6 Makanan yang Baik untuk Kesehatan dan Pertumbuhan Tulang - Gigi

Dhia Amira| Minggu, 02 Agustus 2020 10:22 WIB
Dhia Amira | Minggu, 02 Agustus 2020 10:22

Kapanlagi.com - Memiliki tulang dan gigi yang baik memang menjadi sebuah hal yang penting untuk tubuh. Dan memberikan nutrisi pada tulang dan gigi merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan bila ingin mendapatkan tulang dan gigi yang baik, terutama pada anak yang sedang mengalami pertumbuhan.

Dan dalam memberikan nutrisi tulang serta gigi salah satunya yaitu, dengan mengonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan dan pertumbuhan tulang serta gigi tersebut. Kira-kira makanan apa saja yang yang baik untuk tulang dan gigi?

Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 makanan yang baik untuk kesehatan tulang serta gigi kalian. Yuk langsung saja dicek.

1 Dari 6 Halaman

1. Susu

Susu credit: Freepik
Makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi yang pertama yaitu ada susu. Bukan hal yang aneh lagi bila susu menjadi salah satu nutrisi yang dipercaya sejak lama untuk tulang dan gigi. Hal itu karena di dalam susu terdapat kandungan kalsium yang tinggi.

Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa, satu gelas susu terdapat sekitar 30% kandungan kalsium yang diperlukan tubuh. Selain kalsium, ternyata susu juga memiliki kandungan vitamin D yang membantu memberi nutrisi terutama pada perkembangan tulang serta gigi. Itulah mengapa susu sangat baik bagi pertumbuhan tulang dan gigi.

2 dari 6 halaman

2. Ikan

Ikan credit: Freepik
Makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi selanjutnya yaitu ada ikan. Di sini bukan sembarang ikan ya KLovers, ada beberapa ikan yang memang diutamakan untuk membantu memberi nutrisi pada tulang serta gigi. Dan ikan-ikan tersebut seperti, salmon, sarden, serta tuna.

Hal itu karena ketiga ikan tersebut memiliki kandungan vitamin D dan asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam pembentukan struktur, fungsi, dan perkembangan tulang serta gigi. Lalu asam lemak omega-3 ini juga dibutuhkan untuk metabolisme kalsium dan menjadi komponen penting bagi membran kartilago dan tulang.

Lalu bila kalian mengonsumsi berbarengan dengan tulangnya, seperti tulang ikan sarden yang lembut, maka kalian akan mendapatkan nutrisi kalsium. Selain itu pada ikan tuna juga terdapat kalium dan magnesium yang baik bagi tubuh.

3 dari 6 halaman

3. Produk Susu

Produk Susu credit: Freepik
Setelah sebelumnya susu menjadi makanan yang baik untuk tulang dan gigi, maka kali ini ada produk susu. Produk susu tersebut adalah yoghurt dan juga berbagai macam jenis keju, yang tentu saja merupakan makanan fermentasi dengan rasa yang enak.

Di dalam produk susu terdapat banyak sekali kandungan kalsium yang baik bagi pertumbuhan tulang dan juga gigi. Seperti pada 8 ons yogurt rendah lemak mengandung 42% kebutuhan kalsium per hari, lalu 1/5 ons keju cheddar mengandung lebih dari 30% kebutuhan kalsium per hari.

Dan tentu saja ini sudah cukup memberikan nutrisi secara baik bagi tulang dan gigi kalian bila dikonsumsi secara rutin. Selain itu yoghurt juga sangat baik untuk seseorang yang sedang diet, dan yang mengalami masalah pencernaan.

4 dari 6 halaman

4. Talas

Talas credit: Freepik
Ternyata talas merupakan salah satu makanan yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang serta gigi loh. Talas merupakan salah satu makanan dengan jenis yang sama seperti singkong, sukun, kentang, dan ubi manis. Tetapi di antara berbagai macam umbi, talas memiliki kandungan kalsium yang paling tinggi.

Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa, singkong hanya memiliki kandungan kalsium sebesar 15 mg dalam 100 gram singkong, dan talas memiliki kandungan kalsium sekitar 150 mg dalam 100 gram talas. Tentu saja ini merupakan perbedaan yang sangat besar, dan menjadikan talas sebagai salah satu jenis umbi yang baik untuk nutrisi tulang dan gigi.

5 dari 6 halaman

5. Wortel

Wortel credit: Freepik
Wortel menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk nutrisi, serta kesehatan tulang dan gigi. Ternyata walaupun wortel terkenal sebagai jenis sayuran yang baik untuk mata, nyatanya wortel juga sangat baik loh dalam memberikan nutrisi pada tulang dan juga gigi.

Hal itu karena kandungan vitamin A yang sangat tinggi pada wortel. Yup! ternyata vitamin A bukan hanya baik untuk kesehatan mata saja, tetapi juga sangat baik untuk nutrisi tulang serta gigi. Vitamin A sangat diperlukan bagi tubuh untuk pertumbuhan tulang normal. Karena bila tubuh kekurangan vitamin A maka bisa berisiko memiliki pertumbuhan tulang tidak normal.

Tetapi terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A juga tidak baik. Hal tersebut juga dapat berdampak negatif terhadap kesehatan tulang. Oleh karena itu, kalian bisa mengonsumsi wortel dengan takaran yang baik dan tidak berlebihan.

6 dari 6 halaman

6. Daging Merah

Daging Merah credit: Freepik
Dan makanan yang baik untuk kesehatan tulang serta gigi terakhir yaitu ada daging merah. Tentu saja setiap orang menyukai daging, dan kabar baiknya daging juga sangat baik bagi pertumbuhan tulang serta gigi kalian. Hal itu karena di dalam daging merah terkandung fosfor dan magnesium yang dibutuhkan tulang.

Lebih dari setengah massa tulang dibentuk oleh mineral fosfor, maka bila kita kekurangan kandungan fosfor akan dapat mengganggu mineralisasi tulang. Lalu kandungan magnesium di sini juga sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan meningkatkan kekuatan tulang.

Itulah mengapa mengonsumsi daging merah sangat baik untuk menjaga dan nutrisi tulang serta gigi. Tetapi perlu diingat bahwa, tidak mengonsumsi daging secara berlebihan, karena hal tersebut tidak baik untuk tubuh.

Itulah 6 makanan yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang serta gigi. Tidak hanya memberikan kesehatan saja, makanan di atas juga dapat memberikan nutrisi yang baik bagi pertumbuhan tulang dan juga gigi kalian.

(kpl/dhm)

Editor:  

Dhia Amira

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com