5 Tips Keluar Rumah Saat New Normal, Agar Tetap Terhindar Virus Corona Covid-19

Puput Saputro| Rabu, 03 Juni 2020 10:44 WIB
Puput Saputro | Rabu, 03 Juni 2020 10:44

Kapanlagi.com - Dengan diterapkannya new normal, berbagai aktivitas masyarakat akan kembali dijalankan seperti sedia kala. Masyarakat jadi bebas melakukan berbagai aktivitas dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan. Namun, sebaiknya masyarakat tidak keluar rumah sembarangan. Ada sejumlah tips keluar rumah saat new normal yang bisa diikuti agar tetap aman dari virus corona covid-19.

Tips keluar rumah saat new normal menjadi penting, sebab kita tidak pernah tahu kondisi di luar sana. Selain itu, meskipun new normal diberlakukan, nyatanya penyebaran virus corona covid-19 masih belum bisa dihentikan sampai saat ini. Itulah mengapa kita tetap harus senantiasa berwaspada dan patuh pada protokol keamanan yang sudah ditetapkan.

Bagi kalian yang akan melakukan aktivitas di luar saat masa new normal, berikut ada beberapa tips keluar rumah saat new normal, dilansir dari liputan6.com.

1 Dari 5 Halaman

1. Selalu Pakai Masker

Selalu Pakai Masker
Selalu memakai masker menjadi tips keluar rumah saat new normal yang pertama. Memakai masker belakangan memang sudah jadi kebiasaan baru selama adanya virus corona covid-19. Masker memang terbukti ampuh bisa mencegah penyebaran virus corona melalui droplet. Sebab, masker yang dipakai hidung akan mencegah terjadinya droplet.

Selain itu, pemakaian masker juga akan mengurangi kebiasaan kita menyentuh wajah. Dengan begitu, risiko tertular virus corona covid-19 akan lebih kecil. Agar senantiasa aman dari penularan virus corona covid-19, gunakan masker setiap saat. Terutama, saat sedang keluar rumah dan beraktivitas bersama banyak orang.

2 dari 5 halaman

2. Tetap Jaga Kebersihan

Tetap Jaga Kebersihan
Selama pandemi virus corona berlangsung, kita disarankan untuk lebih menjaga kebersihan, salah satunya dengan rajin-rajin mencuci tangan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab virus corona covid-19 memang diketahui bisa dengan mudah berpindah dari permukaan suatu benda ke tangan. Lalu, dari tangan bisa ke wajah jika kita menyentuhnya.

Sementara, virus corona termasuk rapuh dan mudah musnah apabila kita mencuci tangan dengan sabun. Itulah sebabnya mengapa kita disarankan untuk rajin mencuci tangan dengan sabun agar terhindar dari virus corona covid-19. Kebiasaan mencuci tangan sebaiknya juga dilakukan saat keluar rumah, terutama ketika baru saja selesai menggunakan fasilitas umum, seperti toilet.

Selain lebih rajin mencuci tangan dengan sabun, kita juga bisa menjaga kebersihan tangan dengan memakai hand sanitizer. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk senantiasa membawa produk pencuci tangan yang praktis ini saat keluar rumah selama masa new normal.

3 dari 5 halaman

3. Tetap Hindari Kerumunan

 Tetap Hindari Kerumunan
Tips keluar rumah saat new normal berikutnya adalah dengan tetap sebisa mungkin menghindari kerumunan. Lakukan jarak fisik dengan siapapun dan dimanapun. Bahkan, saat bekerja di kantor, saat berada di kendaraan, atau saat mengantre. Jika harus menggunakan transportasi umum, gunakan transportasi umum yang tidak terlalu penuh. Begitu pula saat mengantre di pusat perbelanjaan, sebaiknya tunggu sampai antrean terurai.

Sebab sebagaimana yang kita tahu, virus corona covid-19 menular melalui percikan air atau droplet. Artinya risiko penularan akan semakin tinggi saat kita bersinggungan dengan banyak orang. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari kerumunan dan buat jarak aman dengan orang lain setidaknya 1-2 meter.

4 dari 5 halaman

4. Usahakan Berada Luar Ruangan

Selama masa new normal, jika memang terpaksa keluar rumah, usahakan untuk tetap berada di luar ruangan. Maksudnya, saat sedang melakukan aktivitas di luar rumah, seperti berjalan-jalan atau olahraga, sebaiknya kalian lakukan di luar ruangan.

Sebab, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang aktivitas bersama dalam ruangan lebih berisiko menularkan virus corona covid-19, dibandingkan jika beraktivitas di luar ruangan. Berada di luar ruangan juga kecil kemungkinan kita menyentuh droplet virus corona covid-19. Sehingga, dengan begitu melakukan aktivitas di luar akan cenderung lebih aman dibanding tetap di dalam ruangan bersama orang lain.

5 dari 5 halaman

5. Hindari Menyentuh Benda Fasilitas Umum

Tips keluar rumah saat new normal yang kelima dan terakhir adalah hindari menyentuh permukaan barang-barang yang merupakan fasilitas umum. Seperti yang kita tahu, virus corona melalui droplet bisa bertahan di permukaan suatu benda dalam kurun waktu tertentu. Sehingga, ancaman tertular virus corona tetap ada jika kita tidak sengaja menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi virus corona covid-19.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari menyentuh permukaan benda yang biasa disentuh oleh banyak orang, seperti meja, gagang pintu, pegangan tangga, tombol lift, dan sebagainya. Jika memang harus menyentuh permukaan benda tersebut, sebaiknya lebih dulu kalian semprot dengan disinfektan. Dengan begitu, virus corona di permukaan benda akan mati, sehingga kalian akan cenderung lebih aman.

Itulah beberapa tips keluar rumah saat new normal, kalian bisa melakukan kelima tips di atas agar lebih tenang dan aman selama beraktivitas di luar rumah. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah tetap menjaga kesehatan dengan berolahraga dan makan-makanan bergizi. Sebab, tubuh yang sehat dan imunitas kuat akan lebih kecil risiko terpapar virus corona covid-19.

(kpl/psp)

Editor:  

Puput Saputro

Join Kapanlagi.com