5 Tips Membersihkan Noda Membandel Pada Keramik Kamar Mandi Secara Praktis

Dita Tamara| Kamis, 30 Juli 2020 20:11 WIB
Dita Tamara | Kamis, 30 Juli 2020 20:11

Kapanlagi.com - Kebersihan pada kamar mandi memang harus selalu dijaga. Sebab, kamar mandi menjadi salah satu tempat yang sering di jamah. Oleh sebabnya, pasti semua orang tidak menginginkan kamar mandi yang kotor. Namun, masih banyak permasalahan kebersihan seperti noda membandel pada keramik kamar mandi yang selalu banyak dijumpai. Ya, kerak tersebut dapat muncul karena kotoran, sisa sabun, jamur, lumut, dan karena terlalu sering terkena air.

Hal tersebut, tentunya tak hanya mengganggu pemandangan saja, namun banyaknya noda membandel akibat kerak juga bisa menjadi sarang tempat berkumpulnya kuman. Memang, membersihkan kamar mandi menjadi salah satu kegiatan yang memberatkan untuk dilakukan. Namun, mau tidak mau menjaga kebersihan juga penting demi hidup yang sehat.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk membersihkan kamar mandi dari noda membandel akibat kerak? Nah, masalah noda membandel di kamar mandi bisa kalian atasi dengan mudah hanya dengan bahan alami saja lho. Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1 Dari 5 Halaman

1. Cairan Dari Kulit Lemon

Cairan Dari Kulit Lemon (credit: freepik)
Jika kalian ingin menggunakan pembersih kamar mandi dengan bahan bebas dari kimia, saatnya kalian mencoba untuk membuat cairan pembersih alami yang hanya membutuhkan dua bahan yakni kulit lemon dan cuka. Tidak hanya membersihkan, akan tetapi cairan ini memberikan wangi segar yang tidak bisa kalian temukan di pembersih lainnya.

Pertama-tama, kalian siapkan terlebih dahulu 700 gr kulit lemon, 500 ml cuka putih, wadah gelas, botol. Cara membuatnya, masukkan kulit lemon pada gelas, setelah itu masukkan kulit lemon dengan cuka putih lalu tutup rapat wadah tersebut. Letakkan di tempat yang sejuk dan gelap selama seminggu. Saring larutan pembersih ke dalam botol dan cairan tersebut siap untuk digunakan.

2 dari 5 halaman

2. Cuka

Cuka (credit: shutterstock)
Cara selanjutnya untuk menghilangkan kerak pada kamar mandi bisa menggunakan cuka lho. Cuka terbukti dapat menghilangkan kotoran, jamur, maupun lumut yang ada pada kamar mandi.

Caranya, siapkan terlebih dahulu cuka putih, botol semprotan, dan air panas yang baru mendidih. Setelah itu, masukkan cuka putih ke dalam botol semprotan. Selanjutnya, siram noda membandel kamar mandi dengan air panas untuk membantu melunturkan kotoran. Lalu, semprotkan cuka ke seluruh keramik kamar mandi dan biarkan beberapa saat. Kemudian gosok keramik kamar mandi dan bilas hingga bersih.

3 dari 5 halaman

3. Baking Soda

Baking Soda (credit: pixabay)
Selain mampu membersihkan karang pada gigi, baking soda rupanya juga memiliki manfaat membersihkan noda membandel di kamar mandi. Untuk itu, kalian bisa mencoba cara yang satu ini untuk menciptakan kamar mandi yang bersih dan keramik kinclong.

Caranya, kalian hanya perlu menyiapkan baking soda dan air panas. Kemudian, tuang baking soda ke dinding dan lantai kamar mandi. Setelah itu, siram noda membandel menggunakan air panas dan diamkan selama kurang lebih satu jam. Setelah itu, kalian bisa gosok kamar mandi menggunakan sikat dan bilas hingga bersih.

4 dari 5 halaman

4. Garam

Garam (credit: freepik)
Salah satu penyebab noda membandel pada kamar mandi yaitu lumut. Ya, lumut memang sangat mudah tumbuh di tempat yang lembab. Jika hal tersebut dibiarkan terus menerus, maka akan meninggalkan bekas noda dan kamar mandi menjadi licin.

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian tak perlu susah-susah membeli obat anti lumut. Tak perlu juga capek menggosoknya. Lumut di kamar mandi ternyata bisa dibasmi hanya menggunakan garam. Caranya, masukkan sekitar 3 sendok garam ke dalam 2 liter air. Setelah itu, rebus hingga larutan mendidih dan garam larut sempurna. Saat masih panas, siramkan larutan tersebut pada bagian kamar mandi yang berlumut. Setelah itu, sikat permukaan sampai bersih dan kemudian bilas.

5 dari 5 halaman

5. Kaporit

Kaporit (credit: 99.co)
Kaporit memang menjadi salah satu bahan yang paling efektif untuk membersihkan keramik akibat kerak yang membandel. Kalian juga dengan mudah menemukan kaporit di toko-toko bahan kimia. Yuk langsung intip cara menggunakannya.

Pertama-tama, siapkan bubuk kaporit dan air panas yang mendidih. Setelah itu siram lantai dan dinding kamar mandi menggunakan air panas. Taburkan bubuk kaporit di seluruh keramik. Setelah itu, diamkan selama 30 menit, lalu gosok dengan sikat dan bilas hingga bersih.

itulah cara mengatasi noda membandel pada keramik kamar mandi secara praktis. Jadi, kalian bisa melakukan cara tersebut di rumah. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:  

Dita Tamara

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com