6 Pekerjaan Sampingan Bisa Tambah Penghasilan Saat WFH Wabah Virus Corona Covid-19

Galuh Esti Nugraini| Senin, 06 April 2020 12:22 WIB
Galuh Esti Nugraini | Senin, 06 April 2020 12:22

Kapanlagi.com - Kemunculan wabah pandemi virus corona covid-19 di Indonesia, sudah banyak mempengaruhi kehidupan. Tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan. Ada juga yang harus bekerja dari rumah. Akibatnya pendapatan bisa berkurang. Lantas, mencari pekerjaan sampingan mungkin bisa jadi solusinya.

Selama ini, banyak orang mengandalkan pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilannya. Driver ojek atau taksi online menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang banyak dipilih.

Tapi, di saat wabah virus corona covid-19 merebak seperti ini, barangkali menjadi driver ojek atau taksi online belum tepat. Sebab, selain risiko tertular tinggi, seperti yang kita tahu saat ini pemerintah membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah. Jadi, otomatis pengguna jasanya tidak akan sebanyak biasanya.

Jadi, kira-kira pekerjaan sampingan apa yang bisa tambah penghasilan saat Work From Home (WFH) wabah virus corona covid-19 seperti saat ini? Berikut Kapanlagi.com buatkan daftarnya untuk kalian:

1 Dari 6 Halaman

1. Berbisnis atau Berjualan Online

Berbisnis atau Berjualan Online (credit: pixabay)
Saat kegiatan di luar rumah dibatasi, tentunya pekerjaan yang bisa kita lakukan pun juga jadi sangat terbatas. Pekerjaan yang bisa dilakukan umumnya, pekerjaan yang berbasis online. Salah satunya mengelola bisnis online shop.

Bisnis online shop memungkinkan kalian untuk tetap mendapatkan penghasilan meski tetap berada di dalam rumah. Kalian juga cukup melayani customer kalian secara online. Dengan begitu, kalian tetap bisa menjaga jarak dan menghindari kontak fisik dengan orang lain.

Selain itu, mengelola bisnis online juga bisa menjadi pekerjaan sampingan atau side job bagi kalian yang sudah punya pekerjaan dan WFH. Sebab, mengurus bisnis online ini bisa dilakukan setiap saat, sehingga tidak terlalu menyita waktu.

2 dari 6 halaman

2. Penulis Freelance

Pekerjaan sampingan yang cocok di tengah wabah virus corona covid-19 yang kedua adalah dengan menjadi penulis freelance. Saat ini, informasi menjadi salah satu yang paling dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga menjadi penulis bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menghasilkan.

Untuk menekuni pekerjaan sampingan ini kalian tinggal mengumpulkan informasi yang valid, lalu menyampaikan informasi tersebut melalui media platform tertentu yang sesuai. Selain itu, kalian juga bisa menjadi penulis freelance dengan mengirimkan tulisan ke berbagai media cetak atau elektronik.

3 dari 6 halaman

3. Editor Freelance

Editor Freelance (credit: pixabay)
Masih berhubungan dengan tulis-menulis, pekerjaan sampingan berikutnya adalah dengan menjadi editor freelance. Pekerjaan sampingan ini cocok untuk kalian yang terbiasa membaca dan menulis. Sama seperti dua pekerjaan sebelumnya, kalian juga bisa melakukan pekerjaan ini secara online.

Kalian bisa menyasar mahasiswa-mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir, seperti skripsi, tesis, atau desertasi. Selain itu jika mempunyai kemampuan yang memadai, kalian juga bisa membuka jasa untuk editing naskah jenis lainnya seperti opini, cerpen, atau bahkan novel.

4 dari 6 halaman

4. Membuka Jasa Desain

Jika kalian mempunyai bakat dan keahlian di bidang gambar atau desain grafis, mungkin ini saatnya untuk mendapatkan penghasilan dari keahlian tersebut. Kalian bisa menawarkan jasa kalian secara pre order melalui media sosial.

Selain mendapatkan penghasilan, opsi ini juga bisa menjadi latihan bagi kalian. Agar selama WFH atau karantina mandiri, keahlian atau skill kalian juga meningkat.

5 dari 6 halaman

5. Catering Sehat

Catering Sehat (credit: pixabay)
Pilihan pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan saat wabah corona covid-19 seperti saat ini adalah dengan membuat jasa catering sehat. Pekerjaan sampingan ini sangat cocok untuk kalian yang hobi memasak.

Usaha catering dengan menu sehat juga bisa memberi peluang lebih saat ini. Mengingat setiap orang membutuhkan asupan gizi yang seimbang untuk menjaga kesehatannya.

Selain itu, adanya pembatasan aktivitas di luar rumah juga bisa menambah besar peluang usaha ini. Pasalnya, karena dibatasi aktivitasnya, orang-orang jadi tidak bisa keluar rumah dan memilih dengan leluasa makanan yang akan dikonsumsinya. Terlebih, jika kalian menerapkan jasa kirim antar. Peluang orang-orang memakai jasa catering kalian akan lebih besar lagi.

6 dari 6 halaman

6. Menjual Jamu atau Minuman Herbal

Selain makanan sehat, saat ini jamu atau minuman herbal juga menjadi salah satu produk yang banyak dicari. Sebab, minuman tradisional ini dipercaya punya banyak sekali manfaat, seperti menjaga daya tahan tubuh. Sebut saja jahe, temulawak, kunyit sebagai contohnya.

Jadi, membuat jamu atau minuman herbal bisa jadi satu opsi yang berpeluang menghasilkan penghasilan tambahan. Sama seperti usaha catering sehat, kalian juga bisa memasarkan dan menjualnya secara online dan menggunakan jasa kirim antar.

Itulah 6 pekerjaan sampingan yang bisa kalian lakukan selama menjalani WFH saat virus corona covid-19 masih mewabah. Tapi ingat, jangan sampai pekerjaan sampingan membuat kalian justru mengabaikan pekerjaan utama. Selain itu, yang terpenting jangan lupa membagi waktu khusus untuk beristirahat.

(kpl/psp/gen)

Reporter:  

Puput Saputro

 
Join Kapanlagi.com