5 Hari 4 Malam Seru-Seruan di Hong Kong dan Macau, Ini Rekomendasinya Untukmu

Yunita Rachmawati | Rabu, 29 Mei 2019 15:01 WIB
Yunita Rachmawati | Rabu, 29 Mei 2019 15:01

Kapanlagi.com - Hong Kong selalu jadi impian sebagai destinasi liburan. Lebih dari seru, yang kata orang, nggak hanya jadi surga belanja di sana. Ada beragam tempat yang bisa dikunjungi. Mulai dari keliling kota, sampai ke museum-museum. Namun, karena waktu yang terbatas, jadinya beberapa destinasi ini yang paling diutamakan.

Ocean Park Hong KongOcean Park Hong Kong

Mau tahu serunya saat menghabiskan 5 hari 4 malam di Hong Kong dan Macau? Yuk, langsung simak daftar tempat yang bisa jadi inspirasi kamu untuk liburan nanti.

1 Dari 5 Halaman

1. HARI PERTAMA: KELILING HONG KONG VIA TRAMORAMIC

HARI PERTAMA: KELILING HONG KONG VIA TRAMORAMIC KapanLagi.com/Wenda
Hong Kong International Airport jadi pilihan tujuan pendaratan. Baiknya, bila ingin mengeksplor Hong Kong lebih maksimal, ambilah penerbangan yang tiba lebih dulu. Misalnya saja dengan Garuda Indonesia yang tiba dari Jakarta pada 14.30 waktu setempat.

Di hari pertama ini, jalan-jalan dengan TramOramic Tour bisa jadi pilihan. Trem terbuka bergaya 1920-an ini akan membawamu melewati jalan-jalan yang ramai, pemandangan kota yang modern serta 60 objek wisata menarik di sepanjang perjalanan.

Untuk membeli Golden Ticket TramOramic, siapkanlah uang sebesar HK$95 untuk dewasa, HK$65 untuk anak di atas 4 tahun. Kamu akan bisa menikmati tur 1 jam keliling Hong Kong, lengkap dengan WiFi gratis, serta mempelajari kisah asli kehidupan lokal dan riwayat trem dalam 8 bahasa. Benar-benar bisa merasakan koneksi antar sejarah Hong Kong berbaur budaya modern.

Puas jalan-jalan, kamu bisa mengakhiri hari di Marina Kitchen untuk menikmati seafood segar. Restoran yang berada di Hong Kong Ocean Park Marriott Hotel ini menyajikan konsep open interactive kitchen, dengan beragam menu pilihan. Usai makan, bisa langsung beristirahat dan recharge tenaga untuk hari selanjutnya.

2 dari 5 halaman

2. HARI KEDUA: SERUNYA OCEAN PARK HONG KONG

HARI KEDUA: SERUNYA OCEAN PARK HONG KONG KapanLagi.com/Wenda
Ingin merasakan liburan yang nggak se-mainstream ke Disneyland, maka Ocean Park bisa jadi pilihan. Di sini kamu bisa menikmati hari dengan penuh petualangan bahkan bermain bersama para penghuni laut. Tiket masuk Ocean Park dibanderol dengan harga HK$480 untuk usia +12 tahun, HK$24 untuk usia 3-11 tahun. Bila tidak ingin mengantri terlalu lama, ada pilihan tambahan yakni Ocean FasTrack (khusus 7 permainan) seharga HK$280 atau Ocean FasTrack (All) senilai HK$380 untuk semua permainan, plus secara eksklusif bisa menikmati akses prioritas di wahana VR Mine Train.

Terdiri dari dua lokasi yakni di Summit dan Waterfront, kamu juga bisa memilih beragam transportasi untuk menuju ke kedua lokasi. Ada Cable Car, yang bisa membawamu menikmati luasnya Ocean Park dari atas udara. Atau bila ingin jalur yang lebih cepat, bisa memilih Ocean Express, express train berbentuk kapal selam.

Di Ocean Park Hong Kong, tak hanya hewan spesial asal Cina seperti Panda yang jadi bintang. Ada banyak hewan lain yang juga memukai seperti yang ada di Chinese Sturgeon Aquarium - Yangtze Exploration. Ada juga show Arctic Fox Den, Amazing Bird Theatre, melihat lucunya koala di Adventures in Australia, Shark Mystique, South Pole Spectacular, Sea Jelly Spectacular, Ocean Theater, hingga melihat langsung pengangkaran lumba-lumba di Marine Mammal Breeding and Research Centre.

Buat kamu pecinta adrenaline, wajib coba berbagai wahana yang bikin olahraga jantung ini. Ada Arctic Blast, Crazy Galleon, Hair Raiser, Raging River, The Abyss, The Dragon, The Flash, The Rapids, atau Whirly Bird. Dijamin, nggak cuma pengen sekali naik.

Usai berpetualang, pilihlah tempat menginap yang berbeda dari sebelumnya. Ya, saatnya kita ke Macau. Nah, sebelumnya, kamu perlu tahu dulu nih Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macau yang spektakuler. Kamu bisa memanfaatkan layanan bus lintas batas yang cepat dan nyaman untuk bisa tiba di Macau. Tapi sebelumnya, jangan lupa siapkan paspormu ya.

FYI, jembatan ini merupakan jalan gabungan dan terowongan lintas laut pertama di Greater Bay Area, yang membentang di sepanjang laut dari pulau buatan di dekat Bandara Internasional Hong Kong menuju Makau dan kota daratan Tiongkok yaitu Zhuhai.

Dengan panjang 55 km, jembatan ini 20 kali lebih panjang daripada Jembatan Golden Gate di San Francisco. Baja yang terdapat pada jembatan ini cukup untuk membangun 60 Menara Eiffel dan dirancang untuk bertahan selama 120 tahun, dua dekade lebih lama daripada umur jembatan lintas laut yang paling utama. Mega proyek ini akan menjadi landmark instan dan ikonis bagi Hong Kong dan Greater Bay Area, dan telah dinamai oleh Guardian sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Arsitektur Dunia Modern. Wow!

3 dari 5 halaman

3. HARI KETIGA: KELILING MACAU

HARI KETIGA: KELILING MACAU KapanLagi.com/Wenda
- The Ruin of St. Paul's
Tidur cukup, sudah. Makan pagi juga sudah. Saatnya menjelajahi Macau. Penjelajahan paling utama, apalagi kalau bukan The Ruin of St. Paul's. Tempat ini merupakan bagian depan bangunan yang tersisa dari gereja Mater Dei yang dibangun pada tahun 1602 – 1640 dan sisa peninggalan arkelogis St. Paul College yang rusak dari kebakaran pada tahun 1835. Sisa bagian depan gereja memiliki tinggi 25,5 meter dengan panjang 23 meter. Desainnya sangat unik karena memadukan dekotarif bermotif oriental dengan style Baroque – Mannerist yang kebaratan.

Bagian depan gereja terbagi atas lima level horizontal dengan urutan pembacaan dari bawah ke atas. Lambang Jesuits tertulis di bagian atas dari pintu masuk samping, sedangkan nama Latin gereja Mader Dei yang berarti Mother of God diukir di atas pintu masuk utama di tengah.

Pada bagian atas pintu masuk terdapat 4 patung santa-santa Jesuits yang terbuat dari perunggu: Fransisco de Borja, Ignatius Loyola, Francis Xavier dan Luiz Gonzaga. Patung Virgin Mary (Perawan Maria) terdapat di atas patung-patung santa yang dikelilingi oleh ular berkepala tujuh, sebuah tengkorak, kapal perang Portugis, roh jahat bersayap, dan berbagai teks Cina dengan pesan-pesan kitab suci.

Di bagian atas patung Virgin Mary, terdapat patung Yesus ketika masih kecil dan dikelilingi oleh berbagai alat yang digunakan dalam proses penyaliban. Burung merpati yang melambangkan Roh Kudus dapat ditemukan diatas patung Yesus kecil dan sebuah salib Latin di bagian paling tinggi sisa bangunan gereja. Secara keseluruhan, komposisi bangunan ini melambangkan perpaduan dan peleburan berbagai pengaruh budaya dalam skala lokal, regional dan global.

- Kuil Na Tcha (Na Tcha Temple)
Beralih dari The Ruin of St. Paul's, ada Kuil Na Tcha (Na Tcha Temple) yang dibangun pada tahun 1888 dan dibangun kembali pada tahun s1901. Pembangunan kuil di dekat reruntuhan St. Pauls yang lekat dengan Jesuits di Macau merefleksikan hubungan yang harmonis antar warga dan komunitas dan menjadikan Macau contoh yang baik dalam kehidupan berbudaya dan kebebasan beragama.

- Macau Museum
Tak jauh dari situ, ada Macau Museum yang terletak di Mount Fortress, dibangun oleh Yesuit pada awal abad 17. Benteng ini pada awalnya merupakan bangunan militer untuk perlindungan kota yang tidak terbuka untuk umum. Pada tahun 1965, benteng ini kemudian menjadi pusat layanan meteoroli dan akhirnya dibuka untuk umum. Benteng ini dibangun di atas bukit dan memiliki panorama kota Macau yang indah sementara Ruins of St. Paul's terletak pada bagian barat benteng ini.

Dibuka pada 18 April 1998 dengan dua bagian yang terletak di bagian bawah dan bagian ketiga di puncak benteng yang dulunya merupakan tempat meteorologi.

Pada 15 Juli 2005, Historic Centre of Macau (Pusat Sejarah Macau) secara resmi menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO dimana Mount Fortress dan Ruins of St. Paul's merupakan dua monumen yang paling bersejarah yang dimiliki.

- Section of the Old City Walls
Berikutnya, ada dinding bersejarah yang perlu kamu ketahui saat berada di Macau. Biasanya, mereka menyebutnya dengan nama Section of the Old City Walls.Ini merupakan bagian yang tersisa dari dinding pertahanan Macau pada tahun 1569. Dinding ini adalah peninggalan tradisi awal Portugis sebagai pertahanan di sekitar pelabuhan yang menjadi rute maritim.

Memiliki ketebalan 1-meter dengan tinggi 5,6 meter dan panjang 18,5 meter, dinding bersejarah ini menjadi bukti adanya pengaruh lokal dalam teknik dan material yang digunakan dalam konstruksi misalnya penggunaan “chunambo”, sejenis material yang terbuat dari campuran tanah liat, pasir, jerami, pecahan batu dan cangkang kerang yang dipadatkan.

- Elekron Show di Studio City
Setelah suksesnya The House of Dancing Water di City of Dreams, El?kron adalah atraksi yang wajib ditonton di Macau dipersembahkan oleh Melco Resort & Entertainment. Pertunjukan yang dibuka pada tanggal 24 Januari 2019 dan berlangsung selama 75 menit ini sepenuhnya mendapatkan dukungan pemerintah Macau dan dikembangkan melalui kerjasama dengan Stufish, perancang atraksi hiburan yang terkenal didunia dan menampilkan berbagai kendaraan elektrik yang dirancang secara khusus untuk El?kron.

Dengan backdrop pusat pembangkit listrik yang tidak terurus, mobil sport listrik, buggy, berbagai motor trail, dan sepeda FMX yang dirancang khusus, pertunjukan ini akan memukau audiens dengan serangkaian atraksi berkecepatan tinggi dan lompatan-lompatan berani yang dilakukan sangat dekat dengan penonton diikuti dengan berbagai efek api dan kembang api yang semakin menambah keseruan. Salah satu highlight adalah The Kangaroo Kid, pemegang 2x Guinness World Record dalam kategori The Longest Ramp Jump dari quad bike, yang membuat penonton tercengang dengan manuvernya dan aksi beraninya.

Para pemeran El?kron terdiri dari lebih dari 150 pemain internasional, kreatif, desainer, dan teknisi yang berasal dari berbagai belahan dunia. Semua kendaraan yang ditampilkan dalam pertunjukan dipesan secara khusus dan dirancang dari nol, dengan sistem kontrol yang dirancang khusus oleh Tesla motors.

- Handover Gifts Museum of Macau
Tak lengkap rasanya kalau ke Macau tanpa ke museum satu ini. Terletak di sebelah Macau Museum of Art in Avenida Xian Xing Hai (N.A.P.E.), lokasi museum ini merupakan tempat yang sama ketika digunakan pada acara seremoni bersejarah penyerahan kembalinya Macau kepada Cina pada tanggal 20 December 1999.

Untuk merayakan terbentuknya Macau Special Administrative Region, tempat seremoni ini kemudian dijadikan sebagai bagian dari Macau Cultural Centre. Museum ini dibangun untuk memperingati momen yang sangat penting dalam sejarah modern Macau yakni kembalinya Macau ke Cina.

Fiuh banyak juga ya lokasinya? Puncaknya, Wynn Palace bisa kamu masukkan dalam list. Tempat ini merupakan resort mewah kedua setelah Wynn Macau yang dibuka pada tahun 2006. Wynn Palace bertema floral dan memiliki total 1,706 kamar menjadikannya resor pertama dan satu-satunya di dunia yang memiliki lebih dari seribu kamar yang menerima Forbes Five-Star Awards dan berbagai penghargaan Five-Star lain untuk fasilitias hotel, spa, dan restoran.

Selain fasilitas yang mewah, kamu juga akan dimanja dengan berbagai pilihan kuliner dari hidangan khas oriental hingga barat di berbagai restoran baik fine-dining maupun casual yang dikurasi oleh chef terkenal.

4 dari 5 halaman

4. HARI KEEMPAT: DARI LOU LIM IEOC GARDEN MENUJU HONG KONG

HARI KEEMPAT: DARI LOU LIM IEOC GARDEN MENUJU HONG KONG visitourchina
Usai sarapan, siapkan dirimu untuk mengunjungi salah satu taman terindah di Macau, Lou Lim leoc Garden yang dibangun oleh saudagar Cina kaya raya bernama Lou Kau pada abad ke-19. Taman ini kemudian diwariskan ke puteranya Lou Lim leoc pada 1906. Sayangnya, ketika kekayaan keluarga menurun, taman itu tak lagi terawat hingga akhirnya dibeli dan dipulihkan kembali oleh pemerintah dan dibuka untuk publik pada 1974. Taman ini didesain meniru taman Suzhou, taman klasik paling ternama di Tiongkok.

Dipagari tembok tinggi, dalam taman ini terdapat kolam besar berisi ikan mas dan bunga lotus serta jembatan dengan 9 putaran zig-zag untuk melintasi kolam ke paviliun besar yang menggabungkan elemen arsitektur klasik dan Cina. Zig-zag bukan tanpa alasan, lho. Menurut legenda, hal tersebut dibangun untuk menghindari roh jahat yang diyakini hanya bisa bergerak secara garis lurus.

Di paviliun ini pun sering diadakan pameran seni dan kerajinan serta berfungsi sebagai auditorium untuk resital selama Festival Musik Internasional tahunan. Selain itu juga, kamu bisa menonton pertunjukan drama tradisional ala masyarakat Hong Kong, disertai suguhan teh dan dim sum. Atau bila ingin lebih rileks menikmati taman, bisa juga menikmati hari dengan mengikuti Tai Chi maupun bermain catur Cina. Puas bermain di sini, saatnya kembali ke Hong Kong lewat jembatan penghubung Macau - Hong Kong yang sebelumnya.

Sesampainya di Hong Kong, kamu bisa langsung check-in di hotel sebelum melanjutkan jalan-jalan ke Xiqu Centre, New Art and Culture Hub di Distrik West Kowloon. Di sini terdapat dua teater yang bisa dinikmati penonton dari berbagai kalangan dengan pertunjukan kelas dunia. Ada Grand Theatre dan untuk yang lebih intim bisa memanfaatkan Tea House Teathre. Ada banyak program reguler, mulai dari pemutaran film, lokakarya hingga pameran, dilengkapi dengan pemandu tur. Di sini kamu juga bisa membeli oleh-oleh serta menikmati hidangan super enak di berbagai restoran.

5 dari 5 halaman

5. HARI KELIMA: MENJELAJAHI SEJARAH DAN SENI DI WAN CHAI

HARI KELIMA: MENJELAJAHI SEJARAH DAN SENI DI WAN CHAI KapanLagi.com/Wenda
Sebelum pulang ke tanah air, tempat ini bisa jadi rekomendasi untuk memenuhi galeri sosmedmu. Adalah Design District Hong Kong (#ddHK), Proyek Pariwisata Kreatif yang berlangsung selama tiga tahun dari 2018/2019 - 2020/21, secara resmi diluncurkan bulan lalu dengan enam ide #ddPlace baru di distrik Wan Chai.

Ada #ddSnap - City Snapshot! yang menampilkan Wan Chai dari perspektif berbeda; #ddStory di mana kamu bisa menemukan cerita di balik kerajinan dan desain masyarakat lokal; #ddWalker, tempat beragam arsitektur dan desain kota ala Wan Chai; HKACT! Act 1 BeHere AR Tour by Masaki Fujihata yang merupakan proyek Augmented Reality (AR) ala fotografi kuno Hong Kong; #ddExperience yang dipenuhi berbagai panel unik; #ddGathering yang menampilkan hasil kolaborasi Departemen Arsitektur dari Hong Kong Design Institute dengan furniture publik yang menawan; #ddWalk yang menampilkan gambar-gambar cantik di sepanjang O'Brien Road Footbridge; #ddDoodles yakni desain karya typographer lokal bernuansa gedung pemadam kebakaran; dan banyak lainnya.

Salah satu yang menarik adalah #ddPaintHKWALLS yang menampung lebih dari 30 mural karya seniman lokal dan internasional ternama di dinding-dinding yang ada di distrik ini. Di tempat ini, #ddHK mengajak penduduk Hong Kong dan wisatawan untuk menemukan sisi yang berbeda dari Hong Kong dan menghargai kolaborasi desain kreatif dengan inspirasi yang mengakar di hati masyarakat. Dengan serangkaian karya seni kreatifnya, #ddHK juga mendorong penggunaan ruang publik multifungsi.

Nggak terasa, berkeliling di sini, tiba saatnya kembali ke airport. Sebuah petualangan lima hari dan empat malam yang dijamin bakal penuh kenangan. Biar perjalanan lancar, jangan lupa untuk bawa serta paspor, kartu kredit (untuk deposit hotel), asuransi perjalanan dan barang bawaan, serta sneakers yang nyaman karena bakal ada banyak langkah kaki yang kamu tinggalkan di Hong Kong.

(kpl/wen/boo)


Editor:  

Yunita Rachmawati

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com