6 Bumbu Dapur Ini Dapat Dijadikan Infused Water, Bermanfaat Sebagai Anti Kanker - Cegah Penuaan Dini

Dhia Amira| Rabu, 03 Juni 2020 11:11 WIB
Dhia Amira | Rabu, 03 Juni 2020 11:11

Kapanlagi.com - Bagi masyarakat Indonesia, bumbu dapur adalah salah satu bahan-bahan alami yang penting untuk membuat sebuah makanan. Bumbu dapur setiap hari digunakan untuk membuat berbagai macam makanan sehari-hari, dari tumisan sayur sederhana hingga makanan mewah seperti rendang. Manfaat bumbu dapur bagi kesehatan tubuh juga sangat berpengaruh penting, itulah mengapa setiap makanan yang disajikan memiliki manfaat dan gizi tersendiri.

Bumbu dapur di Indonesia memiliki berbagai macam jenis yang tentunya banyak sekali. Bumbu dapur memiliki berbagai macam golongan seperti bumbu buah, bumbu daun serta batang, bumbu ubi, bumbu bunga, bumbu akar, dan juga bumbu rempah, yang semua itu dapat kita temukan dengan mudah di Indonesia.

Memiliki banyak jenis rempah, tak ada salahnya untuk kita membuat minuman infused water dari bumbu dapur yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 macam bumbu dapur bagi kesehatan bila dibuat sebagai infused water atau minuman kesehatan.

1 Dari 6 Halaman

1. Kapulaga

Kapulaga credit: Pixabay
Jenis bumbu dapur bagi kesehatan yang pertama yaitu ada kapulaga. Mungkin ada yang sedikit asing dengan bumbu dapur yang satu ini, tetapi banyak juga makanan Indonesia yang dibuat dengan mencampurkan kapulaga di dalamnya. Tak hanya itu saja, kapulaga juga digunakan sebagai obat herbal seperti jamu atau obat anti depresi. Kapulaga merupakan jenis tanaman rempah yang dihasilkan dari biji beberapa tanaman, dengan bentuk bulat serta kecil. Dan manfaat dari kapulaga yaitu,

- Dapat mencegah adanya kanker, karena di dalam kapulaga terdapat kandungan fitokimia alami yang dapat membantu melawan kanker. Selain itu juga kapulaga dapat mencegah adanya kanker di dalam tubuh akibat makanan serta cara hidup yang tidak sehat.

- Kesehatan mulut, karena di dalam kapulaga terdapat kandungan antioksidan dan anti radang yang dapat menyehatkan gusi, gigi, dan juga mulut. Serta tentunya dapat menghilangkan bau mulut akibat bakteri berlebih.

- Mengobati infeksi, karena kandungan anti bakteri yang terdapat dalam kapulaga dapat menyembuhkan infeksi serta melindungi infeksi yang terjadi di dalam tubuh.

- Asam lambung, memiliki serat cukup tinggi membuat kapulaga dapat mengatasi asam lambung yang naik bagi penderita penyakit lambung. Tak hanya itu saja, serat yang terdapat dalam kapulaga juga bisa melancarkan pencernaan.

2 dari 6 halaman

2. Kayu Manis

Kayu Manis credit: Pixabay
Jenis bumbu dapur bagi kesehatan yang kedua yaitu ada kayu manis. Sering digunakan dalam pembuatan kue dan makanan manis membuat kayu manis menjadi salah satu bumbu dapur primadona ketika seseorang membuat makanan manis. Tak hanya memiliki rasa manis, kayu manis juga memiliki aroma harum dan juga rasa pedas. Kayu manis berasal dari tumbuhan yang kulit serta kayunya dapat dijadikan sebagai rempah berupa kayu manis. Banyak sekali manfaat kayu manis untuk kesehatan bila dijadikan sebagai minuman, dan manfaat kesehatan tersebut seperti:

- Menurunkan kadar dalam gula, hal ini karena kayu manis dapat menjadi sebuah insulin di dalam tubuh. Dan insulin ini merupakan zat yang dapat menyerap glukosa di dalam tubuh sehingga dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

- Mengurangi nyeri rematik, karena pada kayu manis terdapat kandungan yang dapat mengurangi sitoki. Dan sitoki ini merupakan protein-protein kecil yang bisa menyebabkan rematik.

- Memperlancar siklus menstruasi bagi wanita. Ternyata kayu manis juga dapat melancarkan siklus menstruasi wanita, hal ini karena kandungan phosphatidylinositol 3 kinase dapat membantu kesuburan dalam tubuh wanita. Tak hanya itu saja kandungan phosphatidylinositol 3 kinase ini juga dapat melindungi ovarium wanita dari berbagai penyakit yang menyerang rahim.

3 dari 6 halaman

3. Jahe

Jahe credit: Pixabay
Lalu jahe menjadi salah satu bumbu dapur bagi kesehatan yang bisa dibuat sebagai infused water. Tak perlu dipertanyakan lagi bahwa jahe merupakan salah satu jenis rempah yang sering sekali digunakan untuk membuat sebuah minuman, hal ini karena kandungan pada jahe yang bisa membuat tubuh menjadi hangat. Dan tentu saja jahe sudah sejak lama digunakan sebagai salah satu ramuan tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Inilah beberapa manfaat jahe bagi kesehatan.

- Anti penuaan, karena di dalam jahe terdapat kandungan anti inflamasi dan anti oksidatif yang dapat mencegah anti penuaan.

- Lalu, memperkuat sistem imun karena di dalam jahe mengandung vitamin C dan magnesium untuk menjaga daya tahan tumbuh agar tetap kuat.

- Antioksidan alami, memiliki kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones, nyatanya jahe dipercaya menjadi antioksidan alami yang sangat baik untuk tubuh.

4 dari 6 halaman

4. Ketumbar

Ketumbar credit: Pixabay
Bumbu dapur bagi kesehatan yang selanjutnya yaitu ada Ketumbar. Kalian pasti sangat mengetahui bumbu dapur yang satu ini, dari namanya saja kalian pasti sudah mengetahui bahwa ketumbar sering sekali menjadi bumbu dapur untuk menu makanan seperti, bacem, menu goreng, serta menu bakar. Tapi ternyata rempah yang mirip sekali dengan lada ini memiliki manfaat bagi kesehatan loh bila dibuat menjadi minuman atau infused water. Dan manfaat tersebut seperti:

- Obat batuk dan pilek, hal tersebut karena di dalam ketumbar terdapat kandungan asam folat, beta karoten, vitamin A, dan juga vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Bila kalian memiliki sakit flu seperti batuk dan pilek maka minum air rebusan atau infused water dari ketumbar akan membuat tubuh merasa baikan.

- Mengobati nyeri sendi, karena di dalam ketumbar terdapat kandungan asam linoleat dan sifat analgesik yang dapat meringankan nyeri pada sendi.

- Lalu ketumbar juga dapat melancarkan menstruasi pada wanita. Karena di dalam biji ketumbar terdapat kandungan stimulan yang dapat merangsang kelenjar endokrin, sehingga hormon dalam tubuh lebih seimbang.

- Bila kalian mengonsumsi air ketumbar secara rutin dengan kadar yang tak terlalu berlebihan, maka akan mengatasi sindrom iritasi usus besar. ketumbar juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu pergerakan usus dan membantu produksi enzim pencernaan.

5 dari 6 halaman

5. Serai

Serai credit: Pixabay
Kemudian ada serai yang menjadi salah satu bumbu dapur bagi kesehatan yang dapat dikonsumsi dengan cara diminum. Serai merupakan salah satu jenis rempah yang masuk dalam golongan rumput-rumputan dengan fungsi untuk mengharumkan sebuah masakan. Ada beberapa masakan yang menggunakan batang serai seperti pindang ikan, rica-rica, nasi uduk, nasi kuning, ayam bumbu kuning, dan masih banyak lagi.

Selain dapat memberikan aroma harum pada masakan, aroma serai juga dapat mengusir nyamuk, karena nyamuk tidak suka dengan aroma dari serai. Nyatanya serai juga banyak digunakan sebagai obat tradisional loh, dan inilah beberapa manfaat bagi kesehatan bila kita mengonsumsi air serai.

- Anti depresi, karena di dalam kandungan serai terdapat anti depresi yang dapat melenturkan saraf otot sehingga pikiran lebih tenang.

- Dapat membantu seseorang yang sedang menjalankan diet, karena serai dapat membakar lemak di dalam perut. Dan infused water serai merupakan salah satu minuman yang baik dikonsumsi saat menjalankan program diet.

- Dapat mengatasi jerawat pada wajah, karena di dalam serai terdapat kandungan vitamin A yang berfungsi mengatasi jerawat berlebih serta mencerahkan wajah.

6 dari 6 halaman

6. Cengkeh

Cengkeh credit: Pixabay
Dan bumbu dapur bagi kesehatan yang terakhir yaitu ada cengkeh. Bumbu dapur yang satu ini merupakan salah satu bumbu dapur yang berasal dari bunga tanaman jambu serta memiliki aroma yang harum. Cengkeh biasanya digunakan untuk makanan yang manis serta makanan yang berkuah atau direndam. Selain menjadi bumbu makanan, cengkeh juga menjadi bahan pokok dalam rokok kretek di Indonesia.

Tak hanya untuk rokok, ternyata manfaat cengkeh bagi kesehatan juga sangat baik loh bila dijadikan minuman rebus atau infused water, dan manfaat tersebut antara lain:

- Menjaga kesehatan tulang, karena dalam cengkeh terdapat senyawa aktif yang terbukti dapat melindungi serta meningkatkan kepadatan tulang. Sehingga tidak mudah terkena esteoporosis.

- Mengendalikan kadar gula dalam darah, karena di dalam cengkeh terdapat zat berupa nigericin yang dapat meningkatkan sekresi insulin dan meningkatkan fungsi sel-sel yang menghasilkan insulin. Dan insulin inilah yang bisa mengendalikan sel gula dalam darah.

- Mengatasi sakit gigi, hal ini disebabkan oleh senyawa eugenol yang dapat mengurangi rasa nyeri di gigi dan gusi.

Itulah 6 jenis bumbu dapur bagi kesehatan yang bisa kalian buat menjadi minuman kesehatan seperti infused water. Minum secara rutin rempah-rempah di atas agar mendapatkan hasil yang baik serta maksimal.

(kpl/dhm)

Editor:  

Dhia Amira

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com