebak di meja kantor dan harus duduk hingga berjam-jam. Hal tersebutlah yang dapat mengakibatkan kalian mengalami sakit leher dan tulang belakang. Apalagi jika kalian duduk dalam posisi yang tidak nyaman, hal tersebut dapat menambah tekanan pada tulang belakang yang menyebabkan sakit pada leher dan tulang belakang.

Untuk mengatasinya, kalian bisa bergerak sesering mungkin untuk melakukan peregangan. Hal lainnya yang bisa kalian lakukan dengan memberikan jarak monitor komputer sehingga monitor tersebut berada tepat di depan kalian dan tinggi layar sesuai dengan pandangan mata. Lalu, jaga lengan kita tetap pada sudut 90 derajat di atas meja. Cara tersebut dapat membantu memperbaiki postur tubuh.

2 dari 5 halaman

2. Osteoporosis

Osteoporosis (credit: freepik)
Osteoporosis kondisi dimana tulang rapuh karena kualitas kepadatan tulang yang menurun. Hal ini menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah patah. Kebanyakan osteoporosis di derita oleh orang lanjut usia. Namun, duduk dalam waktu lama juga menjadi pemicu kalian menderita osteoporosis.

hal ini bisa terjadi lantaran seseorang jadi jarang beraktivitas, oleh sebabnya stimulasi tulang semakin berkurang sehingga tulang mudah keropos. Oleh sebabnya, kalian harus bisa menjaga kesehatan tubuh dengan menyempatkan waktu untuk peregangan supaya tubuh melakukan gerakan.

3 dari 5 halaman

3. Kolesterol Tinggi

Kolesterol Tinggi (credit: freepik)
Kolesterol umumnya diperlukan untuk tubuh. Akan tetapi jika kadar kolesterol terlalu tinggi, maka dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal tersebutlah yang akan mengancam kesehatan tubuh kalian apabila duduk terlalu lama.

Selain itu, duduk dalam waktu lama memiliki lebih banyak kesempatan untuk menyebabkan gangguan dalam fungsi metabolisme yang mengakibatkan peningkatan kadar trigliserida plasma, menolak kadar high density lipoprotein kolesterol dan pada saat yang sama penurunan sensitivitas insulin.

4 dari 5 halaman

4. Menurunnya Kemampuan Otak

Menurunnya Kemampuan Otak (credit: freepik)
Saat bekerja, biasanya kalian menghabiskan waktu hingga 8 jam lebih untuk duduk mengerjakan deadline. Hal tersebutlah yang dapat memicu menurunnya kemampuan otak. Sebab, duduk terlalu lama menyebabkan otak tidak mendapatkan asupan darah serta oksigen yang cukup. Saat otak tidak mendapatkan kedua asupan tersebut, maka fungsi otak juga bisa menurun dan kalian jadi sulit fokus dalam dalam bekerja. Untuk itu, luangkan waktu paling tidak 20 menit melakukan peregangan.
5 dari 5 halaman

5. Gangguan Pada Kaki

Gangguan Pada Kaki (credit: freepik)
Jika kalian terlalu lama duduk, kondisi kesehatan yang bisa mengancam salah satunya gangguan pada kaki. Gangguan ini bisa berupa bengkak pada pergelangan kaki, varises, dan bahkan gumpalan darah yang berbahaya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebab saat kalian duduk terlalu lama, dapat menghambat sirkulasi darah di kaki. Kondisi inilah yang menyebabkan darah berkumpul di sekitar pergelangan kaki.

Itulah beberapa dampak buruk yang dapat mengancam kesehatan tubuh akibat terlalu lama duduk. Oleh sebabnya, ada baiknya untuk melakukan peregangan, olahraga ringan saat istirahat, berdiri, dan gunakan untuk naik turun tangga. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:  

Dita Tamara

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com