6 Cara Membasmi Tungau, Si Hewan Kecil yang Meresahkan

Dita Tamara| Kamis, 16 Juli 2020 18:22 WIB
Dita Tamara | Kamis, 16 Juli 2020 18:22

Kapanlagi.com - Pada dasarnya, jika rumah khususnya di kasur, sofa, maupun karpet terdapat tungau tentunya hal ini sangat mengganggu. Sebab gigitan tungau dapat menyebabkan gatal-gatal, bentol, hingga memicu sesak napas dan gejala alergi lainnya. Tungau menyukai tempat-tempat tersebut karena dirinya bisa mendapatkan makanan berupa sel kulit mati manusia atau sisa-sisa materi organik lainnya.

Tungau sendiri merupakan hewan kecil sejenis kutu yang suka bersarang di area lembap, tak terkecuali kasur yang kurang bersih. Bahkan, tungau juga susah dibasmi karena sulit dilihat oleh mata telanjang.

Oleh sebabnya, banyak orang yang mencari cara membasmi tungau yang kerap meresahkan itu. Sebagai solusinya, kalian bisa menggunakan cara alami dan tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Daripada penasaran, yuk langsung cara intip cara membasmi tungau dengan mudah.

1 Dari 6 Halaman

1. Cara Membasmi Tungau dengan Cuka

Cara Membasmi Tungau dengan Cuka (credit: freepik)
Selanjutnya, cara membasmi tungau secara alami bisa menggunakan larutan cuka. Caranya pun terbilang sangat mudah. Kalian hanya memerlukan larutan cuka tanpa dicampur menggunakan air. Setelah itu, kalian bisa langsung menyemprotkan larutan cuka ke kasur tempat bersarang tungau.

Setelah kasur selesai disemprot, tunggu beberapa menit terlebih dahulu. Membasmi tungau menggunakan larutan cuka sangat ampuh sebab tungau dan telur-telurnya akan mati. Ada baiknya, kasur yang sudah disemprotkan larutan cuka itu tidak langsung digunakan untuk sementara waktu.

2 dari 6 halaman

2. Cara Membasmi Tungau dengan Garam

Cara Membasmi Tungau dengan Garam (credit: freepik)
Masih dari bahan dapur, garam tak hanya digunakan sebagai penambah cita rasa pada masakan. Namun ternyata garam dapat bermanfaat untuk membasmi tungau. Cara penggunaannya pun cukup mudah untuk di praktekkan.

Pertama-tama, siapkan air, garam, dan botol penyemprot bekas. Kemudian masukkan garam dan air ke dalam botol penyemprot. Kemudian, semprotkan larutan air garam ke sarang-sarang tungau di area tempat tidur. Biarkan beberapa menit, lalu kalian bisa melihat hasilnya, tungau akan keluar dan mati.

3 dari 6 halaman

3. Cara Membasmi Tungau dengan Kulit Durian

Cara Membasmi Tungau dengan Kulit Durian (credit: freepik)
Dibalik cita rasa durian yang nikmat, ternyata kulit durian mempunyai manfaat untuk membasmi tungau. Hal tersebut lantaran aroma durian yang sangat kuat dan tidak disenangi oleh tungau. Bahkan, aroma dari kulit durian tersebut membuat tungau tidak nyaman dan bisa menyebabkan tungau mati.

Jadi, apabila selesai memakan durian, ada baiknya kulitnya jangan langsung dibuang. Kalian cukup meletakkan kulit durian di kamar atau ruangan-ruangan lain yang berpotensi menjadi sarang tungau. Cukup mudah bukan?

4 dari 6 halaman

4. Cara Membasmi Tungau dengan Daun Sirsak

Cara Membasmi Tungau dengan Daun Sirsak (credit: freepik)
Selain menggunakan kulit durian, cara menghilangkan tungau di kasur lainnya dengan bahan alami seperti menggunakan daun sirsak. Selain mudah dan alami, daun sirsak juga sangat ampuh untuk menghilangkan tungau di kasur.

Cara menggunakannya pun terbilang cukup mudah. Pertama-tama siapkan daun sirsak beberapa lembar terlebih dahulu. Setelah itu, taruhlah daun sirsak di tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang tungau, misalnya di sudut tempat tidur atau di bawah kasur.

5 dari 6 halaman

5. Cara Membasmi Tungau dengan Silika Gel

Cara Membasmi Tungau dengan Silika Gel (credit: freepik)
Silika gel merupakan mineral alami yang dimurnikan dan berbentuk butiran seperti kaca. Nah, silika gel yang biasanya kalian temukan di dalam setiap pengiriman barang-barang yang disimpan dalam kotak. Ternyata, silika gel ini juga dapat menjadi senjata mengusir tungau dari kasur nih.

Caranya pun mudah, cukup taburkan silika gel di kasur dan area-area yang sekiranya jadi sarang tungau. Dengan begitu, tungau-tungau yang bersarang akan menempel di silika gel dan mati dengan sendirinya.

6 dari 6 halaman

6. Cara Membasmi Tungau dengan Bawang Putih

Cara Membasmi Tungau dengan Bawang Putih (credit: freepik)
Selanjutnya, cara mengusir tungau bisa menggunakan bawang putih. Caranya, kalian hanya meletakkan beberapa butir bawang putih ke area kasur tempat bersarang tungau.

Cara lain mengusir tungau bisa dilakukan dengan membuat jus bawang putih, kemudikan jus tersebut masukkan ke dalam botol semprot. Lalu, semprotkan ke kasur yang terdapat tungau.

tulah sederet cara mengusir tungau yang bisa kalian lakukan di rumah. Selain cara di atas, sebaiknya kalian juga rajin untuk menjemur kasur di bawah sinar matahari, mengganti seprai, dan rajin menjaga kebersihan. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:  

Dita Tamara

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com