6 Cara Mengatasi Batuk Kering dengan Bahan Alami

Dhia Amira| Selasa, 30 Juni 2020 14:11 WIB
Dhia Amira | Selasa, 30 Juni 2020 14:11

Kapanlagi.com - Batuk kering memang sangat mengganggu apa lagi di malam hari, hal tersebut tentu akan membuat kita sulit untuk tidur dan beristirahat dengan baik. Bila sudah begini tentu saja bahan alami dapat dijadikan sebagai cara mengatasi batuk kering dengan aman.

Bahan-bahan ini selain dapat mengatasi batuk dengan cara alami, juga dapat memberikan kesehatan lain untuk tubuh. Bahan-bahan apa saja itu? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 cara mengatasi batuk kering dengan bahan alami yang aman dan wajib kalian ketahui.

1 Dari 6 Halaman

1. Jahe

Jahe credit: Pixabay
Cara mengatasi batuk kering yang pertama yaitu dengan menggunakan jahe. Kita tahu bahwa jahe terkenal dengan bahan yang bisa menghangatkan tubuh serta tenggorokan yang sakit, tidak hanya segudang manfaat saja tetapi jahe juga memiliki manfaat untuk meredakan batuk kering secara alami.

Hal tersebut karena di dalam jahe terdapat kandungan anti radang yang dapat membantu melemaskan membran pada saluran pernafasan hingga intensitas batuk lebih berkurang. Kalian bisa membuat minuman jahe dengan cara direbus bersama gula aren, serta dapat dikonsumsi saat hangat ataupun dingin.

2 dari 6 halaman

2. Bawang Putih

Bawang Putih credit: Pixabay
Cara mengatasi batuk kering yang kedua yaitu dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih memang menjadi salah satu bahan alami yang dapat mengatasi batuk kering dengan ampuh. Hal tersebut karena di dalam bawang putih terdapat kandungan anti virus, anti bakteri, dan anti mikroba yang dinilai efektif untuk membunuh berbagai organisme penyebab penyakit salah satunya bakteri penyebab batuk.

Selain dapat meredakan batuk kering, bawang putih juga dapat meredakan flu serta mencegah kanker. Jadi tidak ada salahnya mengonsumsi bawang putih, selain dapat menjadi obat batuk bawang putih juga dapat menjadi obat yang baik bagi tubuh. Bila kalian tidak dapat mengonsumsi bawang putih secara langsung, kalian bisa mencampurkannya dengan makanan atau direbus untuk meminum airnya.

3 dari 6 halaman

3. Daun Mint

Daun Mint credit: Pixabay
Daun mint menjadi salah satu bahan alami yang dapat menjadi cara mengatasi batuk kering yang selanjutnya. Terkenal dengan bahan yang dapat membuat minuman menjadi segar, daun mint juga ternyata dapat menjadi salah satu bahan alami yang aman untuk dikonsumsi saat batuk.

Hal tersebut karena kandungan menthol pada daun mint dipercaya dapat membantu melegakan tenggorokan yang luka akibat batuk, sehingga bisa digunakan sebagai obat batuk kering alami. Bila kalian ingin menjadikan daun mint sebagai obat, maka ada baiknya memilih daun dengan kualitas terbaik.

Daun mint yang memiliki kualitas terbaik biasanya permukaan daun berwarna hijau cerah dan tidak bernoda. Atau bila sulit ditemukan, kalian bisa menggunakan campuran 4 tetes minyak atsiri daun mint dalam secangkir air panas, kemudian hirup uapnya. Lakukan hal ini sebelum tidur agar tenggorokan merasa lega.

4 dari 6 halaman

4. Madu

Madu credit: Pixabay
Selain daun mint, ada pula madu yang dapat menjadi bahan alami sebagai cara mengatasi batik kering. Madu merupakan salah satu perasa manis alami yang aman untuk dikonsumsi dengan takaran yang tepat. Dan tentu saja madu juga dapat mengatasi batu kering yang mengganggu kalian.

Banyak peneliti yang membuktikan bahwa madu dapat mengatasi batuk dengan efektif terhadap orang dewasa maupun anak-anak. Dan sangat bagus dikonsumsi saat malam hari. Kalian bisa mengonsumsi madu secara langsung atau dengan air hangat.

Tapi perlu diingat bahwa, walaupun madu menjadi obat batuk yang lebih baik dibandingkan dengan obat di apotek, madu tidak untuk dikonsumsi pada anak di bawah 1 tahun ya KLovers. Hal ini karena madu mengandung spora bakteri clostridium botulinum yang dapat menyebabkan penyakit botulisme pada bayi.

5 dari 6 halaman

5. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis credit: Pixabay
Jeruk nipis juga menjadi salah satu bahan alami yang dapat menjadi cara mengatasi batuk kering yang selanjutnya. Kita tahu bahwa jeruk nipis banyak digunakan untuk berbagai macam jenis permasalahan dalam pernafasan. Hal ini karena di dalam jeruk nipis terdapat kandungan minyak atsiri dan berbagai zat yang bisa melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan.

Itulah mengapa jeruk nipis bisa mengatasi berbagai macam permasalahan seperti suara serak, hingga gatal yang disertai dengan batuk. Kalian bisa menggunakan jeruk nipis untuk obat alami batuk kering dengan berbagai macam penyajian. Seperti air jeruk nipis, atau air jeruk nipis hangat, hingga jeruk nipis dengan madu.

6 dari 6 halaman

6. Sup Hangat

Sup Hangat credit: Pixabay
Dan cara mengatasi batuk kering yang terakhir yaitu dengan membuat sup hangat. Banyak sekali orang-orang yang akan menghirup sup hangat ketika mereka sedang flu atau batuk untuk memberikan rasa hangat dan juga melegakan pernafasan.

Bila kalian memiliki tenggorokan gatal dan batuk kering yang tidak sembuh-sembuh, maka coba untuk membuat sup hangat dengan menggunakan ayam, bawang putih, perasan lemon, dan sedikit kunyit. Hal ini karena senyawa aktif allicin dalam bawang putih memiliki fungsi anti virus, anti mikroba, dan anti jamur yang ampuh membunuh berbagai organisme penyebab batuk.

Sementara itu, kunyit dapat melawan peradangan dan membuat batuk kering mereda. Selain dapat meredakan batuk kering, sup ayam ini juga dapat mengembalikan metabolisme tubuh agar sehat kembali.

Itulah 6 cara mengatasi batuk kering dengan bahan-bahan alami. Selain dapat memberikan kesehatan untuk tubuh, bahan-bahan ini juga dapat mengatasi batuk kering secara praktis. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:  

Dhia Amira

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com