6 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan, Tanpa Obat!

Galuh Esti Nugraini| Kamis, 26 Maret 2020 11:44 WIB
Galuh Esti Nugraini | Kamis, 26 Maret 2020 11:44

Kapanlagi.com - Sakit tenggorokan merupakan rasa nyeri, iritasi, atau kering pada tenggorokan. Hal ini dapat terjadi karena infeksi virus atau bakteri di mana pertanda awal dari sakit tenggorokan yaitu pilek dan batuk pada seseorang. Maka dari itu jangan disepelekan, kalian pun harus tahu cara mengatasi radang tenggorokan ini.

Jika KLovers sepelekan, bisa saja penyakit tenggorokan ini menjadi hal yang serius. Sebab, sakit tenggorokan akan mengganggu ketika menelan manakan dan minuman. Tak jarang, radang tenggorokan disertai dengan demam ringan yang dapat mengganggu aktivitas.

Pertolongan pertama untuk sakit tenggorokan memang perlu untuk dilakukan. Tak jarang sakit tenggorokan diobati menggunakan bahan-bahan rumahan. Cara alami dipercaya dapat menyembuhkan radang tenggorokan dalam waktu yang relatif singkat.

Jika KLovers enggan untuk pergi ke dokter, maupun tidak ingin mengonsumsi obat, berikut ini cara mengatasi radang tenggorokan dengan alami.

1 Dari 9 Halaman

1. Gejala Sakit Tenggorokan

Gejala pada radang tenggorokan biasanya ditandai dengan sakit ketika menelan makanan maupun minuman, sakit kepala, kelenjar yang membesar pada leher. Berikut gejala pada sakit tenggorokan:

- Nyeri otot

- Batuk

- Bersin

- Hidung beringus

- Demam

- Kelelahan

- Tenggorokan terasa kering

2 dari 9 halaman

2. Penyebab Sakit Tenggorokan

Radang tenggorokan umumnya terjadi akibat infeksi virus. Ada beberapa penyebab sakit tenggorokan, antara lain sebagai berikut:

- Akibat pergantian musim, ataupun udara yang kering.

- Ketegangan otot akibat berteriak terlalu lama.

- Iritasi yang disebabkan oleh rokok dan alkohol.

- Asam lambung, hal ini akibat naiknya asam lambung dari perut ke tenggorokan.

3 dari 9 halaman

3. Kumur dengan Air Garam

Kumur dengan Air Garam (credit: pixabay)
Cara mengatasi radang tenggorokan yang pertama dengan kumur menggunakan air garam merupakan cara yang paling efektif. Selain murah, garam dapat membunuh bakteri yang sangat baik. Garam berfungsi sebagai antiseptik akan membersihkan tenggorokan dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Dengan begitu, berkumur menggunakan air garam dapat meredakan sakit tenggorokan. Gunakan air hangat untuk melarutkan garam. Selanjutnya, gunakan air garam untuk berkumur. Ketika berkumur, jangan hanya di mulut, namun juga di bagian tenggorokan. Lakukan 2 sampai 4 kali dalam sehari. 

4 dari 9 halaman

4. Konsumsi Madu Murni

Konsumsi Madu Murni (credit: pixabay)
Madu asli memiliki sifat anti mikroba yang dapat merilekskan tenggorokan dan menghilangkan bakteri. Selain itu, antioksidan dan sifat anti bakarnya juga membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh virus, jamur, dan bakteri.

KLovers dapat mengonsumsi satu sendok madu murni setiap pagi. Anda juga dapat mengkombinasikan madu dengan teh hijau. Teh hijau memiliki manfaat sifat anti bakteri dan antioksidan.

Mengonsumsi madu setiap hari merupakan langkah yang tepat, mengingat madu memiliki segudang manfaat seperti; mengatasi sakit tenggorokan, menurunkan berat badan, membantu sistem kekebalan tubuh, dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

5 dari 9 halaman

5. Konsumsi Bawang Putih Mentah

Konsumsi Bawang Putih Mentah (credit: pixabay)
Bawang putih memiliki sifat antibakteri alami karena kandungan allicin senyawa organosulfer yang dikenal melawan infeksi.

Anda dapat mengonsumsi bawang putih secara mentah, atau dengan cara menambahkan bawang putih segar ke dalam makanan anda. Dengan begitu, radang tenggorokan anda segera mereda.

6 dari 9 halaman

6. Perbanyak Istirahat dan Minum Air Putih

Perbanyak Istirahat dan Minum Air Putih (credit: pixabay)
Air putih merupakan obat yang alami untuk mengatasi sakit tenggorokan. Konsumsi air putih hangat akan membantu melegakan hidung dari sumbatan dan melegakan tenggorokan.

Hal yang paling terpenting ketika sakit tenggorokan ialah istirahat yang cukup. Kurangi ketika anda berbicara guna mengurangi pembengkakan pada bagian tenggorokan.

7 dari 9 halaman

7. Air Perasan Lemon

Air Perasan Lemon (credit: pixabay)
Buah lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Lemon juga mengandung zat kimia alami seperti polifenol, flavonoid, terpenoid, dan karotenoid, yang sangat baik untuk kesehatan.

Air lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan asam yang dapat mematikan virus. KLovers cukup campurkan 1 sendok teh ke dalam secangkir gelas berisi air hangat. Lalu kumur selama 20 detik dan lakukan beberapa kali dalam sehari.

 

8 dari 9 halaman

8. Kumur Cuka Apel dan Garam

Kumur Cuka Apel dan Garam (credit: pixabay)
Cuka apel memiliki beragam manfaat seperti menghilangkan jerawat, menurunkan berat badan, hingga radang tenggorokan. Sedangkan garam memiliki sifat mengikat air. Sehingga saat berkumur menggunakan garam, sifat garam yang mengikat cairan sekaligus bakteri yang ada bersamanya akan mengurangi peradangan pada tenggorokan.

Berikut cara mengatasi sakit tenggorokan dengan mencampurkan suka apel dan garam. Campurkan cuka apel dan garam ke dalam air hangat. Selain diminum, campuran cuka apel dan garam dapat dijadikan sebagai kumur.

9 dari 9 halaman

9. Mencegah Radang Tenggorokan

Meski sudah mengetahui cara mengatasi radang tenggorokan, tetap saja kalian harus lakukan pencegahan agar tidak sakit tenggorokan. Ada banyak cara yang dilakukan agar tidak terserang penyakit tenggorokan ini.

- Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik.

- Hindari kontak dengan orang sakit.

- Tetap berada di rumah, ketika anda sedang sakit.

- Tutup mulut dan hidung saat bersin ataupun batuk dengan tisu.

Cara-cara tersebut merupakan cara efektif untuk meredakan radang tenggorokan. Jika anda sudah menggunakan cara tersebut, namun tak kunjung membaik, segeralah periksa lebih lanjut ke dokter maupun rumah sakit.

(kpl/dtm/gen)


Editor:  

Dita Tamara

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com