Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

5 Kelebihan Mechanical Keyboard, Kreator Konten hingga Gamer Wajib Punya

Editor KapanLagi.com | Sabtu, 14 Mei 2022 09:15 WIB
5 Kelebihan Mechanical Keyboard, Kreator Konten hingga Gamer Wajib Punya

Kapanlagi.com - Senjata utama bagi para kreator konten, blogger, hingga gamer adalah laptop yang mampu mengakomodir semua kebutuhan. Dengan keyboard ini, semua aktivitas bisa dilakukan dengan lancar dan bebas hambatan.

Namun, terkadang muncul situasi kurang nyaman ketika beraktivitas dengan keyboard bawaan laptop. Oleh sebab itu, mechanical keyboard hadir sebagai solusi. Revolusi paling mutakhir dari keyboard ini menghadirkan banyak sekali keunggulan yang memudahkan para pengguna. Apa saja sih?

1. Nyaman dan Mengurangi Risiko RSI

Pernahkah kamu merasakan nyeri pada area pergelangan tangan serta sendi di jari-jari setelah terlalu lama beraktivitas dengan keyboard laptop? Jika iya, mungkin saja kamu mengalami RSI atau Repetitive Strain Injury.

Kabar baiknya, mechanical keyboard bisa membantu mereduksi rasa nyeri yang muncul akibat RSI. Hal ini disebabkan mechanical keyboard didesain dengan bentuk tombol yang ergonomis dan menyesuaikan bentuk tangan. Hal ini membuat aktivitas mengetik atau gaming lebih nyaman serta nggak membutuhkan banyak tenaga.

2. Perawatan yang Mudah

Sudah menjadi rahasia umum jika mechanical keyboard memiliki perawatan yang cukup mudah. Papan ketik mekanis ini memiliki komponen portable yang bisa dibongkar pasang. Hal ini membuat setiap tombolnya bisa dilepas untuk kemudian dibersihkan tanpa banyak usaha.

3. Lebih Awet Dibanding Keyboard Flat-Panel

Mechanical keyboard didesain dengan durability serta ketahanan yang lebih lama dibanding jenis membrane. Bahkan, rata-rata mechanical keyboard didesain untuk bisa bertahan dengan 50 juta kali klik lho! Meskipun keyboard ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibanding dengan jenis lain, namun tetap saja mechanical keyboard worth to buy.

4. Suara yang Dihasilkan Satisfying

Meski terkesan sederhana, namun suara yang dihasilkan dari ketikan mechanical keyboard nyatanya bisa terdengar sangat satisfying. Kalau nggak percaya, buktikan sendiri.

Mechanical keyboard memiliki hentakan balik dari pegas tombolnya sehingga mampu menghasilkan suara pantulan yang benar-benar mengingatkan kita semua terhadap mesin ketik di era dulu.

5. Bisa Dimodifikasi Sesuka Hati

Satu lagi kelebihan yang bikin mechanical keyboard semakin populer adalah bisa dimodifikasi sesuka hati. Setiap tombol yang didesain secara portable bisa membuat pengguna melakukan kustomisasi sesuai selera. Mulai adri switch untuk menghasilkan efek suara, warna keycaps, hingga warna LED bisa disesuaikan berdasarkan seleramu.

Kabar baiknya, kamu bisa mendapatkan mechanical keyboard di marketplace kesayangan kamu. Tunggu apa lagi, rasakan sensasi keyboard next level dengan mencobanya secara langsung. Buktikan sendiri ya, KLovers!

(kpl/jef)

Reporter:   Jeffrey Winanda

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com