5 Makanan Dipercaya Cegah Virus Corona Covid-19, Wajib Kamu Konsumsi

Galuh Esti Nugraini| Selasa, 24 Maret 2020 20:13 WIB
Galuh Esti Nugraini | Selasa, 24 Maret 2020 20:13

Kapanlagi.com - Mengonsumsi makanan sehat merupakan langkah utama untuk cegah virus corona. Memilih makanan sehat yang dapat mencegah virus corona, sebagai bentuk upaya meningkatkan kesehatan tubuh agar terhindar dari virus yang mematikan ini.

Virus corona dapat menyerang siapa saja terutama pada kekebalan tubuh yang lemah. Selain itu, seseorang yang sedang berkunjung ke daerah rawan virus corona, beresiko tinggi terserang virus ini. Oleh sebabnya, asupan makanan yang sehat sangat kamu perlukan guna cegah virus corona.

Mewabahnya virus corona yang semakin bertambah, sudah menjadi kesadaran masing-masing untuk lebih peduli terhadap kesehatan. Upaya pencegahan juga perlu dilakukan, termasuk pemilihan bahan makanan yang akan kalian konsumsi.

Lalu, makanan apa saja yang dapat mencegah Covid-19? Berikut kapanlagi.com telah melansir beberapa makanan yang dapat cegah virus corona.

1 Dari 5 Halaman

1. Jahe

Jahe (credit:pixabay)
Jahe salah satu tanaman rempah-rempah yang dijadikan ramuan untuk penangkal virus corona. Tak heran, jika saat ini jahe memang banyak di cari orang. Jahe dipercaya dapat mengurangi peradangan kronis pada tubuh seseorang.

Jahe mengandung curcumin yang diketahui ampuh menangkal Covid-19. Selain itu, jahe mengandung senyawa baik yang dapat dengan cepat meningkatkan sistem imun atau kekebalan pada tubuh.

Kalian dapat mengubah jahe menjadi minuman yang dapat kamu konsumsi setiap harinya. Cara pembuatannya pun cukup mudah, siapkan jahe yang sudah kalian kupas dan bersihkan. Kalian juga bisa mencampurkan temulawak dan kunyit.

Setelah semua bahan bersih, potong bahan menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan. Masukkan semua bahan dan biarkan air mendidih hingga berubah warna menjadi orange pekat.

Jika air sudah mendidih dan berubah warna, pisahkan air dengan bahan, setelah dipisahkan, masukkan air ke dalam gelas lalu biarkan air untuk beberapa menit. Setelah dirasa cukup, jamu sudah siap untuk di seduh.

2 dari 5 halaman

2. Bawang putih

Bawang putih (credit:pixabay)
Makanan penangkal virus corona selanjutnya adalah bawang putih. Tidak hanya menjadi bumbu dapur, ternyata bawang putih memiliki khasiat untuk mencegah Covid-19.

Bawang putih dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini di dukung karena bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan antivirus yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, bawang putih memiliki antioksidan seperti potassium, kalsium, seng, dan fosfor. Senyawa inilah yang bisa memperkuat sistem pernafasan, dam menambah jumlah sel darah putih.

Kalian dapat mengonsumsi bawang putih dengan cara memakan mentah bawang putih sebelum tidur. Hal ini dipercaya dapat menangkal virus corona. Bawang putih juga ampuh melawan penyakit pilek dan infeksi lainnya.

3 dari 5 halaman

3. Sayur Bayam

Sayur Bayam (credit:pixabay)
Mengonsumsi sayur bayam merupakan langkah yang efektif untuk menjaga diri dari Covid-19. Sayur bayam menjadi alternatif penangkal virus, karena kandungan vitamin yang dilengkapi antioksidan dan beta karoten yang membantu tubuh melawan infeksi akibat virus.

Sayur bayam juga mengandung vitamin A, C, B kompleks, E, dan K. belum lagi mineral-mineral utama yang baik bagi tubuh seperti magnesium, asam folat, zat besi, kalsium sodium, dan potassium.

Kalian bisa mengolah sayur bayam sesuai olahan favorit kalian. Apabila kalian teratur mengonsumsi sayur bayam, akan membantu dalam meningkatkan sistem imun untuk menjaga kekebalan tubuh dari virus corona.

4 dari 5 halaman

4. Sayur Brokoli

Sayur Brokoli (credit:pixabay)
Brokoli menjadi list makanan cegah virus corona yang wajib kalian konsumsi. Pasalnya, brokoli memiliki banyak manfaat seperti melindungi diri dari virus corona. Hal ini disebabkan karena sayur hijau kaya akan vitamin A, C, E, mineral dan antioksidan yang bisa melawan sumber penyakit.

Brokoli juga berperan aktif membantu mencegah proses oksidasi dan radikal bebas pada sel dan organ tubuh. Dengan begitu, tubuh akan terasa tetap kuat dari sebelumnya.

Kamu bisa mengolah brokoli dengan cara dikukus, agar nutrisi penting yang ada di dalamnya tidak hilang. Selain itu, mengonsumsi brokoli setiap hari akan lebih baik untuk mencegah Covid-19.

5 dari 5 halaman

5. Ikan Berlemak

Ikan Berlemak (credit:pixabay)
Kandungan lemak ikan dipercaya ampuh untuk melawan penyakit. Lemak ikan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jika dibandingkan dengan lemak ikan lainnya.

Kandungan asam lemak omega 3,6, dan 9 bisa membantu mengurangi gejala melawan radang, sindrom metabolic, dan autoimun.

Berikut makanan cegah virus corona yang perlu kamu ketahui seperti ikan salmon, tuna, sarden, mackerel, dan herring. Kalian bisa mengonsumsi dua porsi dalam satu minggu, dengan kadar makan sekitar 80 gram.

Menerapkan pola hidup sehat merupakan langkah terbaik dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Kalian bisa mengonsumsi makanan cegah virus corona. tetapi hal yang paling penting untuk dilakukan adalah tetap menjaga kesehatan tubuh dengan cara berolahraga, dan menjaga kesehatan diri maupun lingkungan. Kalian juga dapat mengonsumsi vitamin yang sudah dianjurkan dari dokter untuk meningkatkan imunitas tubuh.

(kpl/dtm/gen)


Editor:  

Dita Tamara

Join Kapanlagi.com