5 Manfaat Kacang Arab Bagi Kesehatan Tubuh, Mencegah Hipertensi - Menurunkan Risiko Kanker

Dhia Amira| Sabtu, 01 Agustus 2020 09:22 WIB
Dhia Amira | Sabtu, 01 Agustus 2020 09:22

Kapanlagi.com - Kacang arab merupakan jenis kacang yang tergolong polong, dengan ukuran kecil dan juga berwarna kuning. Kacang arab ini juga sangat lembut ketika dimakan, dan memiliki rasa yang sedikit unik. Serta menjadi salah satu budidaya kacang yang paling kuno, yaitu sekitar 7.500 tahun yang lalu.

Selain enak untuk dikonsumsi, ternyata kacang arab memiliki banyak manfaat loh untuk tubuh. Kira-kira apa saja ya manfaat kacang arab tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 manfaat kacang arab yang baik bagi kesehatan tubuh. Yuk langsung saja dicek.

1 Dari 5 Halaman

1. Memperbaiki Kadar Gula Darah

Memperbaiki Kadar Gula Darah credit: Pixabay
Manfaat kacang arab yang pertama yaitu dapat memperbaiki kadar gula di dalam darah. Hal ini karena di dalam kacang arab terkandung serat yang cukup tinggi, yaitu berkisar 9,6 gram untuk satu cangkir kecil.

Dan kandungan serat yang tinggi inilah yang dapat membantu memperbaiki kadar gula dalam darah kita. Selain itu, mengonsumsi kacang arab secara rutin akan membantu menurunkan risiko terkena diabetes tingkat 2. Itulah mengapa untuk memenuhi serat harian yang baik, kalian bisa mengonsumsi kacang arab sebagai makanan alami.

2 dari 5 halaman

2. Melancarkan Pencernaan

Melancarkan Pencernaan credit: Pixabay
Selain memperbaiki kadar gula dalam darah, ternyata manfaat kacang arab yang selanjutnya yaitu dapat melancarkan pencernaan. Hal ini tentu karena kandungan serat yang tinggi di dalam kacang arab, yang dapat membantu memperlancar pencernaan.

Itulah mengapa bila kalian sering mengalami sembelit dan juga susah buang air besar, maka ada baiknya mengonsumsi kacang arab sebagai salah satu cemilan sehat.

3 dari 5 halaman

3. Mencegah Hipertensi

Mencegah Hipertensi credit: Pixabay
Manfaat kacang arab yang selanjutnya yaitu dapat mencegah hipertensi. Hal ini karena kacang arab mengandung kalium yang tinggi, yaitu sebesar 474 mg untuk 1 gelas ukuran kecil. Bila kalian memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka kalian dapat mengonsumsi kacang arab secara rutin sebagai obat alami.

Tetapi perlu diingat bahwa dalam mengonsumsi kacang arab harus dengan takaran yang tepat, sesuai dengan usia kalian. Karena bila terlalu banyak mengonsumsi kacang arab, maka kandungan kalium akan berlebih dan ini tidak baik bagi tubuh. Kalium yang dibutuhkan untuk orang dewasa sebesar 4.700 mg per hari, dan 1.500 mg per hari untuk lansia berusia di atas 51 tahun.

4 dari 5 halaman

4. Mengatasi Stress

Mengatasi Stress credit: Pixabay
Kemudian manfaat kacang arab yang lainnya yaitu dapat mengatasi stress. Hal ini karena di dalam kacang arab terdapat kandungan kolin. Dan Kolin ini merupakan senyawa kimia alami yang berperan untuk menyeimbangkan suasana hati.

Bila kalian merasa sedang stress atau suasana hati tidak bagus, maka kalian dapat mengonsumsi kacang arab. Dalam tubuh orang dewasa setidaknya membutuhkan senyawa kolin sebanyak 400-550 mg per hari. Hal itu tergantung dari kondisi tubuh, jenis kelamin, hingga ibu hamil pun juga berbeda kebutuhannya.

5 dari 5 halaman

5. Menurunkan Risiko Kanker

Menurunkan Risiko Kanker credit: Pixabay
Dan manfaat kacang arab yang terakhir yaitu dapat menurunkan risiko kanker di dalam tubuh. Hal tersebut karena ketika kita mengonsumsi kacang arab, maka tubuh akan menghasilkan asam lemak butyrate. Dan asam lemak ini merupakan kandungan yang berpotensi mengurangi peradangan pada sel-sel usus besar.

Bila peradangan sel-sel tersebut dapat teratasi dengan baik, maka dapat menurunkan risiko terkena kanker usus besar. Kemudian kandungan lainnya berupa saponin dapat membantu mencegah perkembangan jenis kanker lainnya.

Selain itu kandungan vitamin dan mineral yang luar biasa dalam kacang arab juga dapat mencegah beberapa jenis kanker. Seperti kandungan vitamin B yang dapat mencegah terjadinya kanker payudara dan juga kanker paru-paru.

Itulah 5 manfaat kacang arab yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya enak untuk dikonsumsi, nyatanya kacang ini memiliki segudang manfaat yang sangat baik dalam menutrisi dan memberi kesehatan pada tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:  

Dhia Amira

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com