5 Jenis Mangga di Indonesia yang Paling Enak, Lembut dan Menyegarkan

Kamis, 21 Oktober 2021 11:30 WIB
5 Jenis Mangga di Indonesia yang Paling Enak, Lembut dan Menyegarkan

Kapanlagi.com - Buah mangga adalah salah satu buah yang menjadi favorit di Indonesia. Rasanya yang manis dan penuh serat menjadikannya menjadi buah yang penuh vitamin.

Mau makan buahnya saja ataupun dibuat dalam olahan minuman apapun, mangga cocok dinikmati di segala momen. Untuk pecinta mangga tentu harus tahu sejumlah jenisnya yang paling enak dan menyegarkan. Berikut lima jenis mangga yang harus kamu ketahui.

1. Mangga Harumanis (Gadung)

Mangga harumanis atau mangga gabung biasa ditemui di Probolinggo, Jawa Timur. Mangga ini memiliki aroma yang harum dan rasa manis sesuai dengan namanya.

Buah mangga ini berbentuk lonjong dengan ujung meruncing. Kulit buah mangga harumanis berwarna hijau, tekstur daging buah yang lembut, dan tahan lama.

2. Mangga Manalagi

Sama seperti harumanis, mangga manalagi jga berasal dari wilayah Probolinggo. Buah ini cenderung lebih kecil daripada jenis mangga lainnya.

Mangga manalagi memiliki daging berwarna kuning muda, tebal, dan kaya serat. Saat dinikmati, rasa manisnya merupakan perpaduan antara mangga arumanis dan golek.

3. Mangga Gedong Gincu

Mangga gedong gincu biasa ditemukan di Majalengka dan Cirebon. Ciri khasnya berbentuk kecil dan bulat seperti apel yang memiliki aroma khas.

Mangga ini memiliki kulit berwarna kuning kemerahan dan daging buahnya yang manis. Untuk mengetahui kematangannya, pilihlah mangga yang kulit pangkalnya berwarna merah.

4. Mangga Alpukat

Disebut mangga alpukat lantaran bentuknya yang mirip dengan alpukat. Mangga ini merupakan hasil persilangan dari mangga gadung dan mangga madu.

Cara makannya pun terbilang unik dengan membelahnya menjadi dua seperti membuka buah alpukat. Mengambil daging buahnya juga memakai sendok.

5. Mangga Golek

Tak kalah menyegarkan, mangga golek dalam bahasa Jawa memiliki arti selah mencicipi orang akan ketagihan dan mencarinya lagi. Ciri khasnya berbentuk lonjong memanjang dengan rasa manis.

Mangga golek berasal dari Probolinggo dan Pasuruan, Jawa Timur. Jika daging buahnya matang sempurna, maka mangga golek berwarna oranye dan teksturnya lembut.

Kini kamu tak perlu repot mencari dan mengolah buah mangga. Sekarang ada ManisdanSedap.com yang bisa kamu pesan pre-order jauh-jauh hari.

ManisdanSedap.com adalah platform untuk memesan beragam kuliner secara pre-order. Selain itu, ManisdanSedap.com juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka. Cara pemesannya dengan mencari menu yang ingin dipesan, klik tombol Order Sekarang lalu kamu akan terhubung langsung ke nomor WhatsApp sang penjual.

(kpl/lmp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com