Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

105 Kata-Kata Galau Islami, Sumber Energi Positif - Kembali Semangat Meraih Tujuan

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 20 Agustus 2021 16:11 WIB
105 Kata-Kata Galau Islami, Sumber Energi Positif - Kembali Semangat Meraih Tujuan

Kapanlagi.com - Saat dilanda banyak pikiran, wajar jika kalian merasa kacau dan galau. Pada saat seperti itu, kalian bisa cerita kepada orang terdekat agar mendapat masukan untuk menemukan solusi. Selain itu, kalian bisa membaca kata-kata galau islami agar mendapat ketenangan hati.

Kata-kata galau islami sebenarnya bisa kalian temukan pada doa-doa saat melakukan ibadah. Dengan meresapi maknanya, kalian bisa jadi mendapat energi positif untuk terus semangat. Segala keluhan dari kegalauan bisa kalian sampaikan kepada Sang Kuasa saat beribadah juga.

Namun, jika kalian belum bisa meresapinya melalui doa-doa, kata-kata galau islami yang dilansir dari berbagai sumber ini mungkin bisa membantu. Kutipan bijak islami ini bisa kalian jadikan penyemangat untuk terus maju dan menjalani hari-hari dengan penuh rasa syukur.

 

 

 

1. Kata-Kata Galau Islami

Gambar

Kata-kata galau islami berikut ini bisa menjadi pengingat bagi kalian bahwa hidup memang tak selamanya mulus. Kalian boleh berharap hidup berjalan sesuai rencana, tapi juga harus menerima jika sesekali tak bisa mendapat yang diinginkan.

1. "Tidaklah suatu kegalauan, kesedihan, kebimbangan, kekalutan yang menimpa seorang mukmin atau bahkan tertusuk duri sekalipun, melainkan karenanya Allah akan menggugurkan dosa-dosanya." - HR Bukhari dan Muslim

2. "Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu." Ali Bin Abi Thalib

3. "If Allah has written for your happiness, no one can steal that from you, and if He has written for your heart to break, then no-one can mend it but He. So always put your trust in Allah." Aaidh ibn Abdullah al-Qarni.
(Jika Allah menuliskan kebahagiaanmu, tak ada yang bisa mengambilnya darimu, dan jika Dia menuliskan kesedihan, tak ada yang bisa memperbaiki selain Dia. Jadi, percayalah padanya.)

4. "Jika cintamu kepada makhluk tidak berbalas maka berputus asa lah terhadap cinta itu. Dengan berputus asa hati ini akan beristirahat dan segera melupakan hal tersebut." - Anonim.

5. "Ya Tuhan, ikhlaskan hatiku jika memang dia bukan yang terbaik untukku. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk hamba-Nya," - Anonim.

6. "Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan." - Buya Hamka.

7. "Wahai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." - QS Al Baqarah 153

8. "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." - Q.S. Al-Insyirah ayat 5-6.

9. "Untuk mendapatkan apa yang diinginkan, kau harus bersabar dengan apa yang Kau benci." -Imam Ghazali

10. "Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib.

11. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi.

12. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." - Q.S. At-Taubah ayat 40.

13. "Akan tetapi sehebat apapun kita merencanakan sesuatu. Tetap rencana Allah adalah sebaik-baiknya rancangan." - Anonim.

14. "Jangan kamu kehilangan harapan, dan jangan pula kamu bersedih hati." - Q.S. Ali Imran ayat 139.

15. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." - Q.S Al-Baqarah ayat 286.

2. Kata-Kata Galau Islami Sumber Energi Positif

Gambar

Fokus terhadap hal-hal positif akan membantu kalian menentukan sikap dalam menghadapi kesulitan. Kata-kata galau islami yang penuh energi positif berikut ini akan membantu kalian bertahan dan selalu ingat tentang fakta kehidupan yang isinya memang tak hanya keindahan.

16. "Terkadang Allah membiarkan kamu untuk merasakan kepahitan dunia ini supaya kamu dapat sepenuhnya menghargai manisnya iman." -Omar Suleiman.

17. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." - QS. At-Taubah: 40

18. "Janganlah kamu kehilangan harapan dan jangan pula bersedih hati."

19. "Jangan melibatkan hatimu dalam kesedihan atas masa lalu atau kamu tidak akan siap untuk apa yang akan datang." - Ali Bin Abi Thalib

20. "Ketika kamu merasa sendiri di dunia ini dan tidak ada seorang pun yang mengerti kesedihanmu, ingatlah, di mana pun kamu berada, Allah Maha Tahu."

21. "Kesedihan akan lenyap ketika kita menyadari bahwa masa depan ada di tangan Allah."

22. "Jangan kamu kehilangan harapan, dan jangan pula kamu bersedih hati." - QS. Ali Imran: 13

23. "Obat untuk menyembuhkan kesedihan; tingkatkan kualitas salatmu, luangkan waktumu untuk berinteraksi dengan Alquran, bersyukurlah atas nikmat yang telah Allah berikan kepadamu, renungkanlah alam semesta." -Mufti Ismail Menk

24. "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." - QS. Al-Insyirah: 5-6

25. "Saat kamu merasakan kesedihan, itu berarti hati sedang menyuruhmu untuk menemukan Allah.

26. "Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku." - QS. Yusuf: 86

27. "Orang beriman akan terbebas dari perasaan bahagia terlalu berlebihan yang menyebabkan seseorang melupakan Allah, dan perasaan terlalu larut dalam kesedihan yang menyebabkan seseorang putus asa dan menyalahkan Allah." - Dr. Bilal Philips

28. "Terkadang, dibutuhkan kesedihan untuk mengetahui arti kebahagiaan, kebisingan untuk menghargai keheningan, dan kehilangan untuk menghargai kehadiran.

29. "Berbahagialah. Jangan biarkan kesedihan menghancurkanmu. Ucapkan Alhamdulillah dalam setiap momen kehidupan yang kamu alami."

30. "Ketahuilah bahwa sabar diibaratkan kepala dari tubuh seseorang. Jika kepalanya hilang, maka keseluruhan tubuh orang tersebut akan membusuk (mati). Sama halnya dengan jika kesabaran seseorang telah hilang, maka semuanya akan rusak." - Ali bin Abi Thalib.

31. "Terkadang kita dikuasai oleh kesedihan hingga sampai pada tingkatan di mana kita lupa bahwa ada banyak hal dalam hidup yang bisa membuat kita bahagia." - Mufti Ismail Menk

32. "Allah memberimu kehidupan yang indah, maka jangan sia-siakan hidupmu itu untuk meratapi kesedihan atas sesuatu yang pasti akan berlalu."

33. "Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya." - QS. Al-Baqarah: 286

34. "Salah satu tujuan setan adalah untuk membuat orang-orang beriman merasa depresi dan bersedih hati, karena depresi membuat seseorang tidak berdaya."

35. "Ciri kelalaian manusia adalah sering mengeluh ketika sedang diuji dan jarang bersyukur ketika mendapatkan nikmat."

3. Kata-Kata Galau Islami Penyemangat

Gambar

Kata-kata galau islami bisa menenangkan kalian saat dilanda kesedihan. Selain itu, bisa juga berfungsi sebagai penyemangat untuk bangkit dan segera menakhlukan permasalahan. Kalian bisa menyimaknya dalam beberapa kutipan berikut ini.

36. "Jika sesuatu di hadapanmu membuatmu takut dan sesuatu di belakangmu membuatmu sakit, maka lihatlah ke atas. Allah tidak pernah gagal untuk menolongmu."

37. "Janganlah engkau berduka atas apa yang telah terjadi, karena tidak ada apapun di dunia ini yang abadi." - Imam Syafii

38. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaluddin Rumi

39. "Selama Allah beserta kita, apalah artinya bersedih hati, apalah artinya takut, dan apalah artinya cemas."

40. "Daripada tertekan memikirkan hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, lebih baik berdoalah kepada Allah yang maha mengendalikan dan temukan kedamaian." - Dr. Bilal Philips

41. "Hati kita milik Allah. Bila rasa sedih, berbaliklah pada Allah. Bila rasa keliru, berbaliklah pada Allah. Bila gembira, berbaliklah juga pada Allah."

42. "Agar pedihnya ujian terasa ringan, hendaklah engkau tahu bahwa Allah-lah yang mengujimu." - Ibnu Athaillah

43. "Dunia ini sementara. Sedih sementara, senang sementara, bersikaplah sewajarnya. Bagaimanapun kondisi kita saat ini, entah kita sedang senang atau sedih, pada akhirnya keadaan ini akan berubah."

44. "Rendah hati akan menumbuhkan kecintaan, dan lapang dada menerima pemberian Allah SWT akan melahirkan ketenangan jiwa." - Imam Syafi'i

45. "Berpikir positif saja. Jika saat ini kita sedang susah, sesungguhnya itu adalah modal untuk menceritakan bukti kesuksesan kita kelak, semangatlah!."

46. "Jika kamu merasa sedih, sakit hati atau bimbang, carilah petunjuknya dari Alquran maka kamu akan menemukan arah yang benar."

47. "Sesungguhnya kami milik Allah, dan kepada-Nyalah kami kembali."

48. "Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." - HR. Ahmad

49. "Saat hatimu hancur dan derita yang kamu rasakan membuatmu jatuh, ingat dan hanya ingatlah bahwa Allah melihat semua itu."

50. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." - QS. Ali Imran: 139

51. "Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (takdir) dari Allah dengan senang hati." - Ali bin Husein

52. "Bila kau bisa tersenyum saat hatimu penuh dengan duka nestapa, maka sesungguhnya kau sedang meringankan bebanmu sendiri dan membuka satu pintu untuk kebahagiaan." - Dr. 'Aidh al-Qarni

53. "Kegagalan adalah cara Allah untuk mengatakan bersabarlah karena aku memiliki sesuatu yang lebih baik untukmu saat waktunya tiba."

54. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." - QS. Al-Baqarah: 286

55. "Saat kesulitan menimpamu, bukan berarti Allah ingin menghukummu, melainkan itu merupakan panggilan dari Allah, 'Wahai hamba-Ku, kembalilah kepada Tuhanmu'."

4. Kata-Kata Galau Islami Menyentuh

Gambar

Perasaan galau bisa menyelimuti hati seseorang di setiap waktu. Semakin lama dipendam, kegalauan akan semakin mengakar di hati seseorang. Kegalauan seringkali membuat seseorang mudah merasa sedih dan tersentuh hal-hal mengharukan. Berikut kata-kata galau islami yang mampu menyentuh hati.

56. "Jika niat sudah terpancang karena Allah, tidak akan ada halangan yang bisa menghentikan."

57. "Belajar untuk lebih mensyukuri keadaan sekalipun itu tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan."

58. "Sekali kamu terjatuh makan jangan terjatuh untuk berkali-kali lagi. Tetapi bangkitlah di setiap kejatuhan tersebut."

59. "Dosaku sangat membebaniku. Tetapi ketika aku mengukurnya dengan rahmat-Mu, Ya Allah, ampunan-Mu lebih besar." -Imam Syafii

60. "Ketika kamu terpancing untuk kehilangan kesabaran terhadap seseorang, coba pikirkanlah betapa Allah telah bersabar terhadapmu sejauh ini."

61. "Sabar bukanlah bersikap pasif dan menunggu datangnya sebuah keajaiban, Akan tetapi sabar adalah melakukan segala kemungkinan untuk merubah situasi yang sedang menimpamu, kemudian serahkan sisanya kepada Allah."

62. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." -QS. Al-Baqarah 216

63. "Aku harus bisa bersyukur atas masa-masa sulit yang menimpaku, karena Allah memilihku, berarti Allah memandang aku cukup baik untuk melalui masa-masa itu." - Nouman Ali Khan

64. "Kalau kamu tidak bisa membahagiakan maka jangan membuatnya sedih."

65. "Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup." -Aa Gym

66. "Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan." -QS. Asy-Syuura 43

67. "Akan ada saat hati menjadi sedih dan gelisah. Jangan biarkan larut karena akan mencuri hidup kita. Bangkitlah, sibuklah, bergaulah dengan orang yang manfaat, dan perbanyaklah zikir" -Aa Gym

68. "Ketika anda sabar dalam menahan amarah, maka anda telah menyelamatkan ribuan penyesalan."

69. "Jika kamu mempunyai masalah, cobalah untuk bersyukur kepada Allah terlebih dahulu, lalu bersabarlah. Kunci kesabaran adalah bersyukur kepada Allah." - Nouman Ali Khan

70. "Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah, karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."

5. Kata-Kata Galau Islami Penuh Makna

Gambar

Galau merupakan perasaan yang dirasakan di lubuk hati. Karenanya, perasaan galau seringkali sulit diungkapkan dengan kata-kata biasa. Hanya kata-kata penuh makna yang bisa lukiskan kegalauan di hati dengan sempurna. Berikut kata-kata galau islami yang penuh makna.

71. "Barang siapa belum merasakan pahitnya belajar walau sebentar, maka akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya." -Imam Asy Syafi'i

72. "Sebelum menendang, perlu engkau sadari bahwa engkau akan berdiri dengan satu kaki saja." -Achmad Mustofa Bisri

73. "Kebahagiaan itu hanyalah pantas didapatkan bagi orang-orang yang mampu menunggu kebahagiaan itu datang dengan sabar dan lapang dada."

74. "Sabar memiliki dua sisi; sisi yang satu adalah sabar dan sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah." Ibnu Mas'ud

75. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau inginkan dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau inginkan." - Ali bin Abi Thalib

76. "Dia yang menciptakan mata nyamuk adalah Dzat yang menciptakan matahari." -Berdiuzzaman Said Nursi

77. "Hiduplah seperti pohon kayu yang lebat buahnya: hidup di tepi jalan dan dilempari orang dengan batu, tetapi dibalas dengan buah." -Abu Bakar Sibli

78. "Apapun yang terjadi dalam harimu yakinlah bahwa semuanya adalah kehendak dan rencana Allah untuk kebahagiaanmu."

79. "Sungguh engkau diciptakan bukan untuk membalas orang yang menyakitimu, kewajibanmu hanyalah bersabar. Karena sabar merupakan adabmu kepada Allah SWT." -Al Habib Ali Al Jufri

80. "Berbuat baik tidak perlu banyak orang yang tahu, yang penting itu banyak orang yang kena dampaknya."

81. "Bersabarlah, karena kesabaran adalah sebuah pilar keimanan." - Umar bin Khattab

82. "Sesungguhnya kesabaran yang sebenarnya adalah pada saat goncangan yang pertama." (HR. Bukhari)

83. "Sesungguhnya Allah sangat membenci setiap orang yang pandai dalam urusan dunia, namun bodoh dalam hal urusan akhirat."

84. "Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian taqdir dari Allah dengan senang hati." -Ali bin Husein

85. "Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau mempersilakan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan." -Salim A. Fillah

86. "Satu-satunya alasan kita untuk hadir di dunia ini adalah untuk menjadi saksi atas keesaan Allah." -Buya Hamka

87. "Memangnya kenapa kalau hidup kita tak sempurna? Toh ini bukanlah surga." -Nourman Ali Khan

6. Kata-Kata Galau Islami Bijak

Gambar

Saat hati dirundung kegalauan, nasihat bijak jadi satu hal yang dibutuhkan seseorang untuk bisa bangkit. Tak heran, seringkali seseorang bisa bangkit jadi orang yang lebih bijak setelah mengalami sakit hati dan galau mendalam. Berikut kata-kata galau islami yang mengandung pesan bijak.

88. "Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian."

89. "Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah."

90. "Untuk mendapatkan apa yang diinginkan, kau harus bersabar dengan apa yang kamu benci." -Imam Ghazali

91. "Lebih baik kehilangan sesuatu demi Tuhan. Daripada kehilangan Tuhan demi sesuatu." -Mufti Menk

92. "Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik." -Ali bin Abi Thalib.

93. "Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar."

94. "Jangan mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu." -Imam Asy Syafii

95. " Apa pun yang kamu keluarkan untuk keluargamu akan menjadi sumber pahala dari Allah. Bahkan sepotong makanan yang kamu suapkan ke mulut istrimu." -Nabi Muhammad SAW

96. "Jangan risaukan apa yang tidak kita miliki, tapi risaukan hati saat tak bersungguh-sungguh mensyukuri setiap pemberian-Nya."

97. "Datangnya kematian tidak menunggu hingga kamu akan menjadi lebih baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian." -Habib Ali Zainal Abidin

98. "Manusia yang berakal adalah manusia yang suka menerima dan meminta nasihat." -Umar bin Khattab

99. "Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri, karena hasil akhir dari semua urusan di dunia ini sudah ditetapkan oleh Allah. Jika sesuatu ditakdirkan untuk menjauh darimu, maka ia tak akan pernah mendatangimu. Namun jika ia ditakdirkan bersamamu, maka kau tak akan bisa lari darinya." -Umar bin Khattab

100. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." -Ibnu Qayyim Al Jauziyyah

101. "Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan pasti akan datang kemudahan." -HR. Tirmidzi

102. "Musibah bagaikan air keruh, semakin kau aduk semakin keruh. Bersabarlah, karena sebentar lagi dia akan menjadi jernih."

103. "Petunjuk tidak bisa dicapai kecuali dengan pengetahuan, dan arah tujuan yang benar tidak bisa dituju kecuali dengan kesabaran." - Ibnu Taimiyah

104. "Cobalah bersabar dari masalah sekecil apapun, maka kita akan bisa bersabar untuk masalah yang lebih besar."

105. "Sabar dalam iman bagaikan kepala untuk badan. Badan tak akan hidup tanpa kepala, demikian pula iman tak akan hidup tanpa kesabaran." - Ali bin Abi Thalib

Itulah kata-kata galau islami yang bisa jadi sumber energi positif untuk kalian agar kembali semangat mencapai tujuan.

(kpl/ans)

Editor:   Anik Setiyaningrum

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com