6 Cara Mudah Membuat Slime Dari Shampoo Dan Garam, Ternyata Slime Jadi Lebih Kenyal

Editor Kapanlagi.com | Selasa, 25 Juni 2019 18:02 WIB
6 Cara Mudah Membuat Slime Dari Shampoo Dan Garam, Ternyata Slime Jadi Lebih Kenyal

Kapanlagi.com - Hai Klovers, saat ini mulai banyak bertebaran mainan-mainan baru yang digemari oleh anak-anak. Mulai dari squishy, slime, spinner, dan lain sebagainya. Kali ini, kita akan membahas slime sebagai salah satu mainan terbaru yang paling digemari masyarakat. Pasti kamu udah sering mendengar kata slime kan? Sebenarnya kalian sudah tahu belum sih slime itu apa? Dalam bahasa Inggris, slime diartikan sebagai 'lendir', namun pada masa ini slime kerap dihubungkan dengan mainan anak - anak yang bertekstur lembut, kenyal dan sangat asyik dimainkan. Sebenarnya slime adalah permainan unik yang tersusun dari polimer cross-linked, bahan ini diklasifikasikan sebagai cairan dan biasanya dibuat dengan menggabungkan larutan polivinil alkohol dengan ion borat dalam wadah pencampur besar. Nah, Klovers ternyata kita bisa lho membuat slime dari bahan-bahan yang ada di rumah. Apakah Klovers sudah pernah membuat slime sendiri?

Slime saat ini tengah menjadi sebuah permainan yang populer dan banyak diminati. Ada beberapa alasan yang membuat slime sangat digemari oleh berbagai kalangan terutama anak-anak. Alasan pertama mengapa slime banyak digemari adalah slime sebagai solusi penghilang rasa bosanmu, kedua selain berfungsi sebagai mainan, slime juga dapat digunakan sebagai pembersih keyboard, dan slime juga digemari karena harganya yang tidak mahal alias terjangkau.

Kepopuleran slime saat ini secara otomatis memicu banyak orang untuk berkreasi serta bereksperimen untuk membuat slime dari beragam bahan. Ternyata bikin slime dengan bahan- bahan yang sering kita temui di rumah juga bisa lho, yaitu salah satunya dengan shampoo dan garam, apa Klovers tidak penasaran membuat slime dengan kedua bahan tersebut? Yupz, ternyata kedua bahan di atas bisa membuat slime kamu menjadi lebih kenyal dan stretch lho. Membuat slime sendiri maupun bersama teman pasti menyenangkan, selain sederhana dan mudah, cara membuat slime dengan shampo dan garam ini sangat hemat bahan. Gak usah lama-lama lagi, yuk kita simak cara membuat slime dengan shampoo dan garam yang dilansir dari wajibaca.com di bawah ini yang bisa kamu buat sendiri dirumah.

Bahan-Bahan yang Perlu disiapkan Untuk Membuat Slime dari Shampo dan Garam

1.Shampoo

2.Garam

3.Slime activator / obat sariawan GOM / obat tetes mata insto

Cara Pembuatan Slime dari Shampo dan Garam

Setelah menyiapkan bahan-bahannya, mari kita mulai proses pembuatan slime seperti berikut ini:

1. Pertama, masukan kira-kira 4 sendok makan shampoo ke dalam wadah dan tambahkan 2 sendok makan garam halus. Aduk supaya garam menyatu rata dengan shampoo ya Klovers. Pengadukan garam dan shampoo akan membuat shampoo menjadi kental.

Shampoo (Cr: KapanLagi.com/Shutterstock)Shampoo (Cr: KapanLagi.com/Shutterstock)

2. Kedua, campurkan pewarna atau glitter, jika suka. Kamu bisa menambahkan beberapa tetes pewarna makanan cair ke dalam mangkuk jika shampoo yang kamu gunakan berwarna putih atau bening. Jika kamu menginginkan slime yang berkilauan, tambahkan sedikit glitter. Aduk semua dengan sebuah sendok ya Klovers.

Slime (Cr:KapanLagi.com/Shutterstock)Slime (Cr:KapanLagi.com/Shutterstock)

3. Jika KLovers suka, campurkan sedikit sabun mandi cair. Sabun mandi cair ini bisa membantu agar slime kamu juga lebih kental. Takaran shampoo dan sabun mandi cair harus sama banyaknya ya Klovers. Aduk kedua bahan sampai tercampur rata. Pastikan shampoo dan sabun cair kamu berwarna sama ya Klovers. Jika tidak, slime kamu akan berwarna keruh.

4. Langkah selanjutnya, campurkan garam hingga shampoo mengental. Tak ada takaran pasti seberapa banyak garam yang dibutuhkan, sebab reaksi shampoo berbeda-beda tergantung mereknya. Cukup masukkan sejumput garam, lalu aduk hingga rata. Lalu tambahkan dan aduk campuran shampoo dan garam hingga menggumpal.

Garam (Cr: KapanLagi.com/Shutterstock)Garam (Cr: KapanLagi.com/Shutterstock)

5. Kemudian, masukkan 1 sendok makan slime activator yang akan membuat slime akan lebih kenyal dan tidak lengket, jika tidak ada slime activator kamu bisa menggantinya dengan obat sariawan GOM yang banyak dijual di apotek atau pun obat tetes mata insto lho Klovers.

Obat Tetes Mata (Cr:KapanLagi.com/Shutterstock)Obat Tetes Mata (Cr:KapanLagi.com/Shutterstock)

6. Setelah itu, langkah terakhir bekukan shampoo selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Setelah shampo menggumpal, masukkan mangkuk ke dalam freezer.

Tips Membuat Slime dari Shampo dan Garam

Meski simpel dan mudah dibuat, sebenarnya slime dari shampoo dan garam memiliki beberapa kelemahan. Slime ini tidak bisa bertahan lama dan terasa lengket jika cara pembuatannya tidak tepat.Tapi jangan khawatir Klovers, untuk mengatasi itu semua ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan bila menemukan kendala saat membuat slime dari shampo dan garam:

1. Untuk mengurangi rasa lengket pada slime yang telah jadi, kamu bisa menambahkan beberapa tetes baby oil. Sesuaikan takaran baby oil dengan jumlah takaran shampoo dan garam yang dibuat

2. Slime activator menjadi hal yang perlu ditambahkan dalam pembuatan slime ini karena jika hanya shampoo dan garam saja bentuknya hanya akan seperti shampoo yang lebih kental. Jika memang tidak ada slime activator, bahan penggantinya seperti GOM atau pun insto menjadi yang tak boleh dilupakan untuk ditambahkan pada adonan slime

3. Agar slime yang kamu buat menarik dan memiliki tampilan yang cantik, kreasikan slime dengan beberapa warna dengan cara menambahkan beragam pewarna makanan di wadah yang berbeda

4. Apabila slime telah selesai dimainkan segera simpan slime di wadah tertutup karena slime yang dibiarkan terpapar udara terbuka dapat berubah menjadi encer. Disamping menyimpannya di wadah tertutup, akan lebih baik slime juga diletakkan di lemari es dan dapat diambil lagi ketika akan dimainkan.

Demikian cara membuat slime dari shampoo dan garam yang mudah untuk dipraktikkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil Klovers.

Penulis: Margareta Novika Sandy P.

(kpl/mag)

Join Kapanlagi.com